Mengunjungi Bukit Kasih, Objek Wisata yang Tawarkan Spirit Religiusitas

Mengunjungi Bukit Kasih, Objek Wisata yang Tawarkan Spirit Religiusitas
info gambar utama

Bukit Kasih di Desa Kanonang, Kecamatan Kawangkoan, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara merupakan obyek wisata yang unik. Pasalnya selain menyajikan udara segar, tempat ini juga jadi tujuan beribadah.

Pasalnya di Bukit Kasih, terdapat tempat ibadah dari lima agama di puncak bukit yang harus dicapai melalui ribuan anak tangga ini. Salah satunya bisa dilihat dari tugu yang tegak berdiri setinggi sekitar 20 meter.

“Tugu ini memiliki lima sisi dan di bagian puncak terdapat patung bola dunia yang dihinggapi merpati sebagai simbol perdamaian,” tulis Aris Prasetyo dalam Bukit Kasih di Lereng Gunung Soputan yang dimuat Kompas.

Misteri Gunung Kasur, Benarkah Jejak Megalitikum seperti Gunung Padang?

Disebutkan oleh Aris, setiap sisi pada tugu tersebut berisi pesan bijak tentang ajaran kasih sayang yang diambil dari tiap kitab suci lima agama, yakni Islam, Protestan, Katolik, Hindu, dan juga Buddha.

“Itulah mengapa objek wisata ini dinamai Bukit Kasih. Dikelilingi kolam, tugu itu menjadi tempat favorit bagi pengunjung untuk berfoto bersama,” katanya.

Menandingi kepercayaan animisme

Sebelum naik ke puncak Bukit Kasih, tampak pula dua patung wajah yang dipahat di salah satu sisi perbukitan tersebut. Menurut legenda masyarakat Minahasa, patung wajah itu adalah wajah Toar dan Lumimu’ut.

“Keduanya diyakini sebagai nenek moyang orang Minahasa,” ucapnya.

Selain itu ada versi lain tentang alasan dibangunnya obyek wisata religi Bukit Kasih di tempat itu. Sosiolog Universitas Sam Ratulangi, Manado Alex Ulaen menyebut tempat itu sengaja didirikan untuk menandingi kepercayaan animisme.

Cerita di Balik Gunung Haruman, Mulai dari Batu Keramat hingga Peninggalan Harta Karun

Disebutkan cerita tentang Toar dan Lumimu’ut erat dengan kepercayaan rakyat Minahasa sebelum mereka memeluk agama. Di sisi lain, tempat ini pun dibangun oleh seorang pendeta yang menjabat sebagai Gubernur Sulawesi Utara.

“Salah satu penggagas didirikannya obyek wisata Bukit Kasih adalah AJ Sondakh yang pernah menjabat Gubernur Sulawesi Utara. Dia dibesarkan di keluarga pendeta. Jadi, adanya tempat ibadah lima agama di Bukit Kasih seolah menegaskan untuk menandingi praktik-praktik animisme yang ada,” kata Alex.

Wisata favorit

Dari Manado, ibu kota Sulawesi Utara, Bukit Kasih berjarak sekitar 50 kilometer. Sebelum masuk area obyek wisata ini, pengunjung melewati pedesaan di kaki gunung. Biasanya saat musim hujan, kabut akan menyelimuti Bukit Kasih.

Tiket masuk ke obyek wisata di Bukit Kasih ini terbilang cukup murah, tak sampai Rp10.000. Di tempat ini banyak pula penjaja jasa foto yang langsung dicetak di tempat. Umumnya mereka akan langsung mendekati pengunjung sembari menawarkan jasa.

Tasya, yang datang bersama dua rekannya langsung jatuh cinta pada suasana di Bukit Kasih. Menurutnya obyek wisata di Bukit Kasih sangat cocok bagi mereka yang suka dengan suasana alam.

Gunung Slamet: Fakta Sains, Flora Fauna, dan Tujuan Pendakian di Indonesia

“Tempat ini menjadi alternatif wisata selain di perkotaan. Letaknya yang terpencil cocok untuk rekreasi bersama keluarga. Hanya saja, pengelola harus memperhatikan keselamatan pengunjung. Sebab, ada salah satu anak tangga yang rusak akibat longsor,” ujar Hery Mokoagow, wisatawan di Bukit Kasih.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini