Tradisi Dhandhangan Kudus Dibuka, Ditargetkan jadi Destinasi Wisata Halal

Tradisi Dhandhangan Kudus Dibuka, Ditargetkan jadi Destinasi Wisata Halal
info gambar utama

Tradisi Dhandhangan di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah resmi dibuka. Tradisi Dhandhangan merupakan tradisi yang digelar menjelang bulan Ramadan. Biasanya Dhandhangan digelar 10 hari sebelum bulan Ramadan dan diramaikan dengan ratusan pedagang.

Tahun ini, Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus mencatat, setidaknya akan ada 700 pedagang yang turut meramaikan Dhandhangan Kudus. Para pedagang tersebut menempati tenant yang membentang di Jalan Sunan Kudus sepanjang 1,2 kilometer dan beberapa titik yang telah ditentukan.

”Untuk yang di tenda, mayoritas ini pedagang Kudus, kami mencatat ada sebanyak 275 pedagang lokal dan 105 pedagang luar Kudus, kalau lesehan jelas banyak yang dari Kudus,” ujar Plt Kepala Dinas Perdagangan Andi Imam Santosa.

Dhandhangan mulai dibuka pada Jumat, 1 Maret 2024. Pembukaan tradisi Dhandhangan ditandai dengan tabuhan rebana dari Abah Kirun, Habib Husein Ja'far Al Hadar dan Pj Bupati Kudus di Alun-alun Kudus Kulon.

Tradisi Dhandhangan kali ini juga akan dimeriahkan dengan berbagai acara, seperti talkshow kebudayaan hingga pertunjukan tarian tradisional.

Dhandhangan, Tradisi Gelar Pasar Malam Sebelum Ramadan

Target Perputaran Uang Capai 15,5 Miliar

Transaksi di Dhandhangan Kudus selama 10 hari nanti ditaksir tembus hingga 15,5 miliar. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Perdagangan Andi Imam Santosa. Angka tersebut mengalami kenaikan dibandingkan prakiraan 2023 lalu yang mencapai 14,7 miliar.

Ia menjabarkan bahwa kenaikan estimasi perputaran uang di Dhandhangan disebabkan oleh jumlah pengunjung yang juga diprediksi mengalami kenaikan.

”Bukan tanpa alasan karena memang kami mencoba melakukan penghitungan di sana, ada dua akhir pekan dan satu libur nasional, di situlah kemungkinan pengunjung akan naik,” urainya.

Kenaikan jumlah pengunjung di Dhandhangan diprakirakan mencapai 10 ribu pengunjung, dari 60 ribu orang selama 10 hari di tahun 2023, menjadi 70 ribu orang selama pelaksanaan Dhandhangan 2024.

2 Tahun Hilang, Ini Tradisi Dandangan Khas Kota Kudus Sambut Ramadan

PJ Bupati Kudus Targetkan Dhandhangan jadi Wisata Halal

Pejabat Bupati Kudus, HM Hasan Chabibie mengatakan akan membawa tradisi Dhandhangan ke level nasional, bahkan hingga ke skala internasional. Menurutnya, tradisi Dhandhangan Kudus seharusnya dapat menjadi destinasi wisata halal di Indonesia.

”Saya iri dengan Malaysia, Indonesia itu lebih banyak sisi Islamnya, namun mereka menyandang gelar Wisata Halal, nah inilah yang akan kami mulai di Kudus, semoga bisa menjadi pelopor wisata halal di Indonesia,” jelasnya saat membuka Dandangan, Jumat (1/3/2024) dikutip dari Murianews.

Apalagi, Penyair Sosiawan Budi Sulistyo atau yang biasa dikenal sebagai Sosiawan Leak mengungkapkan bahwa tradisi Dhandhangan telah berusia lebih tua dari Keraton Solo.

”Dhandhangan dulunya sebagai bentuk silaturahmi. Zaman dulu Sunan Kudus sering ditemui tamu seperti Sultan Hadlirin, Arya Panangsang, dan tokoh lainnya,” jelasnya.

Untuk itu, saat ini PJ Bupati Kudus mendatangkan berbagai tokoh nasional untuk turut meramaikan Dhandhangan.

”Karena kami ingin membawa tradisi ini ke kancah nasional, maka pengisi acaranya juga harus berskala nasional,” kata PJ Hasan.

Tradisi Megengan yang Biasa Dilakukan Sebelum Ramadan

Jadwal Acara Dhandhangan Kudus

Berikut jadwal acara yang akan digelar di Dhandhangan Kudus

  • 1 Maret 2024 Pembukaan sekaligus Recharge bersama Habib Husein bin Ja'far Al Hadar
  • 2 Maret 2024 Diskusi Budaya bersama Sosiawan Leak dan Candra Malik
  • 2 - 8 Maret 2024 Gelaran Pentas Budaya Lokal pukul 16.00 - 22.00 WIB
  • 9 Maret 2024 Kudus Bersholawat bersama Habib Ali Zainal Abidin Assegaf dan Rebana Azzahir pukul 19.30 WIB
  • 11 Maret 2024 Puncak Acara Visualisasi Tradisi Dhandhangan pukul 16.00 WIB.
7 Tradisi Menyambut Ramadan dari Berbagai Daerah di Indonesia

Referensi:

  • https://berita.murianews.com/anggara-jiwandhana/410049/tradisi-dandangan-kudus-2024-resmi-dibuka
  • https://berita.murianews.com/vega-maarijil-ula/410103/sosiawan-leak-dandangan-kudus-lebih-tua-dari-keraton-solo
  • https://berita.murianews.com/anggara-jiwandhana/409928/700-an-pedagang-bakal-meriahkan-tradisi-dandangan-kudus-2024
  • https://berita.murianews.com/anggara-jiwandhana/409931/perputaran-uang-di-dandangan-ditaksir-bakal-mencapai-rp-15-5-m

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Aslamatur Rizqiyah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Aslamatur Rizqiyah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini