7 Website untuk UMKM Bermanfaat Asli Indonesia

7 Website untuk UMKM Bermanfaat Asli Indonesia
info gambar utama

Tidak seperti dahulu, kini yang apa-apa serba online sebenarnya cukup memudahkan banyak orang, termasuk para pemilik usaha, termasuk pemilik usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM). Ya, kini kita bisa belajar apapun atau memanfaatkan sebuah layanan melalui teknologi cloud hanya bermodal internet.

Untuk Kawan GNFI yang selama ini belum familiar dengan metode seperti ini, bisa dibilang artikel ini bisa menjadi pintu gerbang untuk menambah pengetahuanmu tentang dunia UKM dan UMKM. Apa saja?

1. paper.id

Tentu, keuangan usaha kecil tidak serumit perusahaan besar, yang kadang dengan melihat deretan angkanya saja sudah dibuat pusing, namun bagi beberapa orang, mengurus keuangan UKM juga bukan hal yang mudah. Kini ada platform yang siap membantu mengatur keuangan menjadi lebih mudah, yakni paper.id.

Paper.id memiliki 3 keunggulan yang sangat membantu, yakni dalam hal invoicing, payment, dan financing. Disini kita bisa membuat invoice dengan mudah, dan mengirimnya secara langsung, baik melalui SMS, WhatsApp, dan e-mail, yang mana semua itu sudah terintegrasi dengan stock manajemen dan pembukuan. Jadi, hanya dengan membuat invoice, kamu bisa melacak seberapa produk yang sudah laku.

Pun jika Kawan ingin memanfaatkan fitur payment di paper.id, hanya dalam satu platform, kamu bisa melakukan pengiriman atau menerima pembayaran dengan berbagai macam metode pembayaran.

Pedoman Etika Kecerdasan Buatan Tengah Disiapkan, Bagaimana Perkembangannya?

2. ukmindonesia.id

Sebagai pelaku usaha, tentu kamu sudah sangat paham tentang seberapa pentingnya informasi yang berkualitas kepada usaha kamu. Jika saat ini belum memiliki sumber bacaan yang mudah diakses, kamu bisa mengunjungi website ukmindonesia.id.

ukmindonesia.id adalah media informasi dengan basis komunitas, yang didedikasikan khusus untuk UMKM (usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) agar bisa naik kelas dengan lebih mudah. Jadi di website ini, kamu akan mendapatkan banyak informasi yang bermanfaat, dimulai dari tips bisnis, cerita inspiratif, bedah kasus, informasi seputar izin dan sertifikasi, sampai dengan program pengembangan UMKM.

3. PijarMahir.id

Meski bukan satu-satunya, ilmu adalah modal yang turut membantu usaha kita untuk tetap relevan dengan kebutuhan industri. Meski banyak yang sadar demikian, namun tidak semua pelaku usaha memulai jalannya dengan ilmu, ada beberapa dari mereka yang memilih langsung terjun ke lapangan.

Tidak ada yang salah dengan hal itu. Akan tetapi, jika kamu termasuk yang demikian, dan tidak mau ketinggalan, kamu bisa mengikuti beberapa kelas dan program melalui platform digital, salah satunya dari PijarMahir.id.

PijarMahir.id adalah platform pembelajaran dan sertifikasi online, yang keberadaanya ditujukan untuk memudahkan masyarakat, dalam meningkatkan kompetensi dan keahlian. PijarMahir.id memiliki banyak sekali program, dimulai mahir digital, Mahir Marketing, sampai dengan kategori khusus untuk UMKM, yang bisa kamu akses secara gratis atau berbayar. FYI, Ini merupakan platform yang berdiri di bawah naungan Telkom Indonesia.

4. Akseleran.co.id

Apakah kamu termasuk salah satu calon pengusaha yang terkendala modal? atau UKM yang kesulitan berkembang karena minimnya modal? jika demikian, Akseleran bisa menjadi solusi yang sesuai dengan kebutuhanmu. Akseleran sendiri merupakan platform peer-to-peer lending untuk memudahkan UKM menerima pinjaman untuk kebutuhan usaha.

Melalui Akseleran, kamu bisa mendapatkan modal usaha dengan buangan yang kompetitif, lengkap dengan fleksibilitas dalam hal tenor pinjaman, model pembayaran, sampai dengan penyertaan agunan. Visi utama dari platform ini adalah untuk mengaktifkan inklusi keuangan di Indonesia.

Asal-usul Tinta Pemilu: Berawal dari India, Dibuat Jadi Lebih Baik oleh Indonesia

5. sosiago.id

Sejauh ini, apa metode marketing yang kamu manfaatkan untuk mengenalkan produk kepada masyarakat? Masih memanfaatkan marketing tradisional? atau marketing dari mulut ke mulut? jika kamu bisa survive dengan cara yang demikian, memanfaatkan metode pemasaran yang kekinian mungkin bisa membantu membuat usahamu tumbuh lebih cepat.

Selain digital marketing, kamu juga bisa memanfaatkan peran influencer untuk strategi promosi. Kamu tidak perlu takut dengan biayanya, karena di SoSiaGO, Kawan GNFI bisa mengakses influencer yang sesuai dengan budget kamu. SoSiago sendiri merupakan platform influencer dengan pilihan beragam, dimulai dari Blogger, YouTube content creator, sampai dengan selebgram.

6. divebis.com

Apakah kamu percaya bahwa menjaga citra usaha di dunia online itu penting? Apakah kamu percaya kalau kemudahan akses informasi terkait brand bisa membantu pengembangan usaha? jika demikian, kamu bisa mengakses website divebis.com. Ini merupakan media online yang membantu UKM untuk membuat profil bisnis, dan membantu memasarkannya melalui strategi SEO.

Sebagai sebuah profil bisnis, kamu bisa menjelaskan seperti apa usahamu, apa saja layanan yang disediakan, berapa harganya, foto dokumentasi, konten video, alamat, sampai dengan kontak, baik berupa email, nomor telepon, dan juga nomor WhatsApp, ini bisa kita gunakan sebagai landing page dengan biaya terjangkau.

Sedangkan sebagai media promosi, divebis.com akan membantu usahamu muncul di Google bersama dengan usaha lain, dalam kategori kota. Misalnya usaha Kawan GNFI bergerak dalam bidang penyewaan alat berat di Surabaya, divebis.com akan mengelompokan usahamu ke dalam kategori tersebut bersama dengan usaha sejenis, dan melakukan optimasi SEO untuk halaman tersebut. Jauh lebih praktis dan hemat biaya, dibandingkan mengerjakannya sendiri.

Indonesia Capai Kesepakatan untuk Menjual 25 Pesawat N219 ke Tiongkok

7. projects.co.id

Tidak semua kebutuhan SDM harus diselesaikan dengan merekrut karyawan, untuk beberapa hal yang sifatnya bukan pekerjaan daily routine, cenderung bersifat project, kamu bisa merekrut freelancer. Bisa dibilang merekrut freelancer cukup diminati akhir-akhir ini, karena memang dari segi alokasi budget lebih fleksibel, di mana pembayaran dilakukan per project.

Jika kamu membutuhkan freelancer, kamu bisa mengakses beberapa platform, dan salah satu platform freelance dari Indonesia yang cukup populer adalah projects.co.id.

Hampir sebagian besar freelancer di sini berhubungan dengan produk digital, dimulai dari content writer, web developer, sampai dengan apps developer. Namun akhir-akhir ini, pilihan freelancer-nya makin banyak, termasuk entry data, tax consultant, sampai merapikan laporan keuangan.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

RC
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini