Berburu Takjil? Ini Daftar Kampung Ramadan di Berbagai Wilayah Indonesia

Berburu Takjil? Ini Daftar Kampung Ramadan di Berbagai Wilayah Indonesia
info gambar utama

Usai Dandangan, sebuah tradisi menyambut bulan Ramadan di Kudus yang menghadirkan 680 penjual UMKM, kini Pasar Ramadan hadir di berbagai kota. Pasar Ramadan turut meramaikan bulan suci Ramadan dengan menghadirkan berbagai makanan serta produk UMKM yang dapat dijadikan sebagai menu buka puasa.

Lantas, di mana saja Pasar Ramadan hadir?

Keseruan Tradisi Bajong Banyu, Perang Air Jelang Ramadan untuk Merawat Lingkungan

Kampung Ramadhan Jogokariyan Yogyakarta, Hadir Sejak 20 Tahun Lalu

Kampung Ramadhan Jogokariyan (KRJ) menjadi destinasi yang ditunggu masyarakat. Sesuai namanya, Kampung Ramadhan terletak di Kampung Jogokariyan, Kelurahan Mantrijeron, Kecamatan Mantrijeron, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Di Kampung Ramadhan Jogokariyan, ratusan pedagang menjajakan dagangannya di sepanjang jalan Jogokariyan, tepatnya sekitar Masjid Jogokariyan. Ada sekitar 350 pedagang yang sebagian besar merupakan pedagang lokal kampung Jogokariyan untuk menjajakan makanan hingga menawarkan produk UMKM.

“Alhamdulillah untuk pasar sore kampung Ramadhan ini diikuti 324 pedagang, terdiri dari 192 pedagang asli Jogokariyan dan 132 pedagang dari luar Jogokariyan," ujar Rizqi Rahim selaku Ketua Takmir Masjid Jogokariyan, di Masjid Jogokariyan, Senin (11/3/2024).

Kampung Ramadhan di Jogokariyan Yogyakarta © Disway Jogja
info gambar

Tidak hanya itu, kampung ini juga kerap membagikan takjil gratis bagi masyarakat sekitar. Setidaknya, ada 3.500 porsi makanan berbuka yang dibagikan secara gratis setiap harinya dengan menu yang berbeda-beda. Makanan tersebut dimasak oleh ibu-ibu dari dasawisma kampung Jogokariyan.

Tahun ini, Kampung Ramadhan Jogokariyan merupakan gelaran yang ke-20. Kampung Ramadhan Jogokariyan ini digelar selama bulan Ramadhan. Tidak hanya sebagai tempat berburu takjil, banyak pula masyarakat yang memilih untuk berbuka puasa di kampung tersebut.

"Sepertinya yang datang ke sini bisa sampai 8 ribu orang. Tapi yang berhenti untuk buka puasa lebih dari 3 ribu," jelas Rizqi Rahim selaku Ketua Takmir Masjid Jogokariyan, di Masjid Jogokariyan, Selasa (12/3/2024), dikutip dari detik.com.

Tradisi Misalin di Ciamis, Ketika Anak-anak Keramasan Jelang Bulan Ramadan

Pasar Ramadan Kota Palu, Batagor Ikan jadi Primadona

Di Palu, Pasar Ramadan dikonsep untuk menjual berbagai makanan dan bahan pokok dengan harga murah. Pasar Ramadan di Palu terletak di Lapangan Basket Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Jalan Balai Kota Utara, Kelurahan Tanamodindi, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu.

Pasar Ramadan Palu yang diikuti oleh 128 pedagang ini menjadi agenda rutin Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Palu, tepatnya di bawah pengelolaan Pusat Pengelolaan Keluarga (Puspaga).

Tujuan utamanya ialah untuk turut meningkatkan peran serta kaum perempuan di bidang ekonomi sehingga kaum perempuan bisa mandiri dan mampu membantu menopang ekonomi keluarga, hingga meningkatkan ekonomi keluarga.

Pasar Ramadan Kota Palu © Antara
info gambar

Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Kota Palu telah melakukan uji sampel terhadap makanan di Pasar Ramadan Palu, terutama makanan atau minuman yang berwarna mencolok. Hasilnya, dari 28 sampel yang dilakukan pengujian, BPOM Palu tidak menemukan satu pun bahan kimia berbahaya yang digunakan pedagang. Artinya, takjil di Pasar Ramadan Kota Palu sejauh ini aman dikonsumsi.

Pasar Ramadan Palu hadir mulai 14 Maret hingga 7 April 2024 mendatang. Bagi Kawan GNFI yang membutuhkan rekomendasi makanan di Pasar Ramadan Palu, Kawan perlu mencoba batagor ikan. Dilansir dari Tribun Palu, batagor ikan menjadi menu makanan favorit masyarakat untuk berbuka puasa. Bahkan, antrean di stand batagor ikan lebih mengular di antara penjual lainnya.

Makna Filosofis Air dalam Tradisi Bajong Banyu di Magelang Menjelang Ramadan

120 Pedagang Hadir di Kampung Ramadan Rembang

Kampung Ramadan Rembang baru saja dibuka pada Rabu (14/3/2024). Kampung ini menyediakan berbagai pilihan menu makanan dan minuman siap santap untuk menemani waktu berbuka puasa.

Kampung Ramadan ini menjadi agenda rutin Pemerintah Kabupaten Rembang tiap tahunnya. Tempat pelaksanaannya pun berbeda-beda, mulai dari Jalan Dokter Wahidin, Jalan HOS Cokroaminoto, hingga belakang rumah dinas Bupati. Tahun ini, Kampung Ramadan di Rembang berlokasi di Jalan Dokter Wahidin mengingat jalan tersebut menjadi tempat yang ramai dikunjungi oleh warga.

Kampung Ramadan Rembang © Katakutip
info gambar

Tidak hanya makanan siap santap, Kampung Ramadan Rembang juga mengombinasikan dengan operasi pasar sekaligus menjual komoditas bahan pokok, seperti beras, daging ayam, telur, cabai, bawang merah dan bawang putih. Menariknya, para pedagang tidak dikenakan biaya sewa lapak di Pasar Ramadan Rembang.

“Pedagang yang ikut juga tidak dikenakan sewa lapak,” jelas Mahfudz, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi Dan UKM Kabupaten Rembang, dikutip dari R2brembang.

Kampung Ramadan Rembang akan digelar hingga 6 April mendatang. Bagi Kawan GNFI yang ingin mengunjungi Kampung Ramadan Rembang, Kawan dapat datang di antara pukul 15.00 – 18.00 WIB.

"Buka mulai pukul 15.00 tepat para pegawai pulang kerja bisa mampir sampai 18.00 WIB tutupnya, " terang Wakil Bupati (Wabup) Rembang, Mochamad Hanies Cholil Barro’, sebagaimana dikutip dari seputarmuria.com.

Gebyur Bustaman: Tradisi Perang Air Menjelang Ramadan di Semarang

Kampung Ramadan dan Solo Light Festival, dan Pasar Ramadan Lainnya

Solo Light Festival © Solo Pos
info gambar

Sementara itu, Kampung Ramadan di Solo dikemas dengan konsep berbeda. Kali ini, Kampung Ramadan di Solo, tepatnya di kawasan Gladag, Balaikota hingga Pasar Gede dikombinasikan dengan Solo Light Festival. Kedua acara tersebut telah dibuka sejak Senin malam (11/3).

Beragam lampion dan miniatur masjid tampak mewarnai kawasan di depan Balaikota Solo tersebut. Tidak hanya menjajakan berbagai makanan untuk buka puasa, Kampung Ramadan nantinya juga diisi dengan Pentas Seni Islami yang berlangsung setiap Jumat – Sabtu pukul 20.00-22.00 WIB.

Kampung Ramadan Solo nantinya akan berlangsung hingga 20 April 2024 mendatang.

Selain Kampung Ramadan, di berbagai kawasan di Solo juga memiliki Pasar atau Kampung Ramadan. Beberapa wilayah di Solo yang menghadirkan Pasar Ramadan ialah Kampung Ramadan Laweyan, Kampung Ramadan Semanggi, dan Pasar Ramadan di Stadion Manahan.

Tradisi Dhandhangan Kudus Dibuka, Ditargetkan jadi Destinasi Wisata Halal

Dikutip dari berbagai sumber.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Aslamatur Rizqiyah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Aslamatur Rizqiyah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini