Teknologi Mobil Hybrid: Bagaimana Cara Kerjanya?

Artikel ini milik zonaebt dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Teknologi Mobil Hybrid: Bagaimana Cara Kerjanya?
info gambar utama

Transisi energi konvensional menuju energi terbarukan telah mengubah banyak hal dalam keseharian kita. Tak terkecuali pada bidang otomotif, khususnya pembuatan mobil hybrid yang turut serta menggunakan energi listrik dalam penggerak rodanya. Mobil jenis ini mulai berkembang di kalangan masyarakat luas terutama, sebab dianggap lebih ramah lingkungan serta dapat menghemat penggunaan bahan bakar. Namun, apa sebenarnya mobil hybrid itu? Bagaimana cara kerja mobil jenis ini?

Secara umum, mobil hybrid diartikan sebagai kendaraan yang beroperasi dengan menggunakan dua sumber energi. Pada mobil konvensional yang biasa kita lihat sehari-hari, pengoperasiannya masih menggunakan satu sumber energi saja, seperti mesin bensin atau diesel. Namun, mobil hybrid ini menggunakan dua sumber energi sekaligus, seperti mesin bensin, diesel, maupun motor listrik sekaligus. Cara kerja mobil hybrid ini dianggap lebih efisien dan efektif melalui pengoptimalan penggunaan bahan bakar, sehingga dapat mengurangi emisi gas buang yang seringkali menjadi permasalahan global akhir-akhir ini.

Perkembangan Mobil Hybrid di Indonesia juga sudah semakin pesat. Kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan membuat inovasi mobil hybrid semakin canggih dan mudah dioperasikan, sehingga performa yang dihasilkan menjadi lebih baik. Adapun beberapa pabrik yang sudah menjual produk Mobil Hybrid di Indonesia, yaitu Toyota, Honda, Wuling, Hyundai, Mitsubishi, BMW, Lexus, dan Mercedes-Benz. Walaupun semua mobil hybrid terlihat sama, tapi ternyata masih ada beberapa perbedaan dari cara kerja Hybrid itu sendiri. Perbedaan ini terletak pada bagaimana cara mobil menggerakkan kendaraannya dan bagaimana energi itu disimpan dan disalurkan.

Cara kerja mobil hybrid yaitu menggerakkan roda mobil dengan tetap menggunakan mesin bensin atau diesel sebagai sumber energi utamanya. Kemudian motor listrik digunakan untuk menambah tenaga mesin bensin di beberapa keadaan tertentu. Hal ini dapat membuat penggunaan bahan bakar lebih efisien.

Saat mobil berada dalam kecepatan yang rendah, maka motor listrik yang akan menjadi sumber energi utama pada mobil. Kondisi seperti ini biasanya kita dapatkan saat berada di wilayah perkotaan yang padat lalu lintas. Jadi, penggunaan bahan bakar mobil hybrid akan sangat efisien jika berada dalam kondisi seperti ini

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini