Transaksi Selesai, TikTok Sah Akuisisi Tokopedia dan Investasi Rp23 Triliun

Transaksi Selesai, TikTok Sah Akuisisi Tokopedia dan Investasi Rp23 Triliun
info gambar utama

TikTok mengumumkan penyelesaian transaksi akuisisi 75 persen saham Tokopedia. Dengan begitu, bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia kini resmi bergabung di bawah PT Tokopedia.

Lewat kemitraan ini, TikTok akan menginvestasikan lebih dari 1,5 miliar dolar AS atau setara Rp23,4 triliun untuk mendukung operasional bisnis Tokopedia, tanpa dilusi terhadap kepemilikan GoTo di Tokopedia.

“Kami memandang momen ini sebagai sebuah capaian penting dalam mewujudkan komitmen kami berkontribusi lebih jauh untuk Indonesia, para pelaku UMKM, dan pertumbuhan ekonomi digital, bersama GoTo sebagai mitra kami,” kata Direktur Eksekutif E-Commerce TikTok Indonesia, Stephanie Susilo, di Jakarta, Senin (31/1/2024).

TikTok Shop Buka Lagi! Bagaimana Platform ini Menjadi Andalan UMKM Lokal?

Selaku mitra strategis GoTo, TikTok kini berstatus sebagai pemegang saham pengendali PT Tokopedia. Melalui kesepakatan baru ini, TikTok dan GoTo dapat memperluas manfaat bagi konsumen dan pelaku UMKM Indonesia. Sementara itu, pertumbuhan bisnis Tokopedia setelah dikombinasikan dengan TikTok Shop Indonesia bakal menguntungkan GoTo.

Salah satunya, dengan menjangkau pasar yang lebih luas melalui layanan keuangan digital GoTo Financial dan on-demand services dari Gojek. GoTo juga akan menerima aliran pendapatan dari Tokopedia dalam bentuk e-commerce service fee. Hal ini bisa berdampak positif terhadap arus kas Grup GoTo.

“Ini merupakan langkah besar bagi Grup GoTo. Kami akan mengoptimalkan penggunaan modal dan sedang menyusun rencana alokasi modal ke depan,” ujar Direktur Utama Grup GoTo, Patrick Walujo, pada kesempatan yang sama.

Proses TikTok mengakuisisi Tokopedia dimulai dari Kampanye Beli Lokal pada Desember 2023. Program uji coba itu melibatkan ribuan penjual (merchant) lokal dan mencatatkan rata-rata pertumbuhan penjualan produk lokal sebesar 125 persen.

TikTok mengeklaim, dalam survei saat kampanye berlangsung, 97 persen merchant mengaku merasakan dampak positif dari kolaborasi TikTok dan Tokopedia. Sekitar 90 persen merchant bahkan melaporkan peningkatan penjualan melalui kampanye Beli Lokal dan sebagian besar merchant menambah jumlah karyawan sejak kolaborasi dimulai.

Resmikan TikTok Jalin Nusantara, Ini Target Menparekraf untuk UMKM

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini