Kerupuk Pasir Kediri, Oleh-Oleh Lebaran Rendah Kolesterol

Kerupuk Pasir Kediri, Oleh-Oleh Lebaran Rendah Kolesterol
info gambar utama

Lebaran Idulfitri sebentar lagi. Tradisi khas lebaran, salah satunya mudik ke kampung halaman. Kalau mudik, sudah pasti Kawan perlu membawa oleh-oleh lebaran bukan?

Banyak sekali macam oleh-oleh lebaran yang bisa Kawan GNFI bawa pulang, termasuk di antaranya kerupuk pasir Kediri. Kerupuk adalah camilan yang biasanya dijadikan pelengkap untuk makan. Olahan yang biasanya digoreng minyak ini, identik dengan suara krenyes saat dimakan.

Namun, berbeda dengan kerupuk pasir Kediri. Kerupuk ini digoreng dengan pasir. Kawan bisa membawanya sebagai oleh-oleh lebaran yang unik dan menggigit karena bisa dinikmati siapa saja.

Fakta Kandungan Kolesterol Kerupuk Pasir Kediri

Semakin hari, kiprah kerupuk pasir yang menyehatkan karena rendah kandungan kolesterol membuat banyak kalangan berbondong-bondong untuk membeli kerupuk pasir. Sebab, sudah bukan rahasia lagi jika kerupuk adalah makanan sejuta umat. Dimakan dalam segala kondisi dan waktu dan dinikmati bersama aneka macam menu. Pun, ada banyak pilihan kerupuk pasir di antaranya yang populer adalah Kerupuk Pasir Kediri.

Cang Kerupuk, 3 Filosofi Pempek Keriting Khas Palembang

Kediri, memang menjadi salah satu daerah sentra penghasil kerupuk pasir. Banyak produsen industri rumahan yang membuat kerupuk dan memasaknya dengan pasir. Biasanya, pasir yang digunakan adalah pasir pilihan yang steril berwarna hitam. Pilihan pasir menjadi hal yang utama karena jika pasirnya tidak bagus, maka saat menggoreng akan lengket dengan kerupuknya.

Kerupuk pasir biasanya aman dikonsumsi karena bahan pembuatan kerupuknya yang aman seperti tepung tapioka, bawang putih, dan garam. Kerupuk pasir juga rendah kandungan kolesterol karena digoreng menggunakan pasir yang dipanaskan. Keuntungan lainnya dari kerupuk goreng pasir ini adalah mudah didapatkan dan tidak mudah tengik.

Oleh-Oleh Lebaran Kerupuk Pasir Kediri

Kerupuk pasir Kediri atau kerupuk padang pasir atau kerupuk upil akan lazim ditemukan di Kediri. Saat silaturahmi lebaran pun kerupuk ini akan banyak ditemukan dari rumah ke rumah. Cita rasa yang gurih dan sedap dari kerupuk pasir Kediri ini dihasilkan dari perpaduan bumbu kerupuknya dan pasir sebagai media untuk menggorengnya.

Kerupuk pasir Kediri memiliki aneka macam rasa. Mulai dari rasa bawang, ubi, pedas manis, pedas, manis, dan seledri. Pemberian rasa ini dilakukan melalui dua cara yaitu kerupuk dibumbui sebelum digoreng dan kerupuk dibumbui setelah digoreng. Kemudian, untuk pengemasan biasanya dengan plastik ukuran setengah kilogram dengan panjang masing-masing, yaitu 30 cm—40 cm.

Kerupuk Sermier, Kudapan Ringan dari Singkong

Saran Penyajian Kerupuk Pasir Kediri

Tahukah Kawan GNFI, kalau makan kerupuk pasir akan lebih nikmat jika disajikan dengan sambal cocolan. Kawan tidak hanya akan merasakan nikmat gurih kerupuk pasir. Namun, juga perpaduan dua rasa dari kerupuk pasir dan sambal. Berikut beberapa saran penyajian kerupuk pasir Kediri dengan 3 macam sambal:

Kerupuk pasir disajikan dengan sambal pecel

Rasa akan semakin nikmat jika kerupuk pasir disajikan dengan sambal pecel. Pertama bisa disiapkan kerupuk pasir aneka rasa di dalam toples. Sediakan mangkuk untuk menyeduh sambal pecel. Lalu, seduh sambal pecel dengan air hangat secukupnya dan aduk merata. Kerupuk pasir bisa mulai kamu cocol dengan sambal pecel.

Cara kedua ini akan meningkatkan selera makanmu. Kawan bisa menyajikan kerupuk pasir di satu piring kemudian tambahkan sayur-sayuran yang sudah direbus seperti bayam, kangkung, kacang, dan taoge. Setelah itu, Kawan bisa menyiram sambal pecel diatas kerupuk dan sayur-sayuran. Dijamin rasanya nikmat dan memikat.

Kerupuk pasir disajikan dengan sambal telo

Sajian ini termasuk model jadul. Bernostalgia dengan masakan nusantara jaman dulu, menikmati sajian kerupuk pasir dengan sambal telo. Jika Kawan sudah menyiapkan kerupuk pasir, siapkan juga sambal telo yang sudah selesai dimasak.

Penyajiannya yang praktis karena hanya tinggal mengambil sambal telo dengan sendok kemudian Kawan bisa mulai menikmatinya dengan kerupuk pasir. Rasa gurih dan pedas manis dari sambal telo, lembut teksturnya sambal telo akan menggugah seleramu dalam menikmati kerupuk pasir.

Kerupuk pasir disajikan dengan sambal petis

Sambal petis menjadi salah satu andalan teman cocolan saat menikmati kerupuk pasir. Setelah semua masak dan siap, Kawan bisa menghidangkan setoples kerupuk pasir dengan semangkuk sambal petis.

Kawan bisa mulai mencocol kerupuk pasir sedikit demi sedikit dengan sambal petis. Cita rasa gurih dengan perpaduan pedas dari sambal petis akan membuat Kawan menghabiskan satu persediaan kerupuk pasir. Cocok sekali dimakan beramai-ramai maupun saat sendirian. hati-hati, Kawan bisa ketagihan, ya!

Mengenal Kerupuk Klejat, Kerupuk dari Kerang Laut Khas Bali

Itulah oleh-oleh lebaran Kerupuk Pasir Kediri yang bisa Kawan bawa pulang. Kerupuk Pasir Kediri memang tepat dibawa sebagai oleh-oleh lebaran. Bukan hanya karena makanan sejuta umat yang rendah kolesterol.

Namun, ketersediaannya dengan beraneka varian rasa sekaligus bisa dinikmati dengan beberapa cara penyajian, menjadikan kerupuk pasir Kediri sebagai oleh-oleh lebaran yang menjanjikan. Kawan GNFI, setuju bukan?

Sumber:

https://warisanbudaya.kemdikbud.go.id/?newdetail&detailCatat=6747

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

LA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini