Intip Fasilitas Iktikaf VVIP di Masjid Istiqlal, Tertarik Mencoba?

Intip Fasilitas Iktikaf VVIP di Masjid Istiqlal, Tertarik Mencoba?
info gambar utama

Masjid Istiqlal kembali menghadirkan program Iktikaf VVIP atau Iktikaf Terpadu bagi umat Islam di Indonesia, khususnya masyarakat di kawasan Jakarta. Iktikaf ini juga disebut sebagai qiyamul lail. Iktikaf VVIP nantinya akan mulai dilaksanakan 10 hari terakhir bulan Ramadan atau menjelang Idulfitri.

Masjid Istiqlal memang buka selama 24 jam mulai tanggal 20 Ramadan. Masjid tersebut terbuka untuk umum, terutama bagi masyarakat dari seluruh penjuru dunia yang ingin beriktikaf dan qiyamul lail. Akan tetapi, Masjid Istiqlal mengadakan program iktikaf VVIP yang menawarkan berbagai fasilitas berbeda.

Masyarakat yang terdaftar dalam program Iktikaf VVIP nantinya akan mendapatnya fasilitas berupa makan sahur, makan buka, tempat beristirahat, tadarus Al-Qur’an, hingga beragam agenda rohani. Iktikaf VVIP telah diadakan sejak 2020 lalu dan berhasil menarik ratusan masyarakat.

"Dulu-dulu tidak kita organisir, makanya kita bikin iktikaf VIP supaya terkelola dengan baik," terang Kepala Bidang Peribadatan Masjid Istiqlal, KH. Buchari Sail Attahiry, Senin (18/3/2024).

Selain fasilitas tersebut, iktikaf ini juga akan disediakan ruangan khusus untuk laki-laki maupun perempuan yang dapat digunakan sebagai tempat istirahat.

“Di situ mereka bisa naroh barang, bisa untuk tidur juga istirahat, dan aman karena kita ada security-nya,” imbuhnya.

Melihat Bedug Raksasa di Masjid Istiqlal dan Kisahnya

Syarat Peserta Iktikaf VVIP atau Iktikaf Terpadu

Untuk dapat mendaftar sebagai peserta Iktikaf VVIP, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Syarat-syarat tersebut di antaranya:

  1. Sehat jasmani dan rohani;
  2. Usia baligh (12 tahun) sampai dengan 65 tahun. Bila lebih dari 65 tahun, maka wajib membuktikan kesehatan fisiknya dengan cek kesehatan di klinik Istiqlal saat pendaftaran ulang;
  3. Wajib menetap selama 10 hari terakhir Ramadhan (tidak pulang pergi)
  4. Mengisi formulir pendaftaran;
  5. Sanggup untuk memenuhi aturan dan tata tertib yang di terapkan saat iktikaf
  6. Turut serta menjaga Kebersihan, Keamanan dan Kenyamanan beribadah di

Pendaftaran peserta Iktikaf VVIP atau Iktikaf Terpadu akan dibuka pada tanggal 11 Ramadhan atau 22 Maret 2024. Total kuota Iktikaf VVIP sekitar 500 pendaftar laki dan perempuan. Jumlah tersebut mengalami kenaikan kuota dibandingkan tahun 2023 yang hanya menerima 400 orang.

Ramadan Tiba, Jangan Lupa Ikut Buka Puasa Bersama di Masjid Istiqlal

Rangkaian Kegiatan Qiyamullail di Istiqlal

Pelaksanaan qiyamul lail di Masjid Istiqlal dimulai pukul 00.30 - 03.00 WIB dengan diisi berbagai kegiatan, di antaranya:

1. Pembacaan Al-Qur’an,
2. Tausiah Imam Besar Masjid Istiqlal,
3. Shalat tasbih (4 rakaat dengan 2x salam dengan 300 tasbih),
4. Shalat tahajjud (8 rakaat dengan 4x salam),
5. Shalat witir (3 rakaat dengan 2x salam),
6. Do’a dan muhasabah.

Milad Masjid Istiqlal ke-46, Menuju Pelayanan dan Pemberdayaan Umat yang Lebih Maksimal

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Aslamatur Rizqiyah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Aslamatur Rizqiyah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini