Milenial dan Gen X Borong Obligasi Ritel, Penjualan Tembus Rp23,9 Triliun

Milenial dan Gen X Borong Obligasi Ritel, Penjualan Tembus Rp23,9 Triliun
info gambar utama

Total penjualan Obligasi Negara Ritel seri ORI025T3 dan ORI025T6 pada awal 2024 mencapai Rp23,92 triliun. Pendapatan itu bakal dimanfaatkan pemerintah untuk memenuhi target pembiayaan APBN tahun ini, demikian laporan Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan RI.

DJPPR membuka penawaran sejak 29 Januari s.d. 22 Februari. Seri ORI025T3 terjual sebanyak Rp19,381 triliun, sedangkan seri ORI025T6 sebesar Rp4,539 triliun. Setelah mempertimbangkan yield Surat Berharga Negara di pasar sekunder dan likuiditas di pasar keuangan yang cukup ketat, ORI025T3 dan ORI025T6 ditawarkan dengan kupon kompetitif. Masing-masing sebesar 6,25 persen dan 6,40 persen.

“Penjualan ORI kali ini didukung dengan campaign dan kegiatan edukasi mengenai pembiayaan APBN serta literasi keuangan kepada masyarakat melalui berbagai kegiatan baik daring, luring, dan hybrid,” tulis DJPPR dalam keterangan pers di Jakarta, Senin (26/2/2024).

Untuk Pertama Kalinya, KAI Terbitkan Obligasi

Jumlah investor ORI025T3 mencapai 52.236 orang. Sebanyak 18.568 atau 35,55 persen di antaranya tercatat sebagai investor baru. Sementara itu, ORI025T6 diborong oleh 13.353 investor, 4.014 orang atau 30,06 persen di antaranya investor baru.

Jumlah investor didominasi oleh generasi milenial, 45,97 persen di antara mereka membeli ORI025T3 dan 53,52 persen memborong ORI025T6. Akan tetapi, dari segi besaran nilai, generasi X masih memimpin dengan total investasi mencapai 37,43 persen untuk ORI025T3 dan 40,35 persen untuk ORI025T6.

Ini Tren Baru Investasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Pakai NFT?

Sebaran investor

Sebanyak 3.972 investor melakukan pemesanan ORI025T3 dengan nominal Rp1 juta dan 1.581 investor membeli ORI025T6 dengan nominal yang sama. Di samping itu, pegawai swasta mendominasi jumlah investor ORI025T3 sebanyak 35,08 persen dan ORI025T6 38,99 persen. Namun, investor yang berprofesi wiraswasta masih mendominasi nominal pemesanan ORI025T3 sebesar 38,37 persen dan ORI025T6 sebesar 40,40 persen.

Kemudian, berdasarkan gender, investor ORI025T3 dan ORI025T6 paling banyak dari perempuan, masing-masing sebesar 58 persen dan 51 persen. Jika ditelaah lebih jauh, pelajar atau mahasiswa menduduki peringkat ketiga dengan jumlah investor terbanyak, yaitu 9,8 persen dan 11,7 persen. Lalu, ibu rumah tangga di peringkat empat besar investor ORI025T3 dan ORI025T6.

Transaksi Selesai, TikTok Sah Akuisisi Tokopedia dan Investasi Rp23 Triliun

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini