Resmikan TikTok Jalin Nusantara, Ini Target Menparekraf untuk UMKM

Resmikan TikTok Jalin Nusantara, Ini Target Menparekraf untuk UMKM
info gambar utama

TikTok Jalin Nusantara merupakan kolaborasi antara TikTok Indonesia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta beberapa pihak lainnya sebagai inisiatif strategis untuk membantu mencapai tujuan yang lebih luas dalam memberdayakan dan mengembangkan keterampilan digital UMKM di Indonesia.

Pada Selasa (23/1/2024, bertempat di Labuan Bajo, NTT TikTok Jalin Nusantara diresmikan dengan ditandatanganinya kesepemahaman bersama atau MoU antara Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf/Baparekraf, Hariyanto, dengan Firry Wahid selaku Head of Public Policy & Government Relations, TikTok Indonesia.

Peristiwa tersebut disaksikan pula oleh Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf).

Selain Menparekraf, MoU tersebut juga ditandatangani oleh mitra strategis TikTok Indonesia lainnya, yaitu Platform Usaha Sosial (PLUS), Telkom Indonesia, dan Asosiasi Pusat Pengembangan Sumberdaya Wanita (PPSW).

Baca juga:TikTok Shop Buka Lagi! Bagaimana Platform ini Menjadi Andalan UMKM Lokal?

Tingkatkan Pemerataan Akses Digital

TikTok Jalin Nusantara
info gambar

Kolaborasi TikTok Jalin Nusantara merupakan bentuk komitmen TikTok Indonesia untuk mendukung peningkatan kesejahteraan sosial-ekonomi UMKM di tanah air. Program ini akan berfokus pada peningkatan keterampilan dan pemerataan akses digital guna memberikan kontribusi yang positif bagi perkembangan sektor tersebut, terutama ekonomi kreatif digital.

Melalui program ini, akan diselenggarakan pelatihan keterampilan digital di 19 titik di tanah air, meliputi 10 sentra ekonomi kreatif (Semarang, Labuan Bajo, Pekanbaru, Jayapura, Banyuwangi, Malang, Balikpapan, Yogyakarta, Tangerang, dan Samosir) dan 9 destinasi wisata (Desa Wisata Sait Buttu Asri, Ekraf Victory, Desa Wisata Warna-Warni Tiga Rihit, Desa Wisata Jangga Dolok, Desa Wisata Golo Loni, Desa Wisata Ululoga, Desa Wisata Lumban Suhi-Suhi Toruan, Desa Wisata Raya Seribu Bunga, Desa Wisata Lumban Bulbul) dengan fasilitas akses jaringan internet gratis.

Selain itu, TikTok Jalin Nusantara berfokus pada tiga hal. Pertama, pengembangan keterampilan dan pemberdayaan, seperti literasi digital, bisnis, dan pengetahuan finansial dasar. Selanjutnya, penguatan keterampilan digital yang esensial, misalnya pembuatan konten, pemasaran digital, dan praktik e-niaga. Terakhir, berfokus pada aspek keberlanjutan bisnis melalui kemitraan, baik melalui pihak pemerintah maupun komunitas bisnis.

Baca juga: 7 Website untuk UMKM Bermanfaat Asli Indonesia

Targetkan Buka 4,4 Juta Lapangan Kerja

Sebagai platform media sosial, TikTok menjadi salah satu tempat pemasaran digital bagi para pelaku usaha, termasuk UMKM. Mereka memanfaatkan platform ini sebagai sarana untuk menjangkau audiens yang lebih luas, meningkatkan performa bisnis mereka, dan juga membuka peluang pekerjaan.

Itulah yang menjadi perhatian utama TikTok Indonesia selama ini. Melalui program ini, TikTok berharap dapat menciptakan dampak sosial-ekonomi yang berkelanjutan bagi lebih dari 18.000 penduduk dan 500 pelaku UMKM yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Dari sisi pemerintah, yang diwakili oleh Menparekraf, berharap program TikTok Jalin Nusantara dapat menjadi langkah strategis untuk menciptakan 4,4 juta lapangan kerja baru, terutama di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Pemerintah juga menargetkan 50% dari UMKM di Indonesia dapat masuk ke dalam ekonomi digital, sehingga mereka dapat berperan dalam mengkapitalisasi bonus demografi dalam jangka waktu 5 sampai 10 tahun ke depan. Tentu, ini akan berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi negara.

Bagi Kawan GNFI yang ingin mengetahui informasi lebih lengkap mengenai program TikTok Jalin Nusantara, termasuk melakukan pendaftaran untuk mengikuti program ini, bisa kunjungi https://bit.ly/TikTokJalinNusantaraBatch1.

Baca juga: Keripik Singkong Renyah dan Lezat dari UMKM Bu Daimu

Referensi:

  • https://kemenparekraf.go.id/berita/siaran-pers-kemenparekraf-dan-tiktok-kolaborasi-kembangkan-umkm-melalui-program-jalin-nusantara
  • https://www.grid.id/read/044000645/luncurkan-tiktok-jalin-nusantara-tiktok-tingkatkan-konektivitas-dan-keterampilan-digital-komunitas-dan-umkm-daerah-di-indonesia?page=2
  • https://teknologi.bisnis.com/read/20240123/266/1734934/tiktok-jalin-nusantara-targetkan-digitalisasi-500-umkm

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

DY
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini