Mengenal Arti Chemical Sunscreen dan Contohnya

Mengenal Arti Chemical Sunscreen dan Contohnya
info gambar utama

Di era sekarang, sudah banyak jenis sunscreen yang beredar di pasaran. Sunscreen tersebut dibuat dengan formula yang berbeda-beda. Mulai dari physical sunscreen, chemical sunscreen, hingga hybrid sunscreen. Ketiga jenis sunscreen tersebut memiliki perbedaan di kandungan dan fungsinya.

Artikel ini membahas tentang apa itu chemical sunscreen, mulai dari bahan yang digunakan, kelebihan, hingga kegunaannya dalam aktivitas sehari-hari. Ditambah di pasaran juga sudah beredar jenis chemical sunscreen cukup banyak sehingga mudah untuk memilih contoh chemical sunscreen yang sesuai dengan kebutuhan.

Mengenal Apa itu Chemical Sunscreen

Mengutip dari laman alodokter bahwa chemical sunscreen adalah sebuah jenis pelindung kulit dari sinar matahari yang dapat bekerja di bawah permukaan kulit dengan cara menyerap sinar UV dan mengubahnya menjadi panas agar tidak masuk ke lapisan kulit yang lebih dalam.

Chemical sunscreen menyerap sinar matahari sebelum mencapai kulit. Hal tersebut berbeda dengan physical sunscreen yang bekerja dengan cara menghalangi sinar matahari secara fisik untuk masuk ke dalam kulit. Chemical sunscreen bekerja dengan cara menyerap sinar matahari ke ke dalam kulit.

Bahan aktif yang terkandung dalam chemical sunscreen biasanya terdiri dari senyawa kimia seperti oxybenzone, avobenzone, octinoxate, octocrylene, octisalate, dan ecamsule. Ketika pengguna mengoleskan chemical sunscreen ke kulit, maka bahan-bahan tersebut akan bekerja untuk menyerap sinar UV dan mencegahnya merusak kulit.

Chemical Sunscreen memiliki kelebihan yaitu mudah digunakan karena biasanya lebih tipis dan tidak meninggalkan lapisan putih pada kulit atau white cast. Hal ini dapat membuat nyaman penggunanya. Selain itu, chemical sunscreen juga biasanya juga tahan terhadap air dan keringat.

Namun, kekurangan chemical sunscreen adalah memiliki risiko lebih besar untuk menjadi penyebab reaksi alergi dan iritasi, terutama pada orang yang memiliki kulit sensitif. Selain itu, sunscreen jenis ini juga perlu menunggu 20 sampai 30 menit untuk bisa meresap sempurna ke dalam kulit.

Sunscreen ini juga masuk dalam kategori make up, sehingga bisa digunakan di mana saja dan kapan saja, sesuai dengan kebutuhan. Namun, chemical sunscreen tidak dianjurkan untuk dibawa berenang ke laut karena berpotensi merusak terumbu karang.

Contoh Chemical Sunscreen

Setelah mengetahui apa itu chemical sunscreen maka selanjutnya Anda perlu mengetahui produk-produk sunscreen di pasaran yang dijual dan termasuk dalam jenis chemical sunscreen, berikut ini adalah contohnya:

1. Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel

Contoh chemical sunscreen pertama adalah Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel. Sunscreen ini sangat populer di pasar dan cocok untuk kulit yang berminyak. Sunscreen ini memiliki kandungan yang ber-SPF 45 PA+++ dan dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV.

2. Wardah UV Shield Aqua Fresh Essence

Contoh kedua adalah Wardah UV Shield Aqua Fresh Essence. Sunscreen chemical dari brand Wardah ini memiliki harga yang ramah di kantong dan mudah ditemukan di supermarket. Sunscreen ini memiliki kandungan bisabolol yang berguna untuk mengatasi iritasi kulit

3. Erha21 Perfect Shield Helios

Selanjutnya, chemical sunscreen yang juga dipakai oleh banyak orang untuk melindungi kulit dari sinar UV adalah Erha21 Perfect Shield Helios. Sunscreen ini cocok untuk kulit sensitif dan juga bisa melindungi kulit dari paparan blue light dari layar gadget, maupun polusi udara.

4. Emina Sun Battle SPF30

Emina Sun Battle SPF30 adalah jenis chemical sunscreen yang dikenal sangat cocok untuk anak muda. Sunscreen ini terkenal relatif aman digunakan untuk orang yang baru pertama kali memakai sunscreen. Selain itu, ​​Emina Sun Battle SPF30 juga mengandung ekstrak aloe vera yang dapat melembabkan sekaligus menyegarkan kulit.

5. Missha Aqua Sun Gel

Terakhir adalah Missha Aqua Sun Gel, sunscreen ini berasal dari Korea yang sangat cocok untuk kulit berminyak maupun kulit bruntusan. Chemical sunscreen ini kaya akan kandungan glacial milk dan plant water yang sangat baik untuk menghidrasi kulit.

Sumber:

https://bereal.id/skincare/sunscreen/chemical/

https://www.alodokter.com/ini-lho-perbedaan-physical-chemical-dan-hybrid-sunscreen

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Farih Fanani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Farih Fanani.

MF
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini