Cara Membaca Tabel Informasi Nilai Gizi pada Kemasan Produk Makanan Olahan

Cara Membaca Tabel Informasi Nilai Gizi pada Kemasan Produk Makanan Olahan
info gambar utama

Setiap makanan kemasan memiliki nilai gizi yang tercantum dalam sebuah tabel informasi di kemasan. Tabel informasi tersebut terletak di samping atau belakang kemasan. Tabel ini penting untuk diketahui karena dapat dipakai sebagai panduan makanan.

Di dalam tabel informasi nilai gizi biasanya tercantum kandungan berupa zat gizi dan non gizi, takaran saji, jumlah sajian per kemasan, jenis kandungan zat gizi, dan lain sebagainya. Artikel ini membahas tentang cara membaca tabel informasi nilai gizi pada kemasan produk makanan olahan yang perlu Anda ketahui.

Apa itu Tabel Informasi Nilai Gizi

Informasi nilai gizi atau dalam bahasa Inggris disebut nutrition facts adalah sebuah label pada makanan atau minuman kemasan yang berisi tentang kandungan gizi dan produknya.

Tabel informasi nilai gizi sangat penting untuk diketahui konsumen agar mengerti apa saja yang mereka konsumsi dan masukkan ke dalam tubuh.

Informasi yang tertulis di dalam tabel informasi nilai gizi biasanya berisi tentang jumlah kalori, lemak, protein, dan karbohidrat dalam satu kemasan makanan yang dikonsumsi.

Fungsi dan Tujuan

Tujuan adanya tabel informasi nilai gizi adalah untuk mempermudah memberikan informasi label gizi kepada konsumen. Selain itu, tabel tersebut berguna untuk menambah nilai produk sehingga bisa menjadi pertimbangan konsumen ketika memutuskan untuk membeli sebuah produk makanan kemasan.

Selain itu, tabel informasi nilai gizi juga berguna bagi konsumen untuk mengetahui gizi yang masuk ke dalam tubuh sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Cara Membaca Tabel Informasi Nilai Gizi

Setelah mengetahui apa itu tabel informasi nilai gizi, berikut ini adalah cara membaca tabel informasi nilai gizi yang tercantum dalam makanan kemasan;

Jumlah Sajian Per Kemasan

Dalam satu kemasan makanan memiliki lebih dari satu sajian. Jumlah sajian per kemasan itulah yang menunjukkan jumlah takaran saji di dalam tabel informasi gizi makanan. Misalnya, jika dalam makanan keripik kentang terdapat 2 sajian per kemasan, maka setiap gram di tabel nilai gizi kemasan perlu dikali 2.

Artinya, jika Anda mengonsumsi satu kemasan keripik kentang dengan 2 sajian per kemasan, maka Anda seperti mengonsumsi 2 kali lipat gizi yang tertera di dalam tabel informasi nilai gizi tersebut.

Hal itu berlaku seterusnya. Jika Anda mengonsumsi keripik kentang dengan 4 sajian per kemasan, maka sama saja Anda memakan keripik kentang sebanyak 4 porsi.

Kalori Total Per Sajian

Selanjutnya, kalori total per sajian dapat menunjukkan banyaknya energi yang akan didapatkan dari setiap sajian makanan atau minuman. Semakin banyak sajian produk yang dikonsumsi maka semakin besar juga kalori yang masuk dalam tubuh.

Penulisan kalori biasanya disertai dengan keterangan ‘kalori dan lemak’ yang dihitung sendiri karena tidak termasuk dalam kalori total.

Misal, sebungkus keripik kentang mempunyai keterangan ‘kalori total per sajian’ sebanyak 250 kkal dan ‘kalori dari lemak’ sebanyak 110 kkal. Maka Anda memperoleh kalori sebesar 250 ditambah 110 kkal per sajian.

Angka Kecukupan Gizi (AKG)

AKG di dalam nilai gizi merujuk pada kebutuhan energi harian rata-rata, yaitu sebesar 2.000 kkal. Nilai AKG juga menyatakan jumlah zat gizi dalam satuan berat miligram, gram, atau bahkan berbentuk persentase.

Setiap zat gizi masing-masing memiliki rekomendasi asupan harian. Persentase AKG adalah perbandingan antara zat gizi dalam produk dengan total zat gizi yang dibutuhkan tubuh.

Misalnya, jus jeruk bervitamin C memiliki satu sajian yang setara dengan 50% AKG per sajian, maka jika Anda mengonsumsi jus tersebut, Anda berarti sudah memenuhi 50% kebutuhan vitamin C.

Sumber:

https://perpustakaan.bsn.go.id/index.php?p=news&id=1486#:~:text=Informasi%20nilai%20gizi%20(nutrition%20facts,konsumen%20untuk%20membeli%20suatu%20barang.

https://ayosehat.kemkes.go.id/ketahui-cara-membaca-informasi-nilai-gizi-disini

https://hellosehat.com/nutrisi/tips-makan-sehat/cara-membaca-label-informasi-nilai-gizi-pada-kemasan-makanan/

https://surakarta.go.id/?p=27074#:~:text=Selain%20mempermudah%20memberikan%20informasi%2C%20label,tabel%20nilai%20gizi%20yang%20tertera.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Farih Fanani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Farih Fanani.

MF
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini