Mengintip Keseruan Acara Youth Today X Global Talent (GTa) AIESEC in UNEJ

Mengintip Keseruan Acara Youth Today X Global Talent (GTa) AIESEC in UNEJ
info gambar utama

Hoy, AIESEC!

Kawan GNFI pastinya sudah tidak asing lagi dengan salah satu program unggulan AIESEC, yaitu GTa atau Global Talent. Pertama kali pada tahun 2023, AIESEC in UNEJ membuat acara seminar YTxoGTa dengan tema “Empowering Youth Globally: Igniting Futures through Global Oppoturnities.” Acara tersebut dilakukan tepat pada Sabtu (11/11/2023) dan dilaksanakan secara offline di Gedung Pascasarjana Fakultas Hukum, Universitas Jember.

Youth Today Memperkenalkan Program GTa di Universitas Jember

Seminar yang berfokus untuk mempromosikan program GTa ini dilakukan melalui kolaborasi dengan Youth Today, mengingat masih banyak mahasiswa di Universitas Jember yang belum dapat mengikuti dan merasakan keseruan Youth Today pada edisi Join AIESEC. Di sini, AIESEC in UNEJ memberikan peluang di mana para mahasiswa di kampus tersebut untuk merasakan keseruan dan pengalaman Youth Today tanpa harus mendaftar menjadi AIESECer.

YTxoGTa bertujuan untuk mewadahi mahasiswa, terkhususnya di Universitas Jember untuk mendapatkan pengetahuan dan exposure lebih banyak dari dunia global atau international. Tak hanya itu, mereka juga akan berkesempatan untuk mengenal berbagai program magang internasional melalui program GTa.

Local Project AIESEC in Unila, Bersama Berkontribusi pada Lingkungan dan Pendidikan
Moderator Yohana Valentine AIESEC in UNEJ
info gambar

Dengan demikian, harapannya mahasiswa Universitas Jember dapat mengetahui bahwasannya kesempatan untuk melakukan magang di luar negeri itu luas dan bermanfaat dalam kehidupan mereka, baik secara personal maupun profesional.

Serangkaian seminar ini dipimpin oleh MC sekaligus moderator, Yohana Valentine, yang merupakan mahasiswi dari jurusan Hubungan Internasional, Universitas Jember dan Staff of Program AFL AIESEC in UNEJ.

Rangkaian Keseruan di Acara Youth Today

Pada sesi pertama, materi yang disampaikan membahas tentang “Navigating Global Opportunities: Strategies for Youth Empowerment.” Diskusi ini membahas tentang kesempatan yang bisa penyelenggara tawarkan kepada peserta melalui program di AIESEC, salah satunya yaitu GTa, yang disampaikan oleh Prilia Anita Simbolon selaku mantan ECB di AIESEC.

Aldry Putra Arief memberikan materi di acara AIESEC in UNEJ
info gambar

Untuk sesi kedua, pemaparan materi dilakukan oleh Aldry Putra Arief secara online. Ia merupakan Exchange Participant atau orang yang pernah mendapatkan kesempatan untuk melakukan magang di luar negeri melalui program GT AIESEC.

AIESEC in Indonesia Hadirkan Indonesia Youth Leadership Conference 2023 di Kota Semarang

Aldry membawa materi dengan topik “The Power of Cross-Cultural Internship Experiences.” Fokus materi ini adalah memberi insight atau gambaran dari benefit yang didapatkan selama melakukan magang internasional serta tantangannya. Ia juga membagikan tips dalam menghadapi tantangan tersebut.

Untuk sesi ketiga, pembicara akan menyampaikan materi tentang "Navigating Global Opportunities: Strategi untuk Pemberdayaan Pemuda." Pemaparan ini berfokus pada oGX, peluang global yang disediakan oleh AIESEC, dan bagaimana cara mengakses dan membuat strategi ke depannya. Deswita Utami sebagai HRBP East Region of Paragon Corp mengungkapkan harapannya program tersebut dapat memaksimalkan keuntungan melalui peluang global yang disediakan oleh AIESEC.

Setiap sesi dilengkapi dengan forum diskusi bersama para speaker yang sudah berpengalaman di bidangnya. Para participant juga tampak antusias untuk lebih mengetahui seperti apa pengalaman yang akan didapatkan dan dampaknya setelah memperoleh international exposure.

AIESEC in UNEJ
info gambar

Kemudian, ada sesi ice breaking yang dibawakan oleh tim yang berhasil membuat peserta menjadi kembali bersemangat setelah mendengarkan materi. Sebagai penutup, Yohana Valentine selaku MC yang juga merupakan anggota AIESEC menjelaskan mekanisme survei kepuasan kepada para delegasi dan mengumumkan RnR.

Serangkaian topik yang telah dibuat diharapkan dapat mengenalkan mahasiswa Universitas Jember tentang GTa, keuntungan didapatkan, sistem seleksi, dan berbagai pertanyaan lainnya.

AIESEC in UMM, Bridging The Gap Generasi Muda dan Artificial Intelligence

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AU
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini