Oleh-Oleh Khas Banyuwangi yang Tidak Boleh Dilewatkan

Oleh-Oleh Khas Banyuwangi yang Tidak Boleh Dilewatkan
info gambar utama

Banyuwangi adalah salah satu kota yang cukup indah di ujung timur pulau Jawa. Banyuwangi adalah keindahan yang memesona. Keindahan alam yang luar biasa, kebudayaan yang beragam, hingga wisata kuliner yang memanjakan lidah jadi salah satu alasan mengapa Kawan setidaknya satu kali saja di dalam hidup sudah berkunjung ke Banyuwangi.

Banyuwangi gak cuma punya panorama alam yang menakjubkan, tapi juga dikenal dengan ragam kuliner dan oleh-olehnya yang unik dan lezat. Jika Kawan akan menghabiskan untuk berlibur di sini, pastikan untuk membawa pulang beberapa oleh-oleh khas Banyuwangi ya! Berikut adalah oleh-oleh yang tidak boleh dilewatkan oleh Kawan.

Kopi Banyuwangi

Kawan pencinta kopi? Nah, Kopi Banyuwangi ini cocok untuk dijadikan oleh-oleh dan dibawa pulang untuk dinikmati di rumah. Kopi Banyuwangi terkenal dengan keharuman dan kelezatannya yang khas. Tak hanya dikenal memiliki keindahan alam yang menakjubkan, Banyuwangi juga dikenal sebagai salah satu produsen kopi terbaik di Indonesia.

Banyuwangi menawarkan kopi dengan cita rasa yang kuat dan aroma yang menggoda. Tipsnya, pilihlah biji kopi yang diproses secara tradisional atau kopi instan dalam kemasan praktis untuk dinikmati di rumah. Atau Kawan bisa datang ke Banyuwangi saat Festival Kopi Sepuluh Ewu berlangsung ya! Nikmati kenikmatan langsung di rumah warga yang memproduksinya.

5 Kopi Banyuwangi yang Wajib Dicoba - Banyuwanginet -

Batik Banyuwangi

Kota Batik memang ada di Pekalongan. Tetapi, Banyuwangi juga memiliki batik khas yang cocok jika Kawan ingin membawa buah tangan. Motif Gajah Oling menjadi salah satu dari banyaknya motif yang khas dari Batik Banyuwangi.

Motif ini tentu menjadi ciri khas tersendiri yang bisa Kawan bawa ke tempat asal sebagai oleh-oleh. Tenang, harganya juga terjangkau kok!

7 Motif Batik Khas Banyuwangi

Udeng

Selain batik dengan motif yang khas, Banyuwangi juga memiliki ikat kepala khas yang disebut Udeng dan menjadi oleh-oleh di Banyuwangi. Udeng adalah topi tradisional dengan motif khas Osing yang kini menjadi oleh-oleh khas Banyuwangi. Udeng punya motif dan warna yang khas dan ikonik dari Banyuwangi. Cocok banget untuk oleh-oleh!

Mengenal Udeng, Ikat Kepala Banyuwangi | kumparan.com

Madu Banyuwangi

Sebagai salah satu daerah yang dikenal sebagai produsen madu terbaik di Indonesia, Banyuwangi tentu memilik madu lokal yang lezat serta banyak khasiatnya. Madu lokal Banyuwangi dihasilkan dari berbagai sumber tanaman yang ada di sekitar Gunung Ijen.

Hal inilah yang memberikan rasa dan khasiat yang berbeda karena diolah dengan cara tradisiona untuk menjaga kualitas terbaiknya. Cocok nih jadi salah satu oleh-oleh dari Banyuwangi.

Madu Murni Osing Honey 460ml

Sambal Tempong Banyuwangi

Kawan pencinta pedas? Tenang, Banyuwangi punya sambal tempong yang bisa Kawan nikmati. Sesuai namanya, tempong yang artinya tampar membuat siapa saja yang mencoba sambal ini serasa ditampar oleh pedasnya sambal. Terbuat dari cabai rawit berjumlah banyak, terasi, tomat, garam, dan jeruk nipis membuat sambal ini cukup khas di lidah dengan pedas yang menggigit.

Sambal ini bisa Kawan coba selama di Banyuwangi yang dipadukan dengan olahan seafood yang juga menjadi ciri khas Banyuwangi sebagai wilayah pesisir di timur pulau Jawa.

Resep Sambal Tempong Khas Banyuwangi Untuk Penyuka Pedas | Endeus.TV

Kue Untir-Untir

Kue yang bahan dasarnya adalah tepung dan kacang tanah yang ditumbuk ini menjadi salah satu cemilan khas Banyuwangi yang tidak boleh dilewatkan untuk oleh-oleh. Selain bahan dan rasanya yang khas, kue dengan bentuk mirip obeng ini juga praktis untuk dibawa pulang untuk waktu yang cukup lama.

Resep Jajanan Jadul, Kue Untir Untir yang Renyah dan Manis - Jangkara

Referensi:
https://www.strategi.id/kuliner/10410968939/rekomendasi-5-oleh-oleh-khas-banyuwangi-yang-tidak-boleh-dilewatkan
https://timesindonesia.co.id/kuliner/483798/7-rekomendasi-oleholeh-khas-banyuwangi-paling-populer
https://www.banyuwangibagus.com/2015/06/oleh-oleh-khas-banyuwangi.html#google_vignette
https://www.idntimes.com/food/recipe/prila-arofani/resep-sambal-tempong-khas-banyuwangi
https://mamikos.com/info/oleh-oleh-khas-banyuwangi-yang-wajib-dibawa-pulang-wisatawan-gnr/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Nasuha Ali lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Nasuha Ali.

NA
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini