Keseruan Program Pengembangan Pemuda bersama AIESEC in Semarang

Keseruan Program Pengembangan Pemuda bersama AIESEC in Semarang
info gambar utama

AIESEC in Semarang baru saja menyelesaikan salah satu programnya, yakni AIESEC Future Leaders, dengan membawa tema “Explore the Unseen of Us”, kegiatan ini melibatkan hingga 200 lebih pemuda di Kota Semarang.

AIESEC Future Leaders merupakan program mentoring yang berlangsung selama 3 bulan dan terdiri dari beberapa sesi pengembangan skills. Para peserta juga akan mendapatkan sesi coaching untuk soft and hard skills yang disesuaikan dengan kebutuhan pemuda dan dibentuk dalam kurikulum AIESEC Future Leaders.

AIESEC Future Leaders yang dibawakan oleh AIESEC in Semarang Winter Peak 2023 memuat tema “Explore the Unseen of Us” yang mana AIESEC in Semarang ingin menjadi wadah untuk pemuda mengeksplorasi kemampuan diri melalui pengembangan soft skills dan hard skill-nya.

AIESEC in Semarang sadar akan tantangan yang dihadapi oleh pemuda saat ini. Terlebih dalam situasi yang tidak menentu, pemuda penerus bangsa diharapkan memiliki peran untuk memberikan dampak positif bagi dirinya sendiri maupun masyarakat. Oleh karena itu, AIESEC in Semarang menghadirkan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan pemuda saat ini, dengan harapan dapat memberikan bekal kepada pemuda untuk memberikan dampak pada masa depan.

Kegiatan pertama dari program AIESEC in Semarang ini diselenggarakan satu sesi acara offline sebagai kegiatan pembukaan (Induction) dengan tema “Our Story is About To Begin” yang dihadiri oleh Staff internal AFL, coach, dan hampir seluruh peserta.

AIESEC Future Leaders, Program AIESEC in UNILA untuk Seluruh Pemuda di Lampung

Sesi Induction ini bertujuan untuk memberikan pengenalan awal atau pemahaman kepada peserta tentang pentingnya pengembangan diri, membantu peserta untuk memahami konsep kegiatan AIESEC Future Leaders, dan memberikan pengetahuan tentang detail acara AIESEC Future Leaders yang akan mereka ikuti selama 3 bulan ke depan.

Dokumentasi kegiatan AIESEC Future Leaders Winter Peak by AIESEC in Semarang sesi Induction dengan tema “Our Story is About To Begin”
info gambar

Program AIESEC Future Leaders ini juga memiliki kegiatan yang berbeda-beda setiap minggunya. Setelah kegiatan pengenalan program atau sesi Induction kepada peserta, kegiatan minggu selanjutnya akan fokus pada kegiatan coaching session yang dilaksanakan secara luring dengan coach dan grup masing masing.

Kemudian, terdapat sesi Bi-Weekly yang berupa pelatihan soft skills dan hard skills dari speakers sekaligus berdiskusi secara langsung dengan coach untuk membantu mengembangkan potensi secara lebih spesifik setiap dua minggu sekali. Para peserta akan diberikan pelatihan dari berbagai sub-tema mengenai perkembangan diri dengan menghadirkan beberapa speaker yang mahir dalam bidangnya, salah satunya Tosina Sagala, People Development Associate at Mamikos.

Selain itu, terdapat sesi Networking Space dengan memberi kesempatan sharing session dengan pemuda di berbagai negara.

Kegiatan yang berbeda setiap minggunya memberikan kesan bagi para pesertanya, salah satunya yakni Maulana Putra Al Amin, seorang mahasiswa asal Universitas Diponegoro.

Program Kolaborasi Ibu Kota Nusantara dengan AIESEC Indonesia Guna Mencapai Green Economy

“AIESEC Future Leaders memberikan ruang untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan saya dan menjadikan saya lebih baik untuk proses pencapaian saya sekarang,” tutur Maulana dalam wawancaranya.

Selama keberjalanan program AIESEC Future Leader berhasil meningkatkan pemahaman pemuda tentang pentingnya pengembangan diri, memperluas jaringan secara nasional melalui sesi Networking Space, memberikan pengalaman praktikal kepada peserta melalui project yang berkaitan dengan program pengembangan berkelanjutan (SDG) dan terciptanya jiwa kepemimpinan, hal ini dapat dilihat dari skor tingkat kepuasan peserta yang mencapai 100%.

Tidak hanya itu, melalui program ini AIESEC in Semarang dapat memperluas kerjasama dengan pihak eksternal dengan melakukan kolaborasi sebagai mitra yang mendukung kegiatan ini, seperti menjadi pembicara pada setiap sesi, mendukung kegiatan dengan memberikan produk untuk dipromosikan kepada peserta, dan berkolaborasi untuk mencapai tujuan yang berkelanjutan kepada peserta dan mitra.

Dokumentasi kegiatan AIESEC Future Leaders Winter Peak by AIESEC in Semarang sesi Induction dengan tema “Leadership 101: Lead Your Team”
info gambar

Setelah diselenggarakan AIESEC Future Leaders Winter Peak 2023, diharapkan program ini dapat memberikan pengaruh yang berkelanjutan kepada para pemuda di Kota Semarang dan pengembangan yang di dapat selama program dapat diterapkan di kehidupan professional mereka.

Selain itu diharapkan juga melalui program ini AIESEC in Semarang dapat menjadi representatif pemuda Kota Semarang sehingga lebih dikenal dengan pihak luar seperti pemerintah dan mitra kerja sama lainnya.

Mengenai AIESEC in Semarang

AIESEC merupakan sebuah organisasi kepemudaan yang berfokus di bidang pengembangan kepemimpinan bagi anak muda. AIESEC telah berdiri sejak tahun 1948 dan tersebar di 128 negara. AIESEC merupakan sebuah organisasi kepemudaan yang berfokus di bidang pengembangan kepemimpinan bagi anak muda. AIESEC telah berdiri sejak tahun 1948 dan tersebar di 128 negara. AIESEC in Semarang sendiri telah berdiri sejak tahun 1991.

AIESEC FUTURE LEADERS Mengembangkan Kemampuan Digital Marketing Pemuda Sumatera Selatan

AIESEC Future Leaders adalah program inisiatif yang diselenggarakan dua kali dalam satu tahun merupakan program yang menawarkan pengembangan pemuda dalam program 3 bulan yang terdiri dari sesi untuk pengembangan keterampilan.

Program ini memberikan pemuda pengembangan untuk mengambil peran kepemimpinan lebih lanjut dan memperkenalkan peserta pada konsep pengembangan kepemimpinan bersama AIESEC.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AI
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini