PSSI Kebut Proses Naturalisasi Nathan Tjoe-A-On

PSSI Kebut Proses Naturalisasi Nathan Tjoe-A-On
info gambar utama

Nathan Tjoe-A-On, pemain sepak bola asal Belanda, telah menjadi topik utama dalam diskusi mengenai proses naturalisasi Timnas Indonesia.

Kepastian ini setelah dirinya melakukan pengambilan sumpah dan janji pewarganegaraan di Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I Khusus TPI Soekarno Hatta, Senin (11/3) dini hari.

Pembukaan sumpah WNI tengah malam diperlukan karena Nathan Tjoe-A-On sebelumnya tidak dapat hadir untuk mengambil sumpah pada Desember 2023 karena tidak diizinkan klubnya, Swansea City.

Namun, kini pemain kelahiran Belanda itu telah mendapat status pinjaman dari Swansea City, yang akan memperkuat SC Heerenveen

Dikutip dari laman resmi PSSI, Setelah Nathan Tjoe-A-On mendapatkan kewarganegaraan Indonesia, pemain yang saat ini bergabung dengan klub SC Heerenveen memiliki kesempatan besar untuk membuat debutnya bersama timnas Indonesia dalam pertandingan melawan Vietnam pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 fase kedua.

Langkah Indonesia Menuju Piala Dunia 2026 Berlanjut: Brunei Terlewati, 3 Tim Lain Menanti

Tak hanya Nathan Tjoe-A-On, saat ini terdapat tiga pemain keturunan lain yang sedang menanti proses naturalisasi mereka menjadi Warga Negara Indonesia.

Tiga pemain tersebut meliputi Ragnar Anthonius Maria Oratmangoen, Thom Jan Marinus Haye, dan Maarten Vincent Paes.

Mohamad Kusnaeni, seorang pengamat sepak bola Indonesia yang kerap disapa Bung Kus, memberikan tanggapannya terhadap fenomena percepatan proses naturalisasi pemain untuk Timnas Indonesia yang dilakukan oleh PSSI.

Menurutnya, langkah ini mencerminkan keinginan PSSI untuk melihat Timnas Indonesia segera meraih hasil yang memuaskan dalam upaya mempertahankan semangat dan proses transformasi sepak bola Tanah Air.

Sebagai seorang komentator sepak bola, Bung Kus menyatakan bahwa tindakan yang diambil oleh PSSI saat ini dianggap tepat untuk proses naturalisasi yang sedang berlangsung dianggap proporsional.

Meskipun demikian, Bung Kus menyarankan bahwa langkah naturalisasi yang diambil oleh PSSI harus diikuti dengan serangkaian upaya transformasi yang sungguh-sungguh.

Sumber :

  • https://www.pssi.org/news/nathan-tjoe-a-on-resmi-jadi-wni
  • https://www.tvonenews.com/bola/timnas/193688-bung-kus-komentari-pssi-yang-kebut-naturalisasi-nathan-tjoe-a-on-thom-haye-dan-ragnar-oratmangoen-orang-indonesia-terbiasa-instan?page=2
  • https://bola.okezone.com/read/2024/03/12/51/2982265/sudah-ambil-sumpah-wni-erick-thohir-pastikan-nathan-tjoe-a-on-tinggal-urus-pindah-federasi-sebelum-bela-timnas-indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

RH
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini