Pasir Putih Situbondo dan Wisata Lain yang tak Boleh Dilewatkan!

Pasir Putih Situbondo dan Wisata Lain yang tak Boleh Dilewatkan!
info gambar utama

Kawan penasaran nggak sih, sama Situbondo? Apa saja yang bisa dinikmati di Situbondo, ya? Kawan wajib tahu nih, tempat wisata yang tak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Situbondo!

Pasir Putih Situbondo

Wisata Situbondo_ Dermaga Kayu Pantai Pasir Putih Situbondo Jawa Timur Indonesia
info gambar
Baca Juga: Ayo, Coba 10 Sensasi Wisata di Bandung yang Bikin Kamu Ketagihan

Pantai Pasir Putih di Situbondo, Jawa Timur, adalah resor pariwisata laut yang populer yang dikenal karena pasir putihnya yang berkilauan dan pantai yang indah dan cekung. Pantai ini terletak di pantai utara Jawa Timur dan berjarak sekitar 21 km dari pusat Situbondo.

Pantai ini merupakan tempat favorit untuk olahraga air, termasuk berenang, menyelam, dan selancar angin, dan sering menjadi tuan rumah kompetisi untuk kegiatan tersebut.

Selain olahraga air, Pantai Pasir Putih menawarkan berbagai atraksi seperti menyelam, dengan kehidupan bawah air yang indah seperti terumbu karang, kayak, berenang di air laut yang hangat, berlayar dengan perahu tradisional, dan menikmati matahari terbit dan matahari terbenam.

Pantai ini juga menjadi tuan rumah festival tradisional, seperti "Petik Laut" pada bulan Oktober, yang melibatkan pertunjukan musik tradisional dan upacara.

Baca Juga: Menjelajah Langit Nusantara dengan Kereta Gantung TMII

Puncak Rengganis di Gunung Argopuro

Wisata Situbondo_ Iyang-Argapura
info gambar

Merupakan salah satu puncak yang terkenal di Situbondo, Jawa Timur. Nama puncak ini diambil dari kisah sejarah tentang Dewi Rengganis, seorang putri cantik yang merupakan pewaris takhta Raja Brawijaya.

Meskipun diberi status sebagai pewaris tahta, sebuah mandat dikeluarkan untuk membangun istana di puncak Gunung Argopuro, yang kemudian dikenal dengan nama Puncak Rengganis.

Puncak ini dinamai sesuai dengan kisah Dewi Rengganis, yang dianggap sebagai penguasa Argopuro.

Sisa-sisa keratonnya yang megah sekarang menjadi salah satu dari tiga puncak tertinggi di gunung ini, menampilkan keindahan alam sambil mempertahankan jejak sejarah mistis.

Puncak Rengganis menawarkan keindahan alam yang menakjubkan dan menjadi daya tarik bagi pendaki dan penggemar petualangan.

Gunung Argopuro sendiri memiliki sejarah yang kaya sebagai bagian dari kerajaan yang telah lama berdiri, dan Puncak Rengganis menjadi saksi dari kisah tragis Dewi Rengganis yang telah tertanam dalam sejarah lokal.

Baca Juga: Bikin Bangga! Dancing Fountain Tirta Cerita TMII Masuk 5 Air Mancur Terbaik di Dunia

Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran, yang terletak di Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Indonesia, sering disebut sebagai "Afrika Van Java" atau "Little Africa In Java" karena pemandangannya yang mirip dengan Afrika, lengkap dengan savana yang luas dan satwa liar.

Taman ini resmi dibuka sebagai taman nasional pada 6 Maret 1980 oleh Menteri Pertanian Republik Indonesia.

Dengan luas 25.000 Ha, taman ini berlokasi dekat Gunung Baluran. Kawasan ini kaya dengan keanekaragaman hayati, mencakup sekitar 444 jenis tumbuhan, termasuk 24 jenis tumbuhan langka, 265 jenis tumbuhan obat, dan 37 jenis tumbuhan mangrove.

Keunikan Taman Nasional Baluran terletak pada ekosistem savananya dan keindahan alamnya, yang diambil namanya dari Gunung Baluran yang berdekatan.

Dari tiga tempat ini, mana yang menurut Kawan paling menarik? Pasti Kawan sudah tidak sabar untuk mengunjunginya bukan?

Seru-seru juga ya, tempat wisatanya? Jadwalkan liburan Kawan ke Situbondo buat eksplor lingkungan yang baru dan berbeda! Pasti nggak akan nyesel, deh!

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Nadira Hamamah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Nadira Hamamah.

NH
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini