Kurangi Plastik, Komunitas Wadulink Buka Toko Isi Ulang di Gresik

Artikel ini milik Greeners.co dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Kurangi Plastik, Komunitas Wadulink Buka Toko Isi Ulang di Gresik
info gambar utama

Jakarta (Greeners) – Komunitas Wadulink (Wanita Peduli Lingkungan) buka toko isi ulang di Desa Sumengko, Wringinanom, Gresik. Toko yang menggaungkan konsep guna ulang ini bernama Welink Refill Store. Toko tersebut merupakan gagasan dari sekelompok wanita yang ingin mengurangi plastik sekali pakai.

Koordinator Komunitas Wadulink, Nur Hamidah atau Bunda Nur ini mengatakan tujuan membuka toko ini untuk mengurangi sampah sachet. Saat ini sudah ada beberapa jenis barang yang dijual di Welink. Di antaranya sabun cuci piring, detergen cuci baju, pembersih lantai, pembersih kamar mandi, minyak goreng, dan alat-alat pendukung gaya hidup zero waste. 

“Kami ingin masyarakat bisa berkontribusi mengurangi plastik sachet. Mulai belanja bijak membeli material sabun rumah tangga dengan membawa wadah botol sendiri. Kemudian, diisi ulang dan dipakai berulang kali,” ujar Nur lewat keterangan tertulisnya.

BACA JUGA: ECOTON Bentuk Sakenah, Generasi Peduli Sampah

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Gresik juga sangat mendukung dengan pembukaan toko refill ini. Mereka mengapresiasi inisiatif gerakan pelestarian lingkungan Komunitas Wadulink. Sebab, gerakan ini sejalan dengan program DLH, yaitu Gresik Kawasan Merdeka Sampah (GKMS).

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini