Mengenal 17 Pupuh Sunda Lengkap dengan Contoh Liriknya

Mengenal 17 Pupuh Sunda Lengkap dengan Contoh Liriknya
info gambar utama

Setiap daerah memiliki kearifan lokal yang unik. Kearifan lokal ini biasanya diwariskan secara turun-temurun dan dapat ditemukan dalam cerita rakyat, lagu, peribahasa, dan permainan tradisional. Di tanah Sunda, salah satu kearifan lokal yang penting adalah pupuh.

Dilansir dari buku Lagu Pupuh: Pengetahuan dan Notasinya karya Atik Soepamdi (1986) Pupuh adalah seni musik masyarakat Suku Sunda yang merupakan sastra lisan, suatu sastra yang diperoleh dari turun temurun melalui ucapan.

Pupuh yang ada di daerah Sunda pada awalnya berasal dari khasanah Jawa, kemudian masuk ke dalam kesusastraan Sunda pada abad ke 17 Masehi. Pupuh itu terikat oleh patokan (aturan) pupuh, berupa guru wilangan, guru lagu, dan watek. Guru wilangan adalah jumlah engang (suku kata) tiap padalisan (larik/baris). Guru lagu adalah sora panungtung (bunyi vokal akhir) tiap padalisan. Sedangkan watek adalah karakteristik isi pupuh.

Agar kearifan lokal tetap terjaga, pupuh kini menjadi bagian dari kurikulum bahasa Sunda di tingkat Sekolah Dasar (SD). Materi ini mencakup aspek keilmuan bahasa, sastra, dan budaya Sunda, serta dimasukkan ke dalam Rancangan Pembelajaran Siswa untuk memperkenalkan kearifan lokal Sunda.

Sastra Sunda memiliki 17 jenis pupuh yang dapat dibagi menjadi dua kategori utama, yaitu Pupuh Sekar Ageung dan Pupuh Sekar Alit. Pupuh Sekar Alit terdiri dari 13 jenis pupuh, sementara Pupuh Sekar Ageung terdiri dari empat kategori.

Belajar Bahasa Sunda: Kalimat Yang Biasa Dipakai Untuk Berkomunikasi Sehari-hari!

Pupuh Sekar Ageung

Pupuh Sekar Ageung, atau sering disebut kekawin atau wirama, merupakan jenis pupuh dalam tradisi Sunda yang memiliki kedudukan paling tinggi dan tertua. Pupuh ini memiliki aturan yang kompleks dan ketat, baik dalam hal jumlah suku kata, pola rima, maupun struktur kalimat.

Pupuh Sekar Ageung umumnya digunakan untuk karya sastra yang dianggap penting dan bernilai tinggi, seperti kakawin, kidung, dan sandiwara. Pupuh Sekar Ageung juga dapat dinyanyikan (ditembangkeun) dengan menggunakan lebih dari satu jenis lagu (pembagian lagunya kambang-macam).

1. Pupuh Sinom

Pupuh Sinom umumnya digunakan untuk karya sastra yang menggambarkan rasa senang dan kegembiraan (gumbira) atau menggambarkan kasih sayang (kadeudeuh). Setiap bait Pupuh Sinom memiliki 9 baris dengan guru wilangan dan guru lagu 8a, 8i, 8a, 8i, 7i, 8u, 7a, 8i, 12a. Contoh Pupuh Sinom:

Mapag balebat ti wetan
Ngabring leumpang ngagaridig
Barudak rek sarakola
Kapireng pating hariring
Paheula heula nepi
Unggal isuk geus ngabaku
Bari garogonjakan
Estuning saruka ati
Sarerea hayang geura dialajar

2. Pupuh Asmarandana

Pupuh Asmarandana umumnya digunakan untuk karya sastra yang menggambarkan rasa cinta dan kasih sayang (kasmaran). Pupuh Asmarandana memiliki 7 baris dalam setiap bait dengan guru wilangan dan guru lagu 8i, 8a, 8é/o, 8a, 7a, 8u, 8a. Contoh Pupuh Asmarandana:

Nu rujit mawa kasakit
Mawa cela ka salira
Katenjo ku batur awon
Tungtungna urang dihina
Ku pada babaturan
Batur teh geus tangtu embung
Babarengan eujeung urang

3. Pupuh Dangdanggula

Pupuh Dangdanggula umumnya digunakan untuk karya sastra yang menggambarkan kemegahan, keagungan, ketentraman dan keindahan alam (agung). Dalam setiap baitnya memiliki 10 padalisan dengan guru wilangan dan guru lagu 10i, 10a, 8o/e, 7u, 9i, 7a, 6u, 8a, 12i, 7a. Contoh Pupuh Dangdanggula:

Sakola urang tempat nu asri
Tempat pikeun urang dialajar
Nyiar elmu soson-soson
Dibimbing bapa guru
Tangtu ibu guru ge hadir
Keur ngajar balerea
Nu butuh ku elmu
Pikeun kamajuan bangsa
Sakola kuduna diriksa tarapti
Ku urang sarerea

4. Pupuh Kinanti

Pupuh Kinanti umumnya digunakan untuk karya sastra yang menggambarkan rasa menunggu, menanti, dan pengharapan (ngadagoan). Dalam setiap baris terdiri atas 6 padalisan dengan guru wilangan dan guru lagu 8u, 8i, 8a, 8i, 8a, 8i. Contoh Pupuh Kinanti:

Budak leutik bisa ngapung
Babaku ngapungna peuting
Nguriling kakalayangan
Néangan nu amis-amis
Sarupaning bungbuahan
Naon baé nu kapanggih

Bahasa Sunda Di Persimpangan Zaman

Pupuh Sekar Alit

Pupuh Sekar Alit, sering pula disebut dengan istilah pupuh, geguritan, atau macapat, merupakan jenis pupuh dalam tradisi Sunda yang memiliki kedudukan lebih rendah dibandingkan Pupuh Sekar Ageung. Pupuh Sekar Alit memiliki aturan yang lebih sederhana dan longgar, baik dalam hal jumlah suku kata, pola rima, maupun struktur kalimat.

Pupuh Sekar Alit umumnya digunakan untuk karya sastra yang lebih ringan dan menghibur, seperti tembang atau lagu. Pupuh Sekar Alit hanya dapat ditembangkan (dinyanyikan) dengan satu jenis lagu saja (pembagian lagunya kekei).

5. Pupuh Balakbak

Pupuh Balakbak umumnya digunakan untuk karya sastra yang ringan, jenaka, dan menghibur (gumbira) tentang kehidupan sehari-hari. Dalam setiap bait Pupuh Balakbak biasanya mengandung 3 bait dengan guru wilangan dan guru lagu 15é, 15é, 15é. Contoh Pupuh Balakbak:

Aya monyét ting guntayang dina tangkal; nérékél
Jalu bikang jeung anakna sukan - sukan; rarécét
Tingcalékroh, tingcalékroh ngakanan manggu nu asak; teu répéh

6. Pupuh Lambang

Pupuh Lambang umumnya digunakan untuk karya sastra yang mengandung humor, lelucon, dan sindiran (gumbira asih). Dalam setiap bait terdiri atas 4 baris dengan guru wilangan dan guru lagu yang sama di tiap barisnya, yaitu 8a, 8a, 8a, 8a. Contoh Pupuh Lambang.

Hiji Poe tos ka Pasar
Maksudna rek Meuli Peda
Barang kudu ngaduitan
Kakara inget teu Boga

7. Pupuh Ladrang

Pupuh Ladrang biasanya digunakan untuk karya sastra yang mengandung unsur humor, sindiran, dan kritik sosial (menghibur sekaligus memberi pesan). Pupuh Ladrang memiliki 4 padalisan dalam satu bait dengan guru wilangan dan guru lagu 10i, 4a, 8i, 12a. Contoh Pupuh Ladrang:

Cіng saha bае nu bisa ngarti
aya jаlmа, ауа jаlmа
nu tаrа pisan ngabakti
tарі gаwеnа ѕаrе jeung dаhаr

8. Pupuh Maskumambang

Pupuh Maskumambang biasanya digunakan untuk karya sastra yang mengungkapkan perasaan sedih, sakit hati, kepedihan dan kekecewaan (prihatin).Pupuh Maskumambang terdiri atas 4 baris dengan guru wilangan dan guru lagu 12i, 6a, 8i, 8a. Contoh Pupuh Maskumambang:

Sajajalan henteu eureun-eureun ceurik
Cipanon rambisak
Disusutan bijil deui
Mani cipruk saputangan

9. Pupuh Pucung

Pupuh Pucung umumnya digunakan untuk karya sastra yang mengandung nasihat, pepatah, atau sesuatu yang layak untuk diberitahukan kepada masyarakat (menggambarkan nasihat, pepatah, atau sesuatu yang layak untuk diberitahukan kepada masyarakat). Pupuh ini memiliki 4 baris dalam setiap bait dengan guru wilangan dan guru lagu 12u, 6a, 8i/o, 12a. Contoh Pupuh Pucung:

Bapa pucung ka putrana lajeng nyaur,
Putra ngadeuheusan,
Ramana lenggah ngagedeng,
Sang bupatya ngadawuh hibat kaputra.

10. Pupuh Pangkur

Pupuh Pangkur biasanya digunakan untuk karya sastra yang mengungkapkan perasaan marah, kecewa, atau melawan (marah, kecewa, atau melawan) yang terpendam dalam hati. Satu bait Pupuh Pangkur, terdapat 7 padalisan dengan guru wilangan dan guru lagu 8a, 11i, 8u, 7a, 12u, 8a, 8i. Contoh Pupuh Pangkur:

Seja nyaba ngalalana
Ngitung lembur ngajajah milangan kori
Henteu puguh nu dijugjug
Balik paman sadaya
Nu timana tiluan semu rarusuh
Lurah bégal ngawalongan
Aing ngaran jayapati

Bahasa Sunda dan Urgensi Perlindungan Bahasa Daerah

11. Pupuh Mijil

Pupuh Mijil adalah salah satu jenis pupuh dalam sastra Sunda yang menggambarkan watak yang bersedih hati tapi penuh harapan. Pupuh ini memiliki struktur khusus yang terdiri dari 6 baris dengan pola guru wilangan dan guru lagu yang spesifik, yaitu 10i, 6o, 10é, 10i, 6i, 6u. Contoh Pupuh Mijil:

Mesat ngapung putra sang arimbi
Jeung méga geus awor
Beuki lila beuki luhur baé
Larak lirik ningali ka bumi
Milari sang raiPangeran bimanyu

12. Pupuh Magatru

Pupuh Magatru adalah jenis pupuh dalam sastra Sunda yang menggambarkan perasaan sedih, kecewa, atau penyesalan pada diri sendiri sambil memberikan nasihat. Setiap bait Pupuh Magatru terdiri dari 5 padalisan dengan pola guru wilangan (jumlah suku kata) dan guru lagu (intonasi) yang spesifik, yaitu 12u, 8i, 8u, 8i, 8o. Contoh Pupuh Magatru:

Neangan gawe teh kudu saluyu
Anu luyu jeung pangarti
Tong saukur pinuh saku
Jeung loba meunang bati
Ngan teu miboga kanyaho

13. Pupuh Jurudemung

Pupuh Jurudemung menggambarkan kebingungan atau kesulitan dalam menghadapi suatu hal yang harus dilakukan. Setiap bait Pupuh Jurudemung terdiri dari 5 padalisan dengan pola guru wilangan (jumlah suku kata) dan guru lagu (intonasi) yang spesifik, yaitu 8a, 8u, 6i, 8a, 8u. Contoh Pupuh Jurudemung:

Mungguhnu hirup didunya
Kukersaning kunu agung
Ku ker saning kunu agung
Ges pinas ti panggih
Jeung dua rupa perkara
Senang pa selang jeung bingung

14. Pupuh Durma

Pupuh Durma adalah salah satu jenis pupuh dalam sastra Sunda yang menggambarkan berbagai watak seperti semangat, kemarahan, nafsu, perang, dan juga kebesaran hati. Setiap bait Pupuh Durma terdiri dari 7 padalisan dengan pola guru wilangan (jumlah suku kata) dan guru lagu (intonasi) yang spesifik, yaitu 12a, 7i, 6a, 7a, 8i, 5a, 7i. Contoh Pupuh Durma:

Mоаl ngеjаt sanajan ukur ѕаtараk
gеuѕ dipasti ku jangji
mun tасаn laksana
numреѕ muѕuh sarakah
heunteu niat ѕеjа balik
najan раlаѕtrа
mati di mеdаn jurіt

15. Pupuh Wirangrong

Pupuh Wirangrong adalah jenis pupuh dalam sastra Sunda yang menggambarkan rasa malu (kawiwirangan) terhadap diri sendiri. Dalam satu bait Pupuh Wirangrong, terdapat 6 padalisan dengan pola guru wilangan (jumlah suku kata) dan guru lagu (intonasi) yang spesifik, yaitu 8i, 8o, 8u, 8i, 8a, 8a. Contoh Pupuh Wirangrong:

Kuring moal deui-deui
Gaduh panata nu awon
Ngabantah nu jadi indung
Sieun dibendo ku Gusti
Kawas dalem boncél téa
Doraka ti ibu rama

16. Pupuh Gambuh

Pupuh Gambuh adalah jenis pupuh dalam sastra Sunda yang menggambarkan rasa kesedihan dan kebingungan seseorang saat menghadapi keadaan sulit. Dalam satu bait Pupuh Gambuh, terdapat 6 baris dengan pola guru wilangan (jumlah suku kata) dan guru lagu (intonasi) yang spesifik, yaitu 7u, 10u, 12i, 8u, dan 8o. Contoh Pupuh Gambuh:

Ngahuleng banget bingung
Heunteu terang kamana nya indit
Turug-turug harita teh, enggeus burit
Panonpoe geus rek surup
Keueung sieun, aya meong

17. Pupuh Gurisa

Pupuh Gurisa adalah jenis pupuh dalam sastra Sunda yang menggambarkan seseorang yang sedang melamun, mengkhayal dengan tatapan kosong, atau sedang menganggur. Dalam satu bait Pupuh Gurisa, terdapat 8 baris dengan pola guru wilangan (jumlah suku kata) dan guru lagu (intonasi) yang sama untuk setiap baris, yaitu 8a. Contoh Pupuh Gurisa:

Si Kabayan lalamunan,
pangrasa bisa nyetiran,
motor atawana sedan,
poho keur eundeuk-eundeukan,
na dahan emplad-empladan,
gujubar kana susukan.

Sumber:
https://elib.unikom.ac.id/files/disk1/680/jbptunikompp-gdl-agustinapr-33974-5-unikom_a-n.pdf
https://www.detik.com/jabar/budaya/d-6297148/17-pupuh-sunda-beserta-contoh-dengan-liriknya
https://www.gurusumedang.com/2021/03/17-jenis-pupuh-sunda-dan-contohnya.html?m=1

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AI
IF
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini