Malaysia akan Memiliki Salah Satu Eskalator Terpanjang di Asia, Tertarik ke Sini?

Malaysia akan Memiliki Salah Satu Eskalator Terpanjang di Asia, Tertarik ke Sini?
info gambar utama

Tujuan wisata Batu Caves di Malaysia, yang dihormati sebagai tempat suci oleh umat Hindu dan dikenal sebagai tuan rumah festival Thaipusam tahunan, siap mengalami perubahan signifikan.

Para penjaga situs keagamaan Hindu kuno ini berencana untuk meningkatkan aksesibilitas dengan memasang eskalator sebagai opsi bagi pengunjung yang tidak mampu atau tidak ingin mendaki 272 anak tangga menuju kuil dan gua suci. Saat ini, satu-satunya cara untuk mencapai kuil yang terletak di gua batu kapur adalah dengan mendaki 272 anak tangga tersebut.

Inisiatif ini juga diharapkan mampu memecahkan rekor sebagai eskalator terpanjang di Asia setelah eskalator Mid-Level Central di Hong Kong (800m) dan eskalator Huangguan di Chongqing, China (112m).

Terletak beberapa mil di sebelah utara pusat kota Kuala Lumpur, situs ini diperkirakan berusia sekitar 400 juta tahun dan mudah dikenali dengan tangga pelangi menjulangnya. Setelah dibangun, eskalator diharapkan menjadi daya tarik untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung dan jemaah ke kuil tersebut.

Sebelumnya, wisatawan berbondong-bondong ke Batu Caves di Malaysia untuk mengagumi tangga pelangi terkenalnya, yang dicat dengan warna-warni yang mencolok oleh komite penyelenggara kuil untuk menarik perhatian lebih banyak orang ke situs tersebut. 272 anak tangga menuju gua batu kapur menjadi sensasi media sosial setelah dihiasi dengan warna biru, merah, dan orange yang mencolok pada tahun 2018.

Selain rencana pemasangan eskalator, sebuah gedung serbaguna senilai sekitar 35 juta ringgit Malaysia (sekitar US$7,5 juta) akan dibangun di Batu Caves setelah festival Thaipusam berakhir pada 25 Januari 2024. Namun, ketua komite kuil, R. Nadarajah, tidak mengungkapkan biaya rinci konstruksi eskalator.

Kuil tersebut telah menjadi rumah bagi salah satu situs Hindu yang paling banyak dikunjungi di luar India. Kuil ini didedikasikan untuk Murugan, dewa perang Hindu. Patung megah dewa tersebut, setinggi 42,7 meter, menyambut pengunjung di pintu masuk kompleks wisata tersebut.

Setiap hari, ribuan wisatawan dan peziarah Hindu mengunjungi gua-gua dan kuil tersebut, dengan jumlah pengunjung diperkirakan akan meningkat menjadi sekitar 1,6 juta selama periode empat hari Thaipusam pada tahun 2023. Festival Thaipusam sendiri diadakan setiap tahun dalam bulan Tamil 'Thai', yang jatuh sekitar Januari atau Februari.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Diandra Paramitha lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Diandra Paramitha.

Terima kasih telah membaca sampai di sini