Museum MACAN Gelar Acara Open House, Ketahui Dulu 3 Fakta Mengenai Tempat Ini

Museum MACAN Gelar Acara Open House, Ketahui Dulu 3 Fakta Mengenai Tempat Ini
info gambar utama

Belakangan ini, Museum MACAN menjadi topik hangat yang sering diperbincangkan oleh masyarakat, khususnya warga Jakarta dan sekitarnya. Hal ini dikarenakan museum MACAN sedang mengadakan acara #MACANOpenHouse, di mana pengunjung bisa datang untuk menikmati berbagai karya seni yang ada di sana secara gratis.

Normalnya, wisatawan dewasa dikenakan tarif sebesar Rp70.000—Rp90.000 jika ingin masuk ke sini. Calon pengunjung yang ingin datang ke acara open house, hanya perlu melakukan reservasi melalui website resmi Museum MACAN yang kemudian akan diberikan akses melalui e-mail.

Tapi sebelum datang ke open house Museum MACAN, simak dulu yuk, beberapa fakta mengenai museum ini!

Asal-Usul Berdirinya Museum MACAN

Meski bernama Museum MACAN, tapi Kawan jangan berekspektasi untuk melihat berbagai jenis macan, harimau, dan sebagainya ketika berkunjung ke sini. Kata "MACAN" dalam tempat ini merupakan singkatan dari "Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara" atau yang berarti "Museum Seni Modern dan Kontemporer Nusantara".

Museum MACAN resmi dibuka pada bulan 4 November 2017 dengan sebuah pameran bertajuk “Art Turns. World Turns.” yang menampilkan 800 koleksi seni pribadi milik Haryanto Adikoesoemo. Ia merupakan seorang presiden direktur di AKR Corporindo sekaligus pemilik dari Museum MACAN.

Museum MACAN Umumkan Pameran Besar Perupa Ternama dari Australia pada 2024

Haryanto dan anaknya yang sebelumnya juga pernah bekerja sebagai staf museum ini akhirnya memutuskan untuk membuat museum mereka sendiri sebagai tempat untuk menampilkan karya seni kontemporer dan modern kepada masyarakat luas.

Museum MACAN berlokasi di Jalan Panjang, Kebun Jeruk, Jakarta Barat. Awalnya berdiri di lahan seluas 4000 m2, museum ini terus dikembangkan hingga kini total luasnya menjadi 7107 m2. Ini merupakan museum pertama di Indonesia yang memiliki koleksi seni kontemporer dari dalam negeri maupun internasional.

Museum Macan Masuk Dalam Daftar Tempat 100 Terbaik di Dunia

Museum MACAN menjadi salah satu destinasi wisata utama dan terfavorit bagi para pecinta seni. Dalam museum ini pun terdapat penjelasan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, hingga tak heran banyak pelancong mancanegara yang juga dapat menikmati tempat ini. Di satu tahun sejak pembukaannya, museum ini bahkan sudah dikunjungi oleh sekitar 350.000 orang.

Museum MACAN juga menjadi satu-satunya tempat di Indonesia yang masuk dalam kategori “The World’s 100 Greatest Places of 2018” atau “100 Tempat Terbaik di Dunia” versi Majalah TIME. Daftar tersebut dirilis setelah melalui berbagai penilaian di antaranya adalah kualitas, orisinalitas ide, keberlanjutan, dan juga pengaruh tempat tersebut.

Museum Macan: Salah Satu Tempat Terbaik Versi Time Magazine

Pilihan Pameran Selama Open House

Acara open house Museum MACAN ini berlangsung sejak tanggal 16 April hingga 21 April 2024 nanti, dengan dua pilihan pameran yang bisa pengunjung jelajahi. Pilihan pertama adalah ‘THE 5th VH AWARD” yang menampilkan karya para finalis serta peraih grand prix VH Award, yaitu anugerah seni terkemuka di Asia.

Karya-karya yang ditampilkan dalam pameran ini bertemakan tentang teknologi melalui cara-cara mutakhir serta menjelajahi tantangan sosial dan ekologis yang mendesak dalam kurun hidup kita.

Sedangkan pameran lainnya yang bisa Kawan kunjungi adalah "Ruang Seni Anak Rega Ayundya Putri : Fauna Wastopia" yang menggabungkan antara mural, audio, serta aktivitas edukasi interaktif untuk anak-anak dan keluarga. Fauna Wastopia mengangkat isu mengenai limbah beracun yang salah penanganan sehingga berdampak kepada lingkungan sekitar, seperti adanya mutasi dan perubahan fisiologi pada hewan.

Di dalam area pemeran ini juga para pengunjung bisa melihat mural kota yang ditinggalkan, serta dapat membuat mutan mereka sendiri yang bisa dibawa pulang.

Museum Macan Tampilkan The Lost Jungle untuk Ruang Seni Anak Kenali Alam

Jadi, apakah kawan GNFI sudah melakukan reservasi untuk mengunjungi Museum Macan?

Sumber :

https://www.instagram.com/p/C5pvMJQJBwQ/?hl=en&img_index=1

https://www.thejakartapost.com/life/2018/11/06/museum-macan-plans-to-expand-on-first-anniversary.html

https://mediaindonesia.com/humaniora/628818/mengenal-tempat-wisata-kekinian-museum-macan-ini-sejarah-aturan-dan-cara-beli-tiketnya

https://www.museummacan.org/cas/fauna-wastopia

https://www.museummacan.org/exhibition/THE-5TH-VH-AWARD

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AL
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini