Misteri Gunung Kasur, Benarkah Jejak Megalitikum seperti Gunung Padang?

Misteri Gunung Kasur, Benarkah Jejak Megalitikum seperti Gunung Padang?
info gambar utama

Cianjur, Jawa Barat ternyata tak hanya menyimpan misteri dari kemegahan Gunung Padang. Tak jauh dari tempat yang sama, terdapat sebuah lokasi wisata baru dengan misterinya, yakni Gunung Kasur.

Gunung dengan ketinggian 1.080 meter di atas permukaan laut ini menyajikan pemandangan alam yang indah dan menawan. Para pendaki yang mendaki gunung ini akan bisa menghirup udara pegunungan yang segar.

Cerita di Balik Gunung Haruman, Mulai dari Batu Keramat hingga Peninggalan Harta Karun

Gunung Kasur berada di antara Desa Gadog dan Cibodas, Kecamatan Pacet. Selain mempunyai panorama keindahan alam yang indah, Gunung Kasur juga dipercaya sebagai salah satu situs prasejarah.

Layaknya Gunung Padang yang membentuk sebuah piramida, Gunung Kasur pula diperkirakan tidak dibentuk oleh alam, tetapi oleh manusia pada era Megalitikum, sehabis pembangunan Gunung Padang.

Situs megalitikum?

Dimuat dari Radar Cianjur, nama Gunung Kasur diambil dari legenda nenek moyang soal lempengan batu di puncaknya. Lempengan batu itu bila terlihat secara seksama akan berbentuk hamparan kasur dilengkapi batuan berupa guling serta bantal.

Batu-batu tersebut seperti rapi dibangun. Sementara kasur, bantal, serta guling itu telah tertata apik semacam ranjang pada biasanya. Tetapi uniknya kasur tersebut berbahan dari batu dan sudah pasti tidak empuk.

Gunung Slamet: Fakta Sains, Flora Fauna, dan Tujuan Pendakian di Indonesia

Selain misteri mengenai asal mula gunung ini, di sini juga dipercaya terdapat jejak kaki Patih Pertama Cianjur. Jejak sejarah ini memberikan nuansa mistis dan memikat bagi para pengunjung yang tertarik dengan cerita masa lalu.

Selain itu, terdapat pula makam Eyang Jaya Paksi yang dipercaya merupakan keturunan Kerajaan Banten. Sosok ini dipercaya sebagai pendakwah yang mengajarkan agama Islam ke wilayah Cianjur.

Potensi besar wisatawan

Gunung Kasur sebenarnya mempunyai potensi besar sebagai objek wisata bila dikembangkan. Topografinya yang menantang dan pemandangan alam akan memberikan pengalaman bagi para wisatawan.

Selain itu, Gunung Kasur juga memberikan wisata edukasi dan sejarah. Beberapa cerita dari masyarakat sekitar pun akan menambah pengalaman menarik. Apalagi banyak hal yang belum terungkap mengenai Gunung Kasur.

Gunung Kasur memang mulai banyak dikunjungi oleh pelajar terutama pada saat liburan. Tetapi keberadaan mereka hanya ingin mendapatkan pemandangan indah dari Gunung Kasur, bukan mengenai keberadaan situsnya.

Misteri Kuncen Berkepala Anjing di Gunung Sanggabuana

Terkini jalan menuju Gunung Kasur juga makin tidak terawat walau banyak wisatawan yang berdatangan. Karena itulah wisatawan yang datang ke Gunung Kasur merupakan traveler yang sudah terbiasa naik gunung.

Warga sekitar dan beberapa traveler yang pernah datang ke Gunung Kasur pun berharap perhatian dari pemerintah. Salah satunya adalah agar membuka Gunung Kasur sebagai tempat wisata baru di Cianjur.

Referensi:

  • Radar Cianjur, Gunung Kasur: Pesona Alam dan Jejak Sejarah yang Memikat di Kabupaten Cianjur
    https://www.radarcianjur.com/wisata/amp/9459429226/gunung-kasur-pesona-alam-dan-jejak-sejarah-yang-memikat-di-kabupaten-cianjur

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini