Kondisi perekonomian yang membaik dan mulai dibukanya penerbangan internasional pasca 2 tahun pandemi menjadi kesempatan emas bagi sektor pariwisata untuk bertumbuh kembali. Terlebih, kini peran platform digital memainkan peran apik dalam memajukan perekonomian Indonesia.
Dalam laporan e-Conomy SEA 2021 disebutkan bahwa Indonesia menerima 21 juta pengguna baru layanan aplikasi online selama masa pandemi. Ekonomi digital Indonesia berdasarkan gross merchandise value (GMV) pada tahun 2021 tumbuh sangat pesat dibandingkan secara year-on-year (YoY) dengan tahun 2020. Terjadi peningkatan sebesar 49 persen dari 47 miliar dolar AS menjadi 70 miliar dolar AS pada tahun 2021.
Tentunya, digitalisasi layanan online juga meliputi sektor pariwisata Indonesia. Seiring arus pariwisata kembali memadat oleh wisatawan lokal maupun mancanegara, aplikasi layanan hotel dan perjalanan online pun kian populer.
Baca Selengkapnya