Liburan ke Labuan Bajo, Berikut 4 Pulau Eksotis di Labuan Bajo!

Liburan ke Labuan Bajo, Berikut 4 Pulau Eksotis di Labuan Bajo!
info gambar utama

Siapa sih, yang tidak mengenal Labuan Bajo? Wisata hits, yang juga menjadi salah satu Destinasi Wisata Super Prioritas.

Nyatanya, Labuan Bajo adalah sebuah desa, yang terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Berbatasan langsung dengan Provinsi Nusa tenggara Barat, hanya dipisahkan oleh Selat Sape.

Desa ini merupakan pintu gerbang menuju Taman Nasional komodo yang telah mendunia, dan berbagai tempat surgawi dengan pesona alam yang begitu eksotis, membuat siapa pun yang berkunjung akan terpana dengan keelokan alamnya. Berikut 4 pulau di Labuan Bajo yang wajib Kawan singgahi ketika berlibur ke sini!

Pulau Koaba

Pulau Koaba merupakan salah satu destinasi wisata di Labuan Bajo dengan keindahan alam yang memukau, sehingga membuat siapa pun yang berkunjung akan takjub dan tersihir dengan pesona alamnya.

Pulau ini memiliki pantai dengan pasir yang berwarna putih, air laut yang jernih, dan kecantikan bawah lautnya yang menyimpan beragam kekayaan hayati. Terdapat pula tebing-tebing karang yang menjulang tinggi di sekitar pantai, dan menjadi tempat favorit untuk menikmati keindahan laut yang eksotis.

Selain itu, Pulau Koaba adalah rumah bagi ribuan kelelawar besar atau disebut kolong yang beraktivitas di malam hari, dan kalau siang mereka beristirahat dengan cara bertengger di pepohonan. Namun, bagi Kawan GNFI yang tertarik melihat hewan itu dapat mencobanya di sekitar pukul 6 petang.

Di sini, pengunjung dapat melakukan kegiatan seperti snorkeling atau diving, sehingga kalian bisa leluasa melihat kecantikan pulau ini dari bawah lautnya. Beberapa fasilitas untuk menyelam juga tersedia lengkap dan dapat disewa oleh pengunjung.

Pulau Komodo

Pulau Komodo @Dok. Wikimedia Commons/Yuliseperi2020
info gambar

Pulau Komodo terletak di Nusa Tenggara Timur, dikenal juga sebagai hunian asli hewan komodo, yang telah ditetapkan sebagai salah satu hewan yang dilindungi.

Pulau Komodo termasuk salah satu kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh Pemerintah Pusat dan juga diakui sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Di sini, Komodo dapat hidup dan berkembang biak dengan baik, serta mendapat perawatan yang bagus oleh pengelola.

Jika Kawan GNFI tertarik dan ingin melihat Komodo, silakan berkunjung ke Pulau Komodo, dan merasakan sensasi langsung melihat hewan purba yang nyaris langka.

Sosok di Balik Terpilihnya Pulau Komodo Sebagai Bagian dari 7 Keajaiban Dunia

Pulau Rinca

Pulau Rinca @ Dok. Wikimedia Commons/Pambudiyoga
info gambar

Pulau Rinca merupakan bagian dari Taman Nasional Komodo. Namun, area sabana di sini lebih luas jika dibandingkan dengan Pulau Komodo.

Di pulau ini, Kawan GNFI dapat melihat pemandangan yang indah dari atas bukit dengan jalur pendakian yang tidak cukup sulit, dan terdapat pantai dengan pasir putih dan lembut tekstur pasirnya.

Bagi Kawan GNFI yang ingin berlibur ke sini, diharapkan lebih berhati-hati, karena komodo di Pulau Rinca lebih aktif dan agresif disebabkan oleh faktor cuaca yang cenderung ekstrem.

Pulau Padar

Pulau Padar @ Dok. Wikimedia Commons/Yus Juliadi
info gambar

Pulau Padar juga masih menjadi kawasan Taman Nasional Komodo yang ikut ditetapkan sebagai situs warisan dunia. Meski begitu, wilayah ini tidak dihuni oleh komodo.

Namun, pengunjung dapat menikmati keindahan alamnya yang begitu indah dengan hamparan biru lautnya. Kawan GNFI juga bisa mendaki sebuah bukit yang ada di wilayah pulau ini melalui jalur tangga yang telah tersedia. Pemandangan dari atas bukit sangat cantik dan bisa menghipnotis siapa pun yang melihatnya karena keelokan alamnya begitu memukau.

Mengenal Keragaman Warga Labuan Bajo yang Jadi Magnet Wisatawan

Demikian, beberapa pulau yang bisa menjadi tempat liburan Kawan GNFI, jika sedang berada di Labuan Bajo. Apakah Kawan GNFI sudah menemukan pulau yang tepat yang akan menjadi destinasi liburan nanti?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

SH
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini