Potensi Wisata Religi dari Pelaksanaan Iktikaf di Masjid Istiqlal

Potensi Wisata Religi dari Pelaksanaan Iktikaf di Masjid Istiqlal
info gambar utama

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyebut kegiatan berdiam diri di masjid saat 10 hingga 20 hari terakhir bulan Ramadan atau Iktikaf, dapat dikembangkan menjadi wisata religi.

Dalam acara “The Weekly Brief with Sandi Uno” pada Senin (18/3), Menteri Sandiaga mencontohkan Masjid Istiqlal yang menghadirkan pelayanan VVIP Iktikaf, sebagai salah satu peluang dalam mengembangkan wisata religi di Jakarta saat Ramadan.

Menurutnya, Masjid Istiqlal merupakan salah satu lokasi Iktikaf yang banyak diminati oleh umat Islam di Jakarta dan sekitarnya. Terlebih dengan adanya pelayanan VVIP, ibadah Iktikaf diharapkan dapat terlaksana dengan khusyuk.

“Pelayanan VVIP I’tikaf ingin kita luncurkan dan amplifikasi supaya masyarakat juga mengenal bahwa di malam-malam akhir Ramadan ini ada paket yang disediakan oleh Badan pengelola Masjid Istiqlal (BPMI) bersama beberapa hotel,” kata Menteri Sandiaga.

Fasilitas Iktikaf VVIP

Melalui layanan VVIP tersebut, jemaah yang beriktikaf di Masjid Istiqlal akan memperoleh akomodasi, konsumsi untuk sahur dan berbuka puasa, serta berbagai kegiatan dan kajian selama I’tikaf.

Kepala Bidang Peribadatan Masjid Istiqlal sekaligus Plt Ketua Harian BPMI, KH. Buchari Sail Attahiri mengungkapkan bahwa pelayanan VVIP I’tikaf Mumayyaz telah hadir sejak tahun 2020, dan sangat diminati oleh masyarakat.

“Kemarin kita buka sampai 400 orang dan peminatnya itu ribuan. Kami sediakan ruangan khusus bagi laki-laki dan perempuan serta berbagai layanan sehingga mereka bisa beristirahat dan menyimpan barang-barangnya,” ujarnya.

Baca juga Ramadan Tiba, Jangan Lupa Ikut Buka Puasa Bersama di Masjid Istiqlal

Wisata Halal di Istiqlal

Istiqlal disebut akan terus membangun sinergi dengan berbagai pihak, utamanya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk pengembangan Wisata Halal di Istiqlal.

Saat ini, berbagai kegiatan baik pertunjukan dan pameran maupun talkshow sering diadakan pihak Masjid Istiqlal sebagai bagian dari layanan kepada jemaah.

Selain itu, sinergi dengan industri melalui pengembangan usaha untuk UMKM, halal center, dan halal hub diharapkan dapat memberi dapat memberikan dampak positif untuk jemaah yang ingin saling berinteraksi bisnis dan kegiatan filantropis.

Baca juga Intip Fasilitas Iktikaf VVIP di Masjid Istiqlal, Tertarik Mencoba?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini