Social Media Detox, Ini Sederet Manfaatnya!

Artikel ini milik Indonesiabaik.id dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Social Media Detox, Ini Sederet Manfaatnya!
info gambar utama

Social media detox beberapa tahun belakangan sering dikampanyekan oleh public figure ataupun pengguna media sosial demi kesehatan mental yang lebih baik. Istilah ini merujuk pada seseorang yang memutuskan untuk beristirahat total dari terpaan medsos yang dimilikinya hingga waktu yang tidak ditentukan, bisa jadi dalam hitungan jam, hari, bahkan bulanan.

Adapun sosial media yang dimaksud bisa banyak platform, seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan lainnya. Mereka yang mengurangi ‘jam scrolling’-nya sehari-hari biasanya memiliki alasan-alasan tertentu yang masih berkaitan dengan kesehatan mental dan produktivitas kerja. Memangnya, kenapa sih, kita perlu melakukan hal tersebut?

Sudah menjadi rahasia umum apabila social media menyimpan segudang konten menarik yang membuat kita akan terus-menerus betah dan menjadi kecanduan. Padahal, tidak semua tayangan sebenarnya baik untuk dilihat. Tak hanya itu saja, dengan melihat status orang lain yang tampak lebih bahagia daripada kita, sangat mungkin untuk menimbulkan penyakit hati seperti iri, insecure, tidak percaya diri, dan lainnya. Sekarang, jadi masuk akan bukan, mengapa seseorang sesekali membutuhkan break dari itu semua?

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini