Tony Blair Dukung Uji Coba Satelit Starlink di IKN pada Mei 2024

Tony Blair Dukung Uji Coba Satelit Starlink di IKN pada Mei 2024
info gambar utama

Mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair siap mendukung uji coba satelit Starlink di Ibu Kota Nusantara (IKN). Pemerintah Indonesia akan bekerja sama dengan Tony Blair Institute for Global Change (TBI) dalam uji coba yang berlangsung pada Mei 2024.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI Budi Arie mengatakan, dukungan TBI bakal memudahkan implementasi konektivitas digital di IKN dan pengembangan ibu kota baru sebagai smart city.

"Kami menyambut baik dukungan TBI dalam pelaksanaan uji coba internet Starlink di IKN. TBI menyediakan sejumlah perangkat yang akan terpasang di berbagai titik lokasi," ucapnya usai pertemuan dengan Tony Blair di kantor Kemenkominfo RI, Jakarta Pusat, Jumat (19/4/2024).

Wamenkominfo RI Nezar Partia menambahkan, TBI akan membuat studi mengenai kedaulatan dan keamanan data terkait penggunaan teknologi satelit.

"Bukan cuman Starlink sebenarnya, tapi lebih kepada konektivitas. Starlink hanya salah satu contoh konektivitas yang tadi kita diskusikan secara teknologi dia proven apa enggak untuk mengatasi problem konektivitas di daerah yang tertinggal, terdepan, terluar (3T)," jelas Nezar.

Eks PM Inggris Tony Blair Bawa Investasi EBT Uni Emirat Arab untuk IKN

Pemerintah terus berupaya meratakan konektivitas digital di Indonesia dengan memanfaatkan beragam teknologi terbaru, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi satelit Low Earth Orbit (LEO).

"Dalam konteks kondisi geografis yang beragam di Indonesia, kita harus memilih teknologi yang sesuai. Teknologi satelit bisa menjadi solusi yang lebih ekonomis," ujar Budi.

Sebelumnya, Budi menerima Founder and Executive Chairman Tony Blair Institute for Global Change (TBI) di kantornya. Mereka membahas intensifikasi kerja sama pemanfaatan teknologi dan perluasan konektivitas digital nasional. Country Director TBI Indonesia Shuhaela Haqim menyatakan, pertemuan itu menjadi langkah awal untuk perumusan inisiatif peyediaan akses internet yang lebih luas di Indonesia.

Dia bilang, pihaknya mendukung penuh upaya akselerasi transformasi digital di Indonesia dengan pembangunan infrastruktur digital yang berkelanjutan.

"Dukungan kami pada uji coba di IKN merupakan bagian dari komitmen kami yang lebih luas untuk mewujudkan visi Indonesia sebagai bangsa digital yang maju," tuturnya.

Kantongi Izin, SpaceX Bakal Uji Coba Satelit Starlink di IKN Tahun Ini

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini