Asal-usul, Jenis, Hingga Fakta Mengejutkan Si Kucing Hitam yang Anggun Nan Misterius

Asal-usul, Jenis, Hingga Fakta Mengejutkan Si Kucing Hitam yang Anggun Nan Misterius
info gambar utama

Pada setiap kehadirannya, kucing hitam selalu berhasil menebarkan aura anggun namun misterius. Dianggap unik bahkan sakral pada daerah tertentu, mari cari tahu asal-usul, ragam jenis, hingga fakta mengejutkan dari kucing hitam yang mungkin belum Kawan ketahui melalui ulasan berikut!

Asal-usul Kucing Hitam

Kucing hitam merupakan kucing yang masuk ke dalam ras bombay dan memiliki julukan Parlor Panther. Alasan dari julukan ini karena kucing berwarna hitam memiliki rupa dan bentuk fisik yang mirip seperti panther.

Kucing berwarna hitam ini pertama kali dikembangkan pada tahun 1956 oleh seorang peternak asal Amerika bernama Nikki Horner. Kucing ras Bombay awalnya berasal dari pembiakan antara kucing ras Black American Shorthair dan Sable Burmese.

Perpaduan kedua ras ini dipilih untuk menghasilkan kucing dengan warna mata yang intens tembaga.

Selain itu Nikki Horner juga berharap gabungan kedua ras tersebut bisa melahirkan kucing yang memiliki bulu berwarna gelap dan berkilau. Akhirnya sesuai dengan harapan, persilangan ini menghasilkan hewan kecil yang rupanya mirip dengan mini panther.

Pada dasarnya kucing dengan warna hitam sangat istimewa bahkan sejak awal pembiakannya. Kucing ini dikenal memiliki sifat selalu ingin tahu, penyayang, ramah, ceria, dan suka bermain. Jadi anabul satu ini sangat cocok untuk Kawan yang ingin mempunyai hewan peliharaan aktif dan bisa diajak bermain bersama.

Jenis-jenis Kucing Hitam yang Ada di Seluruh Dunia

Siapa sangka, jenis kucing hitam yang ada di seluruh dunia sangatlah beragam. Berikut 7 jenis kucing berwarna hitam yang bisa Kawan jadikan pilihan untuk dipelihara.

Bombay

Jenis yang pertama adalah ras bombay, yang mana pada ras ini semua kucing berwarna hitam dan tidak ada warna lainnya. Tak heran jika ras bombay disebut sebagai, ras kucing hitam yang sejati. Kucing ras bombay memiliki bulu yang berwarna hitam pekat dan mengkilap, sehingga terlihat sangat cantik. Selain itu hewan ini memiliki mata yang besar dan cerah.

Sphynx

Jenis kucing berwarna hitam berikutnya adalah Sphynx yang terkenal sangat aktif dan suka melompat. Berbeda dengan ras bombay, jenis kucing Sphynx memiliki bulu yang tidak terlalu tebal, bahkan sekilas seperti tidak memiliki bulu. Anabul yang satu ini dikenal memiliki sifat pemberani, jadi akan sangat seru jika diajak bermain bersama di waktu senggang.

Ragamuffin

Selanjutnya ada kucing Ragamuffin yang memiliki bulu panjang dengan warna hitam yang sangat menawan. Mata hewan peliharaan ini cukup besar dan terlihat sangat ekspresif saat sedang bergerak. Kucing Ragamuffin disukai banyak orang karena sifatnya yang lembut dan penyayang, ia akan membiarkan siapapun menyentuhnya.

Persia

Hampir semua pecinta kucing di seluruh dunia tentu kenal dengan ras Persia. Tapi tahukah Kawan, kucing berwarna hitam dari ras Persia ternyata sangat jinak, loh. Kucing hitam jenis persia memiliki bulu yang cukup tebal dan berwarna hitam pekat.

Oriental Shorthair

Jika Kawan pernah menemukan kucing berwarna hitam dengan bulu yang pendek dan halus, maka ia adalah kucing Oriental Shorthair. Ciri khas lain dari hewan ini adalah kepalanya berbentuk segitiga dan memiliki telinga besar. Oriental shorthair dikenal dengan sifatnya yang aktif, selalu penasaran, dan berenergi.

Chantilly-Tiffany

Ingin punya kucing berwarna hitam yang bisa diajak ngobrol? Chantilly-Tiffany bisa jadi hewan peliharaan terbaik. Kucing yang satu ini memiliki sifat yang cerewet namun tenang saat disentuh. Ciri fisik Chantilly-Tiffany adalah bulunya yang cukup panjang dan mata besar berbinar.

Maine Coon

Kucing berwarna hitam selanjutnya yang juga memiliki bulu panjang menawan adalah Maine Coon. Ukuran hewan ini cenderung besar, tidak heran beberapa anak kecil mungkin akan takut jika melihatnya. Tapi ternyata Maine Coon mudah beradaptasi dengan lingkungan dan memiliki sifat yang lembut, ramah, juga ceria loh.

Scottish Fold

Tahukah Kawan ternyata ada kucing berwarna hitam yang bisa melipat telinganya ke bawah, loh. Scottish Fold merupakan kucing yang umumnya berwarna hitam atau abu-abu dan terkesan sangat menawan juga misterius. Kucing ini suka berinteraksi dengan orang yang ada di sekitar dan sangat ramah.

Cornish Rex

Terakhir jenis kucing dengan warna hitam yang juga bisa dijadikan peliharaan adalah Cornish Rex. Bulunya yang cukup pendek dan keriting membuat anabul satu ini terlihat sangat unik. Sifatnya ramah, senang bermain, aktif, dan cerdas atau mudah dilatih untuk melakukan sesuatu.

Sekarang Kawan bisa memilih mana kucing berwarna hitam yang paling disukai dan ingin dijadikan hewan peliharaan. Semua kucing di atas memiliki sifat yang berbeda-beda dan pastinya menarik.

7 Fakta Mengejutkan Kucing Hitam

Sejak dulu kucing hitam sering dikaitkan dengan berbagai mitos bahkan hal-hal berbau mistis. Tapi ternyata banyak dari mitos tersebut yang tidak benar. Untuk itu, mari simak fakta mengejutkan kucing hitam yang pastinya bukan mitos!

Membawa Keberuntungan

Mitos tentang kucing berwarna hitam membawa kemalangan ternyata adalah hal yang salah. Nyatanya kucing berwarna hitam justru dianggap sebagai pembawa keberuntungan di beberapa negara, salah satunya Jepang.

Handal Berburu di Malam Hari

Tahukah Kawan ternyata kucing berwarna hitam cukup handal jika berburu di malam hari. Selain karena penglihatannya, warna bulunya yang hitam juga membuat kucing ini tidak mudah terdeteksi oleh mangsa.

Ras Bombay Selalu Berwarna Hitam

Di antara banyaknya jenis dan ras kucing yang ada saat ini, Bombay merupakan ras kucing yang akan selalu berwarna hitam. Jadi warnanya tidak akan pernah berubah meskipun dikembangbiakkan.

Warna Mata Unik

Dibandingkan dengan kucing jenis lain, kucing berwarna hitam umumnya memiliki warna mata yang unik. Warna bola mata mereka umumnya adalah emas, kekuningan, hijau, bahkan tembaga. Sehingga mata kucing ini akan terlihat lebih mencolok, terutama ketika ada di kegelapan.

Dianggap Sebagai Dewi

Dahulu masyarakat Mesir Kuno menganggap bahwa kucing adalah hewan yang suci. Bahkan terdapat salah satu dewi di Mesir bernama Dewi Bastet yang digambarkan bertubuh wanita dengan kepala kucing berwarna hitam. Pada masa itu, dewi ini dipercaya mampu melindungi rumah dari roh jahat dan berbagai penyakit.

Lebih Sehat Dibanding Jenis Kucing Lain

Dibandingkan dengan jenis kucing lain, ternyata kucing berwarna hitam diketahui lebih kuat. Hal ini terjadi karena gen mereka yang memproduksi bulu hitam sama dengan gen yang membantu tubuh untuk melawan virus.

Bulu Kucing Warna Hitam Bisa Berkarat

Terakhir fakta mengejutkan dari kucing berwarna hitam adalah bulunya bisa berkarat atau berubah berwarna kecoklatan atau kemerahan. Bulunya yang berubah warna ini merupakan pertanda buruk yakni kekurangan nutrisi. Untuk mencegah bulu yang berkarat, kucing warna hitam harus sering diajak berjemur.

Tak terbantahkan lagi, jika kucing hitam memiliki daya tarik dan pesona yang tak kalah kuat dibandingkan dengan kucing lainnya. Jika Kawan termasuk pribadi yang menyukai keanggunan dan mendambakan hewan peliharaan yang bisa menjadi sahabat terbaik, kucing hitam bisa Kawan jadikan sebagai salah satu pilihan!

Sumber:
https://www.liputan6.com/citizen6/read/4650466/sejarah-kucing-hitam-dikembangbiakkan-sejak-1950an
https://www.kucingmania.net/kucing-warna-hitam/
https://www.purina.co.id/kategori-hewan/artikel/nama-kucing/ras-kucing-hitam
https://bobo.grid.id/read/083641058/7-fakta-unik-seputar-kucing-hitam-salah-satunya-dijuluki-pembawa-keberuntungan?page=all
https://hellosehat.com/sehat/informasi-kesehatan/fakta-menarik-kucing-hitam/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Raras Wenny lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Raras Wenny.

RW
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini