Langkah Indonesia Menuju Piala Dunia 2026 Berlanjut: Brunei Terlewati, 3 Tim Lain Menanti

Langkah Indonesia Menuju Piala Dunia 2026 Berlanjut: Brunei Terlewati, 3 Tim Lain Menanti
info gambar utama

Timnas Indonesia masih bertahan dalam perebutan tiket menuju Piala Dunia 2026. Di kualifikasi, Indonesia baru saja mengalahkan Brunei Darussalam.

Indonesia dan Brunei saling berhadapan pada putaran pertama kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Kedua tim bermain dua kali dengan format kandang-tandang.

Dalam pertandingan pertama, Indonesia terlebih dulu menjadi tuan rumah dengan menggelar pertandingan di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Kamis (12/10/2023). Pertandingan tersebut berakhir dengan kemenangan telak 6-0 bagi Indonesia. Rentetan gol anak-anak asuh pelatih Shin Tae-Yong disumbangkan oleh Dimas Drajad (7', 72', 90'), Rizky Ridho (12'), dan Ramadhan Sananta (63', 66'),

Dalam pertandingan kedua yang digelar di Stadion Nasional Hassanal Bolkiah, Bandar Sri Begawan, Selasa (17/10/2023), Indonesia juga menang 6-0. Keenam gol Pasukan Garuda kali ini dicetak oleh Hokky Caraka (6', 44'), Egy Maulana Vikri (42'), Witan Sulaeman (47'), Rizky Ridho (63'), dan Ramadhan Sananta (82').

Kendati berhasil mencatatkam kemenangan fantastis atas Brunei. Indonesia masih punya perjalanan panjang menuju Piala Dunia 2026. Apalagi, lawan-lawan yang akan dihadapi di putaran berikutnya jelas lebih berat.

Nathan Tjoe-A-On, Calon Pemain Timnas Indonesia yang Merumput di Liga Inggris

Tiga Tim Menanti

Sejak awal, tim pemenang laga Indonesia kontra Brunei sudah diplot untuk masuk ke Grup F di putaran kedua kualifikasi. Ada tiga tim yang telah menunggu di sana, yakni Irak, Vietnam, dan Filipina.

Ketiga tim di Grup F tentu tidak bisa diremehkan. Irak adalah salah satu tim raksasa di kancah Asia. Sementara itu, Vietnam merupakan rival berat Indonesia di Asia Tenggara. Sedangkan Filipina punya potensi untuk membuat kejutan dan jadi kuda hitam.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menilai seluruh lawan di Grup F adalah tim tangguh. Meski demikian, ia menegaskan Indonesia tetap optimistis bisa lolos ke putaran ketiga.

"Kami respek dengan lawan yang sudah menanti di Grup F. Namun Indonesia dalam kondisi siap tempur melawan Irak, Vietnam, dan Filipina demi tiket ke putaran final kualifikasi," kata Erick.

Untuk lolos dari putaran kedua dan melaju ke putaran ketiga, Indonesia harus bisa finis di posisi dua teratas. Pertandingan perdana Grup F akan dihelat pada 16 November mendatang.

Piala Dunia 2026 sendiri bakal digelar di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko dengan diikuti 48 tim. Zona Asia diberi kuota sebanyak sembilan tim untuk ikut serta.

Razzaa Fachrezi, Pesepak Bola Muda Indonesia yang Main di Spanyol bersama Rayo Vallecano



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini