Tradisi Fang Sheng, Melepas Satwa Hidup Kembali ke Habitatnya

Tradisi Fang Sheng, Melepas Satwa Hidup Kembali ke Habitatnya
info gambar utama

Warga keturunan Tionghoa yang menganut ajaran Buddha memiliki ritual ritual unik yang disebut Fang Sheng. Ritual ini dilakukan dengan melepas makhluk hidup ke alam.

Dalam bahasa Tiongkok, Fang berarti melepas, sedangkan Shen berarti kehidupan. Dengan kata lain, Fang Sheng adalah kegiatan melepas makhluk hidup yang umumnya berupa ikan dan burung.

Buddha mengajarkan manusia harus menyayangi makhluk hidup, termasuk hewan. Tradisi Fang Sheng merupakan bentuk kecintaan pada alam. Ritual ini biasa dilakukan ketika hari besar keagamaan atau ketika keinginan sudah terwujud.

Makna Tradisi Fang Sheng

Tradisi Fang Sheng bertujuan agar hewan-hewan yang dilepaskan dapat merasakan kembali kehidupan alam bebas dan bahagia karena tidak dikurung. Selain itu, tradisi ini juga dipercaya memberikan kesempatan hidup kepada makhluk lain.

Bersumber dari Tionghoa.info, tradisi Fang Sheng sangat erat dengan ajaran agama Buddha Mahayana Tiongkok. Kegiatan melepas hewan dipercaya akan memberikan keberuntungan bagi siapa pun yang melakukannya.

Tak hanya ikan dan burung, warga keturunan Tionghoa beragama Buddha juga melepaskan penyu dan kura-kura. Penyu yang berumur panjang diyakini sebagai permohonan kepada Tuhan agar memberikan umur panjang.

Baca juga Ketika Orang Tiongkok Berbondong-bondong Berburu Emas di Kalbar

Kapan Tradisi Fang Sheng dilakukan?

Tradisi Fang Sheng biasa dilakukan pada tahun baru Imlek, Qing Ming (Cheng Beng), Gui Yue (Cit Cwee) atau saat menggelar ritual tolak bala.

Di Kalimantan Timur misalnya, ratusan warga Tionghoa sebelumnya melakukan tradisi Fang Sheng menjelang Imlek. Dikutip dari prokal.co, mereka melepaskan ribuan ikan lele ke Sungai Segah di Tanjung Redeb.

Masyarakat percaya tradisi Fang Sheng berasal dari dongeng Tiga Dewa Dapur. Mereka diceritakan menunggangi ikan mas sebelum tengah malam untuk berjumpa kaisar di langit. Oleh kaisar langit inilah, tradisi melepas makhluk hidup atau Fang Sheng diperintahkan.

Baca juga Memahami Ibadah King Thi Kong saat Tahun Baru Imlek

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini