Mencari Berkah dari Sumur Tujuh yang Keramat di Puncak Gunung Karang

Mencari Berkah dari Sumur Tujuh yang Keramat di Puncak Gunung Karang
info gambar utama

Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten memiliki keajaiban alam dan juga legenda yang menarik. Salah satu tempat yang penuh misteri adalah Gunung Karang dan Sumur Tujuh yang dianggap keramat.

Dimuat dari Liputan6, Gunung Karang telah menjadi sumber inspirasi bagi banyak seniman dan penulis. Tetapi yang membuatnya benar-benar istimewa adalah mitos yang melekat yaitu sebagai rumah roh-roh leluhur.

Mitos Letusan Gunung Slamet yang Akan Belah Pulau Jawa, Benarkah?

Bukan hanya mitos, Gunung Karang juga menjadi saksi bisu perjalanan sejarah yang panjang, mulai dari peradaban kuno hingga awal berdirinya Kesultanan Banten. Salah satunya adalah ketika Sultan Maulana Hasanuddin mempertahankan wilayahnya.

“Pertempuran sengit melawan Raja Pucuk Umun, pemimpin Banten Girang. Konflik tersebut menjadi salah satu kisah yang melegenda dalam sejarah Gunung Karang,” tulis Putri Anastasia Bangalino Suryana dalam Legenda Gunung Karang dan Keajaiban Sumur Tujuh di Pandeglang.

Di balik Sumur Tujuh

Bukan hanya panorama indah, Gunung Karang juga mempunyai ikon yang selalu didatangi oleh wisatawan yaitu Sumur Tujuh. Dipercaya Sumur Tujuh muncul dari hasil ketekunan Sultan Maulana Hasanuddin dalam berdoa kepada Allah saat pertempuran.

“Saat kehausan melanda, Sultan memasukkan tongkatnya ke dalam tanah dan dengan mukjizat, air bermunculan dari dalamnya. Tempat di mana tongkat Sultan itu ditanam kini dikenal sebagai Sumur Tujuh,” ucapnya.

Mengunjungi Bukit Kasih, Objek Wisata yang Tawarkan Spirit Religiusitas

Sumur Tujuh yang terletak di puncak Gunung Karang dipercaya merupakan titik pertemuan antara para wali dan jin. Karena itu ada kepercayaan siapa pun yang berhasil minum air dari Sumur Tujuh akan diberkahi umur panjang, kesehatan, dan keberuntungan.

“Oleh karena itu, banyak orang dari berbagai penjuru datang ke tempat ini untuk mencari berkah dari sumur tersebut,” paparnya.

Penjaga sumur

Saat mendekati Sumur Tujuh, pengunjung akan melihat deretan batu-batu besar yang terhampar di sekitarnya. Konon, batu-batu itu adalah penjaga sumur yang setia. Sehingga warga sekitar kerap memberikan persembahan kecil.

“Berharap persembahan kecil kepada penjaga sumur akan meningkatkan peluang mereka mendapatkan berkah,” jelasnya.

Misteri Gunung Kasur, Benarkah Jejak Megalitikum seperti Gunung Padang?

Tetapi ada juga orang-orang yang kurang beruntung walau sudah mendapatkan air dari Sumur Tujuh. Konon, jika seseorang mencoba mengambil lebih dari yang dia butuhkan, niatnya tidak baik maka akan mendapatkan kutukan.

Di balik kisah legenda ini, Gunung Karang merupakan bagian penting dari kekayaan budaya dan alam Kabupaten Pandeglang. Mereka tak hanya menjadi destinasi wisata yang populer bagi wisatawan.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini