Jokowi Resmikan 3 Jembatan Senilai Rp251 Miliar di Jateng, Mobilitas Kian Aman

Jokowi Resmikan 3 Jembatan Senilai Rp251 Miliar di Jateng, Mobilitas Kian Aman
info gambar utama

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan tiga jembatan senilai Rp251 miliar saat kunjungan kerja di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Selasa (2/1/2024). Ketiga jembatan itu antara lain: Jembatan Tajum Margasana dan Jembatan Karangbawang di Kabupaten Banyumas, serta Jembatan Jurug B Solo—Karanganyar di Kota Surakarta.

Seluruh jembatan tersebut merupakan bagian dari 37 jembatan Callender Hamilton (CH) di Pulau Jawa yang dibangun pada 1970-an. Menurut Jokowi, sudah waktunya jembatan-jembatan tersebut direvitalisasi karena sudah cukup tua.

“…Memang sudah saatnya untuk diperbarui karena beban transportasi, beban logistik yang ada di atas jembatan, makin hari makin berat,” ujarnya di Jembatan Tajum Margasana, Banyumas.

Citra Baru Empat Terminal yang Diresmikan Jokowi, Jauh dari Bayangan Premanisme

Dalam sambutannya, Jokowi mengungkapkan bahwa pembangunan Jembatan Tajum Margasana menelan anggaran sebesar Rp72 miliar, Karangbawang Rp89 miliar, dan Jurug B Rp90 miliar. Dia pun berharap, kehadiran ketiga jembatan itu dapat memperlancar mobilitas barang maupun orang.

“Kita harapkan dengan jembatan baru ini mobilitas barang, mobilitas orang, akan makin terjamin keamanan dan kecepatannya,” pungkas Jokowi.

CH merupakan jembatan rangka pra-fabrikasi portabel modular. Pengerjaan konstruksinya terbilang cepat karena komponennya sudah dirancang sebelum pembangunan dimulai. Usia jembatan ini sudah melebihi 50 tahun dan rentan akibat beban logistik atau angkutan berukuran berat, sehingga harus diganti baru.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI mencatat, 37 jembatan CH tersebar di Pulau Jawa. Tiga unit ada di Provinsi Banten, 16 di Jawa Barat, 9 di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Seluruh proyek revitalisasi jembatan CH menghabiskan biaya Rp2,2 triliun dengan masa konstruksi selama dua tahun dari Desember 2021 s.d. Desember 2023 dan masa layanan 10 tahun hingga 2033.

Jokowi Resmikan Satelit SATRIA-1 dan BTS 4G, Perluas Akses Internet ke Desa 3T

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini