QRIS Tuntas Fitur Baru Transaksi Digital, Hingga dapat Digunakan Antar-Negara

QRIS Tuntas Fitur Baru Transaksi Digital, Hingga dapat Digunakan Antar-Negara
info gambar utama

Kawan GNFI pernah kepikiran bagaimana transaksi digital itu berjalan? Sebagai pelanggan tentu cara pembayaran yang cepat dan efisien menjadi salah satu faktor yang membuat pelanggan makin nyaman bertransaksi.

Menjawab masalah transaksi cepat dan efisien tersebut, Bank Indonesia meluncur QRIS sejak 1 Januari 2020 dan hingga saat ini QRIS paling populer digunakan dalam transaksi digital. Penasaran apa itu QRIS dan apa saja fitur baru dari QRIS? Simak ulasan berikut, ya!

Apa itu QRIS?

Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) atau biasa disingkat QRIS (dibaca KRIS) adalah standarisasi sistem pembayaran berbasis QR Code. QRIS dikembangkan oleh industri sistem pembayaran bersama dengan Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code dapat lebih mudah, cepat, dan terjag​a keamanannya.

Adanya standarisasi ini, penyelenggara QR Code bisa saling terhubung dan sistem pembayaran menjadi lebih efisien. Ibaratnya semua bahasa QR yang berbeda-beda diterjemahkan menjadi QR standar yang bisa di-scan dengan berbagai aplikasi.

Singkirkan Dolar, QRIS Meluncur ke Uni Emirat Arab

Sebelum ada QRIS, merchant harus menyediakan ragam QR dari berbagai penyelenggara sistem pembayaran atau PJSP, di mana satu aplikasi PJSP hanya bisa membaca QR miliknya sendiri. Hal ini jadi kurang efisien, karena merchant dan konsumen harus memiliki berbagai akun di berbagai PJSP.

Setelah ada QRIS, merchant dan konsumen cukup memiliki satu QR dari PJSP yang sudah memakai QRIS. Sehingga bisa di-scan oleh berbagai aplikasi PJSP yang konsumen punyai. Merchant cukup memiliki satu akun PJSP saja, ini membuat tidak adanya transaksi batal karena aplikasi milik konsumen berbeda dengan yang dimiliki merchant atau pedagang.

Apa Saja Fitur Baru QRIS?

QRIS kembali menjadi game changer dalam akselerasi sistem ekonomi digital Indonesia. Mengambil peran besar dalam lanskap pembayaran digital di Indonesia, Bank Indonesia terus berinovasi melalui fitur terbaru QRIS yang kini dapat digunakan untuk tarik tunai, transfer, dan setor tunai. Inovasi baru ini disebut QRIS TUNTAS.

QRIS Tuntas memperluas akses layanan pembayaran dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Mendukung dengan memfasilitasi interkoneksi pembayaran pada akun perbankan maupun uang elektronik yang berpartisipasi.

Penggunaan QRIS dengan fitur baru ini lebih efisien dengan biaya yang terjangkau dibanding metode lainnya.

Tarik tunai: Masyarakat kini bisa melakukan tarik tunai menggunakan QRIS. Caranya juga mudah Kawan, pertama pindai QRIS, kemuadian masukkan PIN-nya, uang tunai siap untuk kawan terima.

Transfer: Masyarakat bisa melakukan transfer dana ke antar pengguna QRIS lainnya. Caranya, pengirim pindai QRIS milik penerima. Pengirim input PIN di aplikasi pembayaran, penerima bisa langsung menerima dana.

Setor Tunai: Masyarakat bisa melakukan setor tunai dengan menggunakan QRIS. Caranya, agen menerima uang tunai dari user penyetor scan QRIS, input nominalnya, input PIN di aplikasi pembayaran. Setor tunai berhasil.

Untuk menambah kenyamanan transaksi bagi masyarakat, inovasi QRIS Tuntas juga bisa digunakan diseluruh ATM yang berpartisipasi. Dengan harga yang lebih efisien, menyasar seluruh lapisan masyarakat yang belum terjangkau layanan perbankan di berbagai wilayah nusantara.

QRIS Raih Prestasi untuk Inovasi Efisiensi Operasional di Asia Pasifik

Bisakah Pakai QRIS di Luar Negeri?

Perkembangan teknologi yang pesat mendorong kita untuk terus menyesuaikan diri dengannya. Salah satu inovasi yang muncul dari kemajuan teknologi ini, terutama di sektor ekonomi, adalah Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS).

Untuk mempermudah wisatawan Indonesia saat bepergian ke luar negeri, Bank Indonesia telah berkolaborasi dengan bank sentral di beberapa negara ASEAN untuk mengimplementasikan sistem pembayaran antarnegara yang lebih praktis melalui QRIS.

Dengan demikian, Kawan yang berkunjung ke negara-negara mitra tidak perlu repot menukar uang tunai, karena transaksi dapat dilakukan langsung menggunakan mata uang Rupiah. Ini membuat perjalanan menjadi lebih praktis dan nyaman.

Daftar negara yang bisa menggunakan QRIS untuk pembayaran saat ini adalah Thailand, Malaysia, dan Singapura. Ke depannya, layanan transaksi QRIS antarnegara akan diperluas ke negara-negara ASEAN lainnya seperti Filipina, Vietnam, Brunei Darussalam, dan Laos.

Bagaimana Cara Menggunakan QRIS Antar-Negara?

Menurut situs web Bank Indonesia, menggunakan QRIS antarnegara ternyata sangat mudah. Kawan hanya perlu mengunduh aplikasi layanan keuangan yang mendukung QRIS antarnegara di ponsel Kawan.

Berikut cara menggunakan QRIS antar-negara untuk bertransaksi di luar negeri

  1. buka aplikasi pembayaran dan pilih menu Scan QRIS,
  2. masukkan jumlah yang harus dibayar atau ditransfer dalam mata uang negara asal,
  3. konfirmasi tujuan dan jumlah dalam Rupiah,
  4. masukkan PIN, dan
  5. setelah notifikasi transaksi berhasil muncul, pembayaran menggunakan QRIS antarnegara telah sukses.
Bergabung dalam Konektivitas Pembayaran ASEAN, QRIS Bisa Dipakai di Brunei & Laos

Kawan GNFI, sudah pakai QRIS untuk bertransaksi di luar negeri?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

S
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini