Sudah Saatnya Pencinta Alam Terlibat Bebaskan Alam dari Sampah

Artikel ini milik Greeners.co dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Sudah Saatnya Pencinta Alam Terlibat Bebaskan Alam dari Sampah
info gambar utama

Jakarta (Greeners) – Ratusan pencinta alam berkemah dengan minim sampah dalam kegiatan Zero Waste Adventure Camp (ZWAC) 2024. Acara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tersebut berlangsung di Taman Nasional (TN) Gunung Merbabu pada 1 hingga 3 Maret.

Pegiat Zero Waste Adventure, Siska Nirmala mengatakan, kegiatan ZWAC dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN). Kegiatan tersebut tidakhanyamemberikanpesertapengalamanberkemahyangberbeda, melainkan lebih dari itu. Ia berharap, para peserta mampu mengubah sudut pandang mereka tentang pentingnya meminimalisasi sampah sejak awal. Sebab, hal ini merupakan salah satu solusi konkret untuk menyelesaikan masalah sampah.

“Perspektif ini sangat penting, karena akan membantu mereka untuk melihat kegiatan petualangan dari sudut pandang yang berbeda. Harapannya, mereka bisa menerapkan kegiatan petualangan dengan minim sampah,” ujar Siska kepada Greeners, Senin (4/3).

BACA JUGA: Komitmen Gunung Bebas Sampah Bersama Trashbag Community

Kegiatan ini juga menerapkan prinsip cegah, pilah, dan olah. Para peserta pun diimbau untuk tidak membawa perbekalan yang berkemasan plastik sekali pakai untuk mencegah potensi timbulan sampah. Bahkan, di lokasi acara juga tersedia konsumsi yang tidak menggunakan kemasan plastik.

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini