Pantai Bama di Banyuwangi, Surga yang Tersembunyi dalam Taman Nasional Baluran

Pantai Bama di Banyuwangi, Surga yang Tersembunyi dalam Taman Nasional Baluran
info gambar utama

Banyuwangi, Jawa Timur menyimpan beragam destinasi wisata yang menakjubkan, salah satu tempat yang patut dikunjungi adalah Pantai Bama. Pantai yang terletak di dalam kawasan Taman Nasional Baluran menawarkan kesegaran di ujung savana.

Dimuat dari Kompas, pantai ini menawarkan pemandangan air laut biru yang tenang, pasir putih yang lembut, dan beberapa ekor panjang bisa ditemui di sekitar pantai. Pantai Bama juga dikelilingi oleh tanaman mangrove.

Rekomendasi Pantai di Serdang Bedagai, Ada yang Lokasinya Saling Berdekatan!

Agar bisa mencapai Pantai Bama, para pengunjung harus melewati kawasan konservasi lindung Taman Nasional Baluran. Lokasinya yang unik membuat tempat ini jarang dikunjungi wisatawan, sehingga masih terjaga kebersihan dan keasriannya.

Taman Nasional Baluran bisa dicapai dalam waktu sekitar 1 jam 30 menit berkendara dari Banyuwangi. Bila datang dari arah Situbondo, Jawa Timur, maka harus menempuh jarak sekitar 74 kilometer dalam waktu 1,5 - 2 jam tergantung kondisi lalu lintas.

Habitat alami monyet

Ketika datang ke tempat wisata ini, jangan kaget sekawanan kera berekor panjang turut menyambut hal ini karena pantai ini merupakan habitat alami mereka. Kawanan kera ini sering berkelahi memperebutkan bawaan para pengunjung.

Tidak perlu khawatir, karena pasir putih yang menghampar luas nan indah akan mengalihkan perhatian. Para pengunjung dapat menikmati kegiatan seperti berenang dan snorkeling, berjemur di bawah sinar matahari, atau berjalan-jalan di sepanjang pantai.

Penyebab Kematian di Pantai Ternyata Bukan karena Ratu Kidul, Lalu Apa?

Karena kelestarian alamnya yang terjaga, biota laut di perairan sekitar pantai juga masih sangat kaya dan berbagai. Karena itu kegiatan yang wajib dilakukan adalah berenang atau juga snorkeling.

Di tepi pantai juga disediakan kapal penumpang yang dapat ditumpangi untuk bertolak ke lautan dan menikmati pemandangan ke arah pantai. Dari tengah laut, terlihat Gunung Baluran di kejauhan dan area hutan bakau.

Menikmati kuliner

Setelah kembali ke pantai, pengunjung dapat memilih untuk menikmati kudapan seperti pisang goreng sambil menyaksikan matahari terbenam, atau menjelajahi area hutan bakau di sekitar pantai.

Di ujung mangrove trail terdapat gazebo. Bayangkan wisatawan duduk di sini seraya bisa memandangi birunya lautan di bawah langit senja, dan dimanjakan oleh tiupan angin sore yang sepoi-sepoi.

Ketika akan menikmati matahari terbenam, pastikan untuk melapor ke petugas setempat terlebih dahulu. Hal ini karena kawasan Taman Nasional Baluran akan ditutup pada pukul 16.00 WIB.

Pantai Melasti Bali, Surga Biru di Tengah Bukit Kapur

Kawasan pantai juga memiliki fasilitas yang memadai untuk mendukung pengalaman wisata menyenangkan, seperti tempat parkir, toilet, kamar bilas, warung, dan penginapan. Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi Pantai Bama adalah musim kemarau.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini