Bukan Malaysia atau Vietnam, Ekonomi Tetangga Indonesia Ini Tumbuh Tercepat di 2023

Bukan Malaysia atau Vietnam, Ekonomi Tetangga Indonesia Ini Tumbuh Tercepat di 2023
info gambar utama

Tentu, berikut adalah versi yang lebih ramah SEO dan mudah dimengerti dalam Bahasa Indonesia:

Filipina: Ekonomi Tercepat di Asia Tenggara 2023, Melampaui Vietnam dan Malaysia

Filipina telah mencapai tonggak sejarah dengan menjadi ekonomi dengan pertumbuhan tercepat di Asia Tenggara pada tahun 2023, mengalahkan Vietnam dan Malaysia. Peningkatan konsumsi, aktivitas sektor jasa yang kuat, dan investasi strategis menjadi pendorong utama pertumbuhan ini.

Data terbaru menunjukkan bahwa Produk Domestik Bruto (PDB) Filipina tumbuh sebesar 5,6 persen, melebihi pertumbuhan median sebesar 5,5 persen yang diproyeksikan oleh para ekonom dalam survei Bloomberg. Momentum pertumbuhan ini berlanjut hingga kuartal terakhir tahun dengan laju pertumbuhan triwulanan sebesar 2,1 persen.

Pasar saham Filipina merespons positif dengan lonjakan lebih dari 1 persen setelah pengumuman data ini, sementara nilai peso Filipina mengalami penurunan marginal sebesar 0,1 persen terhadap dolar Amerika Serikat. Meski pertumbuhan ini sedikit di bawah target pemerintah antara 6 hingga 7 persen, namun masih melampaui pertumbuhan ekonomi Vietnam yang mencapai 5,05 persen. Sementara itu, Malaysia yang sebelumnya memegang predikat sebagai ekonomi tercepat di Asia Tenggara dengan pertumbuhan sebesar 8,7 persen pada tahun 2022, mengalami perlambatan menjadi 3,8 persen pada tahun 2023.

Sekretaris Arsenio Balisacan dari Otoritas Pengembangan Ekonomi Nasional optimis bahwa pertumbuhan ekonomi Filipina akan mencapai antara 6,5 hingga 7,5 persen pada tahun 2024. Optimisme ini sejalan dengan visi Presiden Ferdinand Marcos Jr yang didorong oleh pengeluaran konsumen dan didukung oleh penurunan inflasi dan pengetatan suku bunga oleh bank sentral.

Pencapaian ekonomi Filipina di Asia Tenggara ini menunjukkan ketangguhan dan potensi negara ini di panggung regional. Dengan fokus pada pertumbuhan berkelanjutan dan stabilitas ekonomi, Filipina siap untuk mempertahankan posisinya sebagai pemain kunci dalam lanskap ekonomi global.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini