Indonesia Membangun Kemitraan Strategis dengan Amerika Latin guna Mendukung Industri Baterai Kendaraan Listrik

Artikel ini milik zonaebt dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Indonesia Membangun Kemitraan Strategis dengan Amerika Latin guna Mendukung Industri Baterai Kendaraan Listrik
info gambar utama

Pemerintah Indonesia telah menjadikan Argentina, Peru, dan Chile sebagai mitra strategis dalam mewujudkan impian menjadi salah satu produsen baterai kendaraan listrik (EV) terkemuka di dunia. Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) telah mengidentifikasi potensi kerja sama yang sangat penting di bidang ini.

Indonesia memiliki ambisi besar untuk memimpin industri baterai EV global dan kunci utama dalam mewujudkannya adalah kekayaan sumber daya mineral. Namun, untuk mendukung produksi EV secara maksimal, Indonesia perlu mencari sumber daya mineral tambahan di luar cadangan domestiknya. Kadin melihat Amerika Latin sebagai penyedia potensial yang dapat memenuhi kebutuhan tambahan ini.

Teknisi Mobil sedang Memperbaiki Baterai Kendaraan Listrik. Sumber: freepik.com

Menurut Wakil Koordinator Bidang Maritim, Investasi, dan Luar Negeri atau disebut Kadin, Sinta Kamdani, kolaborasi dengan warga negara dari Chile, Peru, dan Argentina menandakan langkah strategis Indonesia dalam memperkuat rantai pasokan dan meningkatkan produksi baterai kendaraan listrik (EV). Dalam pandangannya, negara-negara Amerika Latin ini memiliki potensi besar untuk menjadi mitra yang vital dalam mengimpor mineral kritis yang dibutuhkan untuk memenuhi pasokan EV di Indonesia. Mengimpor sumber daya mineral dari negara-negara tersebut menjadi suatu keharusan untuk mendukung industri ini, terutama mengingat negara-negara ini memiliki sumber daya alam yang melimpah, namun belum dimanfaatkan sepenuhnya dalam produksi baterai.

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini