Paste Lab Hasilkan Banyak Karya dari Sampah Plastik

Artikel ini milik Greeners.co dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Paste Lab Hasilkan Banyak Karya dari Sampah Plastik
info gambar utama

Paste Lab merupakan usaha daur ulang sampah plastik yang dibentuk oleh sekumpulan orang. Beberapa produk atau karya mereka adalah tatakan gelas, kursi goyang, hingga casing handphone.

Sudah menjadi rahasia umum, sampah plastik menjadi ancaman serius bagi lingkungan. Berdasarkan data SIPSN KLHK, total timbunan sampah di Indonesia pada tahun 2022 mencapai 19,4 juta ton. Salah satu dari banyaknya cara untuk mengurangi sampah plastik adalah dengan mengolah atau mendaur ulang. Menariknya, hasil daur ulang sampah plastik bisa memiliki nilai seni dan juga ekonomi.

BACA JUGA: Tingkat Daur Ulang Sampah Plastik Masih Rendah

Keresahan terhadap menumpuknya sampah plastik inilah yang menjadi alasan utama terbentuknya Paste Lab. Pendirinya yang merupakan alumni Teknik di Universitas Gadjah Mada ingin meningkatkan manfaat hingga value dari sampah plastik.

“Kami resah akan penumpukan sampah yang mungkin sekarang sudah menjadi berita viral nasional. TPS (Tempat Pembuangan Sampah) kami di Jogja itu penuh, makanya kami terbesit ide kecil buat mengolah sampah supaya bisa bermanfaat lagi, bisa digunakan, atau bahkan menambah value sampah tersebut,” kata Co-founder Paste Lab, Yanuardi Satrio Nugroho kepada Greeners.

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini