Misteri Sosok Dempol Lenang dari Ciamis yang Jahil kepada Anak-anak

Misteri Sosok Dempol Lenang dari Ciamis yang Jahil kepada Anak-anak
info gambar utama

Masyarakat Ciamis, Jawa Barat memiliki sebuah mitos mengenai sosok Dempol Lenang. Sosok ini dipercayai kerap mengganggu anak-anak kecil ketika tiba waktu Maghrib. Karena itu, warga Ciamis melarang anak-anak untuk bermain jelang Maghrib.

Dimuat dari Detik, cerita mengenai Dempol Lenang ini santer terdengar sekitar tahun 1980 hingga 1990-an. Saat itu Ciamis belum seperti saaat ini. Di wilayah perkotaan, dulu masih dikelilingi dengan bangunan tua yang terkesan horor.

Sempat Diduga Candi, Ini Penjelasan Misteri Susunan Batu Raksasa di Ciamis

Budayawan Ciamis, Ilham Purwa menceritakan Dempol Lanang adalah sosok jin yang digambarkan usil atau jahil. Makhluk ini kerap berkeliaran di wilayah perkotaan Ciamis, seperti wilayah Janggala atau Jambansari.

“Dempol Lenang itu digambarkan memiliki wujud seorang remaja laki-laki, tapi kadang juga anak kecil. Punya ciri fisik gundul atau tidak berambut dan suaranya bindeng/sengau. Kalau dalam bahasa Sunda ngirung,” ujar Ilham.

Muncul saat Maghrib

Ilham mengungkapkan Dempol Lenang biasa muncul pada sore menjelang malam (Maghrib) hingga tengah malam. Terutama saat suasana sedang hujan. Pada momen itu, kota Ciamis memang sepi dari aktivitas warga.

Dirinya melanjutkan bahwa sosok ini punya sifat jahil, seperti menampakkan diri dengan hanya kepalanya saja saat orang mandi. Bahkan konon mahkluk yang digambarkan botak itu kerap menyembunyikan handuk hingga alat mandi.

Kisah Dusun di Ciamis yang Larang Warganya Bangun Rumah Bertingkat, Ini Alasannya

“Pada masa itu, tempat-tempat mandi di kota Ciamis masih banyak pemandian umum. Seperti sumur berlakang kantor kewadanan Ciamis dan sumur depan kantor Polsek Ciamis,” ungkapnya.

Anak kecil takut

Dempol Lenang diketahui selalu muncul saat Maghrib untuk menakut-nakuti anak-anak yang main sampai malam. Karena itulah, orang tua zaman dulu selalu menakut-nakuti anak-anak mereka dengan sosok Dempol Lenang.

“Wilayah jelajahnya cerita Dempol Lenang tersebar dari alun-alun Ciamis ke Barat sampai Taman Lokasana dan sekitarnya.

Legenda Lutung Kasarung yang Terabadikan dari Tumpukan Batu di Ciamis

Sosok Dempol Lenang ini masih kerap terdengar pada akhir tahun 90-an. Tetapi dengan perkembangan zaman, orang tidak lagi takut dengan sosk Dempol Lenang. Apalagi Ciamis kini menjadi kota yang ramai.

“Pada masa sekarang cerita tersebut tidak ada lagi, dan hanya orang tua yang asli tinggal di wilayah Ciamis kota saja yang mengetahuinya,” pungkasnya.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini