Kemeriahan HUT Magelang: Dirayakan Tiga Bulan Hingga Rally Mobil Kuno

Kemeriahan HUT Magelang: Dirayakan Tiga Bulan Hingga Rally Mobil Kuno
info gambar utama

Kota Magelang telah berusia lebih dari satu abad. Pada ulang tahun yang ke-118 ini, Magelang menggelar perayaan dengan sangat megah. Rangkaian acara HUT ke-118 Kota Magelang tercatat akan diselenggarakan selama tiga bulan berturut-turut, mulai 12 Maret hingga 2 Juni 2024 nanti.

Perayaan hari jadi Kota Magelang telah menyita perhatian dan menarik antusiasme masyarakat. Sejak digelar 12 Maret 2024 lalu, Magelang menyuguhkan aneka makanan di pasar takjil. Selain itu, Magelang juga menyediakan pasar murah menjelang hari Idul Fitri, yakni pada 29 - 30 Maret 2024.

Kemudian, Pemkab Magelang juga menggelar lomba Kejuaraan Renang Wali Kota Cup III Tingkat Nasional serta Grebeg Gethuk dan Festival Gethuk - yang kini menjadi acara ikonik – pada 26 – 28 April 2024.

Merawat Makanan Perjuangan Melalui Grebeg Getuk di Magelang

Magelang Hadirkan Mobil Kuno di HUT yang ke-118

Belum selesai di sana, Pemkab Magelang menghadirkan ratusan mobil antik untuk turut memeriahkan perayaan HUT ke-118 Kota Magelang. Tercatat ada sekitar 185 unit mobil kuno yang mengikuti rally yang digelar Pemerintah Kota Magelang dan Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI), Sabtu (11/5).

“Peserta mobil kuno 185, dengan peserta hampir 500 orang dari seluruh Indonesia,” ujar Imam Sarwo Santoso, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kota Magelang.

Para peserta itu berasal dari berbagai wilayah di Indonesia, seperti Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur,Yogyakarta, Solo, Purwokerto, Semarang, Magelang dan sekitarnya.

Rute rally mobil kuno ini dimulai dari Alun-alun Kota Magelang kemudian menuju Kota Yogyakarta dilanjutkan menuju titik akhir di Mako Polres Magelang Kota. Total jarak rally sekitar 45 kilometer.

Intip Sederet Komunitas Pencinta Motor Antik Italia

Rally mobil kuno di Magelang digelar selama dua hari, yakni Sabtu (11/5) hingga Minggu (12/5/2024). Hari pertama rally dan hari kedua keliling kawasan Magelang raya.

Imam Sarwo Santoso, mengungkapkan, gelaran rally mobil kuno bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada para peserta karena telah memiliki komitmen tinggi untuk merawat secara tekun terhadap benda-benda yang memiliki sejarah, utamanya mobil kuno.

Beberapa merek mobil kuno yang turut meramaikan agenda tersebut di antaranya Mercedes-Benz 280S keluaran 1970-an, Chevrolet Bel-Air (1950), VW Karmann Ghia (1970), Honda Accord 1982, Buick Riviera akhir ‘70-an, hingga Dodge Deluxe 1948.

Suasana rally mobil kuno © detikcom
info gambar

Rally mobil kuno di Kota Magelang 2024 ini bukan gelaran yang pertama. Pada 2023 lalu, rally bahkan diselenggarakan dengan rute Magelang – Semarang. Pembina Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) Jawa Tengah Johnny Pramoedito bahkan menuturkan keberadaan PPMKI ini secara tidak langsung turut mempromosikan wisata Kota Magelang sejak 1990.

"Dengan adanya tamu-tamu ini UMKM berjalan dan hotel-hotel penuh semua," katanya.

Sejarah Hari Ini (20 Agustus 2000) - Museum Mobil Antik di Sentul

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Aslamatur Rizqiyah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Aslamatur Rizqiyah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini