Cerita di Balik Gunung Haruman, Mulai dari Batu Keramat hingga Peninggalan Harta Karun

Cerita di Balik Gunung Haruman, Mulai dari Batu Keramat hingga Peninggalan Harta Karun
info gambar utama

Pada Januari 2022, seorang pendaki bernama Muhammad Kamaludin hilang di Gunung Haruman Kabupaten Garut. Pendaki disebut sempat berkomunikasi dengan orang tuanya melalui pesan singkat bahwa dirinya tersesat di gunung.

Tetapi selang beberapa saat, komunikasi antara pihak keluarga dan pendaki kemudian terputus. Pihak keluarga kemudian melaporkan hilangnya anaknya ke pihak kepolisian yang langsung melakukan tindakan.

Gunung Slamet: Fakta Sains, Flora Fauna, dan Tujuan Pendakian di Indonesia

“Pihak keluarga sudah melaporkan kejadian ke pihak kepolisian dan melakukan upaya pencarian, namun belum membuahkan hasil,” ujar Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansah yang dimuat Tribun.

Misteri Gunung Haruman

Gunung Haruman merupakan gunung yang berlokasi di Kecamatan Cibiuk dan Kecamatan Kadungora. Gunung yang mempunyai ketinggian 1.217 mdpl itu masih memiliki hutan yang lebat dan dijaga keasriannya oleh warga setempat.

Gunung Haruman memiliki ikon yaitu makam Syekh Jafar Sidiq yang berada di kaki gunung, tepatnya di Desa Cipareuan, Kecamatan Cibiuk. Biasanya setiap bulan Rajab, makam tersebut sering dipenuhi oleh peziarah dari berbagai tempat.

Mengenal 10 Gunung Berapi Tertinggi di Benua Asia, ada Dua dari Indonesia

“Konon, tempat tersebut merupakan pusat penyebaran Islam di Garut, yang dipimpin oleh seorang wali bernama Embah Wali Jafar Sidiq,” tulisnya.

Sosok Syekh Jafar Sidiq merupakan seorang tokoh penyebar agama Islam di Garut. Dirinya putra Kiai Mas Mas’ud Dipakusumah yang merupakan generasi ke-8 dari pendakwah Sunan Pancer Limbangan.

Peninggalan sejarah

Selain dianggap keramat, puncak Gunung Haruman juga terdapat benda peninggalan sejarah yang saat ini masih ada. Benda tersebut merupakan sebuah batu yang menyerupai kepala kuda.

Batu tersebut dipercaya merupakan peninggalan Prabu Kian Santang, dan juga dipercaya pernah dipakai sebagai alat transportasi oleh Syekh Jafar Sidiq untuk berangkat ke Mekkah. Tetapi batu itu sudah rusak sehingga menyerupai kepala kuda.

Rusaknya batu itu, konon karena empat orang pendaki yang menebang pohon yang berada di samping batu tersebut. Pohon yang ditebangnya itu kemudian menimpa batu kuda itu hingga menyebabkan kondisi batu itu rusak terpecah-pecahnya.

Mengenal 10 Gunung Berapi Tertinggi di Benua Asia, ada Dua dari Indonesia

“Dari cerita warga sekitar, para pendaki yang menebang pohon tersebut mendapat balasannya, yakni tiba-tiba meninggal dunia di tempat,” jelasnya.

Selain itu, ada yang mempercayai bahwa Gunung Haruman sempat tempat peninggalan harta karun pasukan DI/TII. Ketika itu pasukan DI/TII terdesak sehingga menguburkan hartanya ke deretan pegunungan itu.

“Yang berupa bongkahan emas dan senjata,” paparnya.

Referensi:

  • Tribun, Mitos di Gunung Haruman Garut Tempat Pendaki Hilang, Ada Kepala Kuda dan Makam Syeikh Jafar Sidiq https://jabar.tribunnews.com/amp/2022/01/29/mitos-di-gunung-haruman-garut-tempat-pendaki-hilang-ada-kepala-kuda-dan-makam-syeikh-jafar-sidiq?page=2

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini