Situ Wulukut, Danau Buatan di Jawa Barat yang Disebut Mirip Ranu Kumbolo

Situ Wulukut, Danau Buatan di Jawa Barat yang Disebut Mirip Ranu Kumbolo
info gambar utama

Berwisata tidak perlu jauh dan mahal. Di Indonesia dan khususnya Jawa Barat, situ juga bisa jadi tempat tujuan wisata.

Di Jawa Barat, terdapat banyak situ atau wadah genangan air di atas permukaan tanah yang bisa dikunjungi, salah satunya adalah Situ Wulukut.

Situ Wulukut terletak di Kuningan Jawa Barat, tepatnya di Desa Kertayuga, Kecapatan Nusaherang. Dari pusat kota Kuningan, jaraknya sekitar 12 km.

Situ ini menawarkan suasana alam yang menenangkan. Dikelilingi oleh pepohonan nan rimbun, Situ Wulukut cocok dikunjungi siapapun yang menginginkan suasana yang alami dan penuh ketenangan.

Dengan suasana alami nan hijau dan asri yang ada, laman Kuningan Tourism mengklaim bahwa Situ Wulukut
panoramanya sekilas sangat mirip dengan Ranu Kumbolo. Untuk diketahui, Ranu Kumbolo adalah danau yang terletak di dalam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur.

Untuk mencapai Situ Wulukut, pengunjung harus sedikit bersabar untuk bisa sampai ke sana. Sebab,
Lokasinya tergolong terpencil dan cukup jauh dari pemukiman penduduk. Lokasi tempat ini juga berada di dalam kawasan Perhutani.

Meski demikian, tak perlu khawatir tidak ada fasilitas apapun di Situ Wulukut. Tersedia sejumlah wahana yang bisa dinikmati saat berkunjung bersama keluarga, mulai dari selfie deck, sepeda air, hingga perahu karet.

Menariknya lagi, Situ Wulukut ternyata bukanlah danau alami. Situ ini adalah danau buatan yang awalnya difungsikan sebagai sarana irigasi lahan pertanian. Namun karena pemandangannya yang indah, Situ Wulukut kemudian juga jadi tempat wisata.

Eksplorasi Keanekaragaman Flora dan Fauna Lewat Ekowisata Kalimantan Barat

Perlu Dimaksimalkan

Situ Wulukut memang menarik untuk didatangi saat berwisata. Namun, tempat ini masih perlu pengembangan lebih lanjut untuk bisa dimaksimalkan sebagai destinasi wisata.

Hal itu juga sebagaimana ditulis oleh Lelis Masridah dalam penelitian berjudul Potensi Situ Wulukut sebagai Objek Wisata Alam di Desa Kertayuga Kecamatan Nusaherang Kabupaten Kuningan yang dipublikasikan laman Universitas Siliwangi. Diketahui bahwa Situ Wulukut punya potensi wisata, mulai dari suguhan panorama alam, jadi tempat kemping, hingga spot foto menarik.

Lokasi, pengelola dan sarana prasarana dianggap sebagai faktor yang mendukung pengembangan Situ Wulukut sebagai destinasi wisata. Sementara itu, faktor yang menghambatnya adalah aksesibilitas, kurangnya dukungan dari pemerintah, dan kurangnya promosi yang mana ini juga yang perlu dijadikan bahan evaluasi.

Tertarik mengunjungi Situ Wulukut dan menikmati keindahan alamnya?

Bukit Kelabba Maja, Sepotong Planet Mars yang Bercahaya dari Pulau Sabu

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini