Jembatan Tukad Bangkung, Jembatan Tertinggi se-Asia Tenggara yang Ternyata Ada di Bali

Jembatan Tukad Bangkung, Jembatan Tertinggi se-Asia Tenggara yang Ternyata Ada di Bali
info gambar utama

Bali ternyata punya jembatan tertinggi se-Asia Tenggara, namanya Jembatan Tukad Bangkung. Seperti apa?

Jembatan Tukad Bangkung adalah sebuah jembatan yang terletak di Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, Provinsi Bali. Lokasinya berada di antara dua bukit, sehingga jembatan berfungsi sebagai penghubung antara dua area di ketinggian bukit tersebut.

Saat melintas di atas jembatan ini, Kawan GNFI akan disuguhi pemandangan yang luar biasa. Dari atas jembatan, tersaji pemandangam berupa hamparan luas pepohonan yang asri dan begitu memanjakan mata.

Pemandangan indah memang menjadi nilai jual Jembatan Tukad Bangkung ini. Hal itu pula yang membuat jembatan ini didesain tanpa atap. Dengan tidak adanya atap, pemandangan dapat dinikmati secara bebas tanpa ada penghalang.

Selain pemandangan sekitarnya yang memukau, sepintas tak ada yang istimewa dari Jembatan Tukad Bangkung karena bentuknya yang tak jauh berbeda dengan jembatan beton pada umumnya. Namun, ternyata jembatan ini punya keistimewaan dalam hal tingginya. Siapa sangka, Jembatan Tukad Bangkung adalah jembatan tertinggi se-Asia Tenggara.

Jembatan Tukad Bangkung diklaim sebagai jembatan tertinggi se-Asia Tenggara lantaran tingginya mencapai 71,14 meter. Sementara itu, panjangnya 360 meter, lebar 9,6 meter, dan tiang pondasi 41 meter di bawah tanah sebagaimana dicatat laman resmi Pemerintah Kabupaten Badung.

Berdasarkan arsip laporan media, Jembatan Tukad Bangkung mulai dibangun pada 2001, lalu diresmikan pada 2007.

Menjadi Landmark Daerah, Inilah 3 Jembatan Kabel Pancang di Indonesia

Bukan Sekedar Jembatan

Jembatan Tukad Bangkung bukan sekedar jembatan pada umumnya. Tak hanya berfungsi sebagai penghubung antarwilayah dan penunjang mobilitas masyarakat, jembatan ini juga jadi tempat digelarnya berbagai acara.

Bahkan, beberapa tahun lalu sempat muncul wacana dibangunnya kereta gantung di Jembatan Tukad Bangkung guna menyokong pariwisata. Namun, wacana itu belum kunjung terwujud sampai saat ini.

Jika Kawan GNFI datang ke Jembatan Tukad Bangkung, jangan lupa berkunjung ke tempat wisata lainnya di sana. Ya, di sekitar jembatan memang terdapat objek wisata lain yang juga tak kalah menarik untuk didatangi.

Sekitar 5 kilometer dari jembatan, misalnya ada Air Terjun Nungnung. Dengan ketinggian air sekitar 70 meter dengan debit air yang cukup besar, air terjun ini jadi tempat wisata yang sangat cocok disambangi pecinta suasana alam yang tenang.

Jembatan Gentala Arasy, Wisata Ikonik di Jambi Terbaik untuk Rekreasi

Referensi:

  • https://diperpa.badungkab.go.id/berita/11188-mulai-dibahas-kereta-gantung-tukad-bangkung---air-terjun-nunung
  • https://badungtourism.badungkab.go.id/detail_obyek_wisata/detail/JKB01/jembatan-tukad-bangkung.html

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini