Batam Wonderfood and Art Ramadan Resmi Tutup, Perputaran Uang Capai 2,8 Miliar

Batam Wonderfood and Art Ramadan Resmi Tutup, Perputaran Uang Capai 2,8 Miliar
info gambar utama

Acara Batam Wonderfood dan Art Ramadan 2024 resmi ditutup, Sabtu (30/3/2024) setelah beroperasi selama 22 hari. Acara tersebut ditutup secara resmi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno.

Acara tahunan yang digelar hanya pada bulan Ramadan ini berhasil diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Batam dan berlokasi di Taman Dang Anom, Batam. Event ini bukan hanya berdampak pada masyarakat Batam, melainkan juga turut berdampak pada sektor ekonomi skala nasional.

Bahkan, Batam Wonderfood dan Art Ramadan dinobatkan menjadi bagian dari Karisma Event Nusantara (KEN) Kemenparekraf 2024.

“Batam Wonderfood & Art Ramadhan tahun ini mendapat dukungan dari Kemenpar RI karena event ini sebagai salah satu event unggulan yang terpilih masuk dalam 110 Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024,” jelas Ardiwinata, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam.

Lepat Gayo, Makanan Khas untuk Menyambut Ramadan dan Hari Besar Keagamaan

Perputaran Uang Mencapai 2,8 Miliar

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam mengungkapkan, selama 22 hari penyelenggaraan Batam Wonderfood dan Art Ramadan 2024, setidaknya 32 ribu pengunjung telah hadir ke acara tersebut. Bahkan, perputaran uang di Batam Wonderfood dan Art Ramadan 2024 ditaksir mencapai Rp2,8 miliar.

Tidak hanya masyarakat lokal, para wisatawan mancanegara juga turut meramaikan pasar ramadan ini.

"Alhamdulillah, selama pelaksanaan Batam Wonderfood & Art Ramadhan banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung sehingga terkadi perputaran uang dalam bazar jajanan," ujarnya

Menparekraf mengapresiasi kehadiran Batam Wonderfood dan Art Ramadan 2024 yang secara langsung berdampak pada sektor ekonomi masyarakat. Oleh karena itu, Sandiaga terus mendukung dan mendorong berbagai acara yang digelar di Batam untuk menarik pada wisatawan.

Apalagi, dengan hadirnya acara seperti Batam Wonderfood dan Art Ramadan 2024 juga berpotensi untuk mendongkrak eksistensi UMKM masyarakat sekitar.

"Saya mendorong lebih banyak lagi event yang dihadirkan di Kepulauan Riau," ujar Sandiaga.

Berburu Mie Glosor, Kuliner Khas Bogor yang Hanya Muncul ketika Ramadan

Berbagai Acara di Batam Wonderfood dan Art Ramadan

Sebagai informasi, Batam Wonderfood dan Art Ramadan tahun ini merupakan penyelenggaraan yang kelima kalinya. Acara tersebut menjadi daya tarik bagi para turis, utamanya yang berasal dari Korea Selatan, Turki, Thailand, Malaysia, Singapura, dan berbagai negara lainnya.

Batam Wonderfood and Art Ramadhan #05 ini juga sekaligus menjadi strategi program Visit Batam Indonesia 2024 (VBI 2024) agar dapat mencapai target jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Batam sebanyak 2 juta kunjungan pada tahun 2024 ini.

Untuk memfasilitasi tingginya minat masyarakat terhadap Batam Wonderfood dan Art Ramadan, pemkot Batam menyelenggarakan acara tersebut di tiga tempat.

“Untuk tahun ini, digelar di 3 titik. Lokasi utama yakni di Taman Dang Anom, Pollux Habibie, dan Pelataran Pacific Palace Hotel,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata.

Tidak hanya menyediakan berbagai takjil dan menu berbuka puasa, Batam Wonderfood dan Art Ramadan tahun ini juga dikemas dengan menghadirkan berbagai acara menarik lainnya, di antaranya ialah Khataman Al Qur’an, Mendongeng, Traktir Sahabat Yatim, Membatik, hingga PKK Got Talent.

Berburu Takjil? Ini Daftar Kampung Ramadan di Berbagai Wilayah Indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Aslamatur Rizqiyah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Aslamatur Rizqiyah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini