TNI Bawa Kapal Korvet dan Heli Panther Latihan bareng 47 Negara di India

TNI Bawa Kapal Korvet dan Heli Panther Latihan bareng 47 Negara di India
info gambar utama

TNI Angkatan Laut (AL) menerjunkan kapal korvet KRI Sultan Iskandar Muda-367 (KRI SIM-367) dan Helikopter Panther HS-1303 untuk mengikuti Latihan Bersama (Latma) Multilateral Naval Exercise MILAN 2024. Kegiatan ini berlangsung pada 19—27 Februari di Visakhapatnam dan Teluk Benggala, India.

KRI SIM-367 tiba di Dermaga Naval Dockyard Visakhapatnam, India, pada Minggu (18/2) pukul 17.00 LT setelah menempuh pelayaran lintas laut Samudra Hindia selama empat hari. Kedatangan kapal korvet ini disambut hangat oleh Atase Pertahanan (Athan) Republik Indonesia untuk India, Laksamana Pertama TNI Didik Kurniawan, beserta para staf.

Sebanyak 47 negara sahabat mengikuti MILAN 2024. Latihan ini terbagi ke dalam dua tahap, yakni fase darat (Harbour Phase) yang akan terlaksana pada 19—23 Februari dan manuver laut (Sea Phase) di Perairan Teluk Benggala pada 24—27 Februari.

Tiba di Mesir, Tim Kapal Rumah Sakit TNI Serahkan Bantuan untuk Warga Gaza

Dok. TNI AL

MILAN digelar setiap dua tahun oleh tentara India bersama negara sahabat sejak 1995 untuk meningkatkan kerja sama, profesionalisme, pengetahuan, dan pengalaman dalam operasi laut melalui latihan multilateral berskala besar di laut.

KRI SIM-367 dan Helikopter Panther HS-1303 dipimpin Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Latma MILAN 2024 TNI AL, Letkol Laut (P) Mochamad Fuad Hasan. Para prajurit melakukan sejumlah aktivitas selama perjalanan dari Pangkalan Surabaya menuju Visakhapatnam, India.

Mereka mengadakan latihan senjata (Gunnex), ADEX, latihan kasus (CASEX), pengendalian helikopter, dan peran penyelamatan kapal. Bukan itu saja, para prajurit juga berlatih kesenian tari saman dan jaranan yang akan mereka tampilkan dalam rangkaian acara MILAN 2024.

TNI Terjunkan Kapal Perang-Patroli Kirim Logistik Pemilu ke Daerah Terpencil

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini