Indonesia Gandeng Generasi Muda dalam Agenda The 10th World Water Forum 2024

Indonesia Gandeng Generasi Muda dalam Agenda The 10th World Water Forum 2024
info gambar utama

Generasi muda menjadi salah satu delegasi yang memainkan peran penting dalam World Water Forum ke-10 yang akan diselenggarakan di Bali, Mei pada 2024 mendatang. Acara ini, akan mengumpulkan berbagai pemangku kepentingan, termasuk 44 kepala negara, 4 lembaga internasional, dan 198 menteri atau setingkat menteri, hingga generasi muda, akan berdiskusi mengenai tiga proses utama, yakni proses politik, regional, dan tematik.

Peran generasi muda ini pada tahun-tahun sebelumnya telah terlibat dalam rangkaian kegiatan dialog dan diskusi mengenai isu air dalam skala nasional maupun skala internasional. Firdaus Ali dari Kementerian PUPR, menekankan bahwa partisipasi aktif generasi muda secara langsung dalam WWF ini, diharapkan mampu memberikan alternatif solusi pemecahan masalah air, serta mewakili pemuda yang membawa ide-ide baru dan kreatif.

Staf Menteri PUPR tersebut pun mengaku takjub dengan semangat generasi muda, sehingga kemungkinan besar pihaknya akan menggaet kembali generasi-generasi muda Indonesia untuk hadir secara langsung dalam puncak event World Water Forum ke-10.

Baca juga: Daftar Negara yang Hadir pada 10th World Water Forum, dari Palestina hingga Vanuatu

Indonesia yang memiliki program besar untuk mendorong “Mewujudkan Indonesia Emas 2045,” melihat peran aktif generasi muda Indonesia menjadi kunci utama, untuk itu upaya besar dalam memperkuat kepemimpinan dan peran pemuda Indonesia dalam menghadapi masalah air dan perubahan iklim. The 10th World Water Forum 2024 mendatang, akan menjadi platform yang ideal untuk menunjukkan kontribusi pemuda dalam skala global.

WWF 2024 menyediakan berbagai program yang dirancang untuk meningkatkan partisipasi dan keterlibatan generasi muda, seperti side event,youth forums, dan beragam program lainnya. Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) bersama generasi muda Sahabat Pro2 FM Banda Aceh bergerak untuk memotivasi serta menarik antusiasme dan partisipasi publik agar dapat berperan untuk menyukseskan agenda ini.

Salah satu agenda Bali Youth Plan yang bertema Voice of the Youth, merupakan sesi kunci yang memberikan kesempatan bagi pemuda untuk menyuarakan tantangan-tantangan global terkait air dan iklim, dan memberikan rekomendasi strategis untuk masa depan. Melalui acara ini, generasi muda diharapkan menjadi inspirator dalam mencari solusi.

Melalui keikutsertaan generasi muda dalam World Water Forum ke-10 akan menjadi potensi yang besar untuk memengaruhi perubahan positif, serta meningkatkan kesadaran dan memobilisasi dukungan pada tindakan nyata dalam penanganan isu-isu terkait air dan iklim.

Penciptaan platform kolaborasi juga memungkinkan generasi muda untuk berbagi ide, inovasi dan pemikirannya secara lisan maupun tulisan. Terutama dalam pemanfaatan media digital untuk menyebarkan informasi-informasi positif (good news) mengenai permasalahan air serta isu-isu yang akan diangkat dalam World Water Forum nanti.

Baca juga: 4 Isu Penting yang akan Dibahas dalam 10th World Water Forum 2024

Acara ini akan menentukan kebijakan untuk mendukung keberlanjutan lingkungan sesuai dengan Sustainable Development Goals (SDGs). Kawan GNFI sebagai generasi muda dan garda depan Indonesia, dapat mendukung dan menyukseskan agenda WWF yang menjadi agenda global yang penting untuk mengatasi krisis air dengan turut menyebarkan informasi positif kepada khalayak umum.

Jadi tunggu apalagi, yuk terus berkarya dan mengawal perhelatan besar Indonesia ini, agar tercapai hasil nyata yang dapat memberikan dampak positif bagi pengelolaan sumber daya air secara global, termasuk komitmen untuk mendirikan Pusat Unggulan atau Center of Excellence for Climate and Water Resilience, pembentukan working group dalam pengelolaan sumber daya air terpadu di pulau-pulau kecil, serta meresmikan Hari Danau Dunia atau World Lake Day. Serta tercapainya Compendium of Concrete Deliverables yang dapat memberikan solusi konkret dalam mengatasi air di tingkat global.

Referensi:

  • https://infopublik.id/kategori/world-water-forum/840000/pupr-undang-generasi-muda-hadir-di-world-water-forum-ke-10-di-bali
  • https://www.setneg.go.id/baca/index/gaungkan_world_water_forum_2024_kemensetneg_berkolaborasi_dengan_rri_pro2_fm_banda_aceh_ajak_gen_z_peduli_air_untuk_kesejahteraan_bersama
  • https://mediaindonesia.com/humaniora/666259/world-water-forum-ke-10-angkat-suara-generasi-muda

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

WO
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini