Sumut Bakal Punya Stadion Utama Senilai Rp587 Miliar

Sumut Bakal Punya Stadion Utama Senilai Rp587 Miliar
info gambar utama

Kementerian PUPR RI melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sumatra Utara (Sumut) Direktorat Jenderal Cipta Karya tengah membangun Stadion Utama Sumatra Utara di Deli Serdang. Pengerjaan proyek ini sudah dimulai sejak September 2023 dan menelan anggaran sebesar Rp587 Miliar.

“Stadion Utama Sumatra Utara ini dibangun untuk menyediakan sarana dan prasarana olahraga yang baik mendukung suksesnya penyelenggaraan PON XXI Tahun 2024 di Sumut dan Aceh,” tutur Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulis, Sabtu (16/3/2024).

Stadion Utama Sumatra Utara terletak di Desa Sena, Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang. Pembangunannya digarap oleh perusahaan kerja sama operasional (KSO) antara PT Adhi Karya, PT PP, dan PT Penta, selaku kontraktor pelaksana, lalu PT Jaya CM dan PT Ciriajasa KSO sebagai manajemen konstruksi.

Kucurkan Rp275 Miliar, PUPR Bangun Ulang Stadion Teladan di Medan

“Saat ini progres pembangunannya sudah mencapai 31,63 persen dan ditargetkan selesai pada September 2024 agar dapat digunakan untuk PON XXI mendatang,” jelas Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sumut, Deva Kurniawan Rahmadi.

Deva menerangkan bahwa, Stadion Utama Sumatra Utara dibangun di atas lahan seluas 48.420 meter persegi dengan luas bangunan 27.452 meter persegi. Stadion ini akan terdiri dari 3 lantai. Khusus lantai tribun, total kapasitasnya mencapai 25.750 penonton.

”Untuk penonton VIP 365 unit, media 224 unit, reguler 25.115 unit, dan difabel 46 unit,” tambahnya.

Para kontraktor saat ini terus menggarap pekerjaan yang terdiri dari: persiapan, sistem manajemen keselamatan ketenagalistrikan atau K2, gedung stadion, individual seat, papan nama, pengadaan turnstile, dan field of play (FOP). Kemudian, infrastruktur, pekerjaan luar, pagar keliling site, utilitas luar, gardu PLN, penyambungan PLN, serta penyambungan air dan telepon.

“Sampai saat ini telah dilakukan pekerjaan bore pile, struktur bawah (pilecap dan tiebeam), struktur bawah kolom lantai 1, FOP, dinding penahan tanah dan saluran, serta fabrikasi precast,” tutup Deva.

Stadion Patriot Candrabhaga dari Rawa-Rawa Jadi Tempat Olahraga Kelas Dunia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini