6 Hadits tentang Sabar, Sifat Terpuji yang Perlu Diteladani oleh Umat Islam

6 Hadits tentang Sabar, Sifat Terpuji yang Perlu Diteladani oleh Umat Islam
info gambar utama

Islam mengajarkan umatnya untuk selalu bersikap sabar. Sabar adalah salah satu sifat terpuji yang wajib dimiliki oleh umat Islam. Pasalnya, sifat tersebut adalah sifat dicintai oleh Allah dan sering dicontohkan oleh Rasulullah.

Ada banyak sekali hadits tentang sabar yang bisa kamu ketahui sebagai landasan hukum bahwa sabar adalah sifat terpuji yang sangat mulia. Berikut ini adalah hadits tentang sabar yang perlu kamu ketahui. Simak ulasannya

1. Hadits tentang Sabar dan Hikmahnya

Hadits tentang sabar pertama adalah berisi tentang betapa sabar memiliki keutamaan hikmah yang luar biasa. Rasulullah menjelaskan tentang manfaat bersabar dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah RA yang artinya:

"Tidaklah seorang muslim mendapatkan kelelahan, sakit, kecemasan, kesedihan, marabahaya, dan juga kesusahan, hingga duri yang menusuknya, melainkan Allah akan menghapuskan dosa-dosanya dengan hal tersebut" (HR Bukhari dan Muslim).

2. Hadits Sabar adalah Sifat yang Baik

Selanjutnya, ada juga hadits yang menjelaskan bahwa sabar adalah sifat yang baik. Hadits ini dikutip dari Suhaib RA, Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

"Sungguh menakjubkan perkaranya orang yang beriman, karena segala urusannya adalah baik baginya. Dan hal yang demikian itu tidak akan terdapat kecuali hanya pada orang mukmin; yaitu jika ia mendapatkan kebahagiaan, ia bersyukur, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan hal yang terbaik untuknya. Dan jika ia tertimpa musibah, ia bersabar, karena ia mengetahui bahwa hal tersebut merupakan hal terbaik bagi dirinya." (HR Muslim)

3. Kemenangan bagi Orang Sabar

Allah menjanjikan kemenangan bagi orang yang bersabar. Hal itu disampaikan dalam sebuah hadits Nabi yang disebutkan dalam sebuah riwayat, Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

"Ketahuilah, sesungguhnya datangnya kemenangan itu bersama dengan kesabaran. Bersama kesempitan pasti akan ada jalan keluar. Bersama kesusahan pasti ada kemudahan." (HR. Abd bin Humaid di dalam Musnadnya (lihat durrah salafiyah hal 148.)

4. Orang Sabar Dijaga oleh Allah

Selanjutnya, Allah juga akan menjaga orang yang sabar. Hal itu karena orang yang sabar adalah orang yang dapat menjaga dirinya sehingga Allah juga akan menjaganya dalam kondisi apapun. Berikut ini adalah hadits tentang sabar yang diriwayatkan oleh Bukhari:

Artinya: "Barangsiapa yang berusaha menjaga diri, maka Allah menjaganya, barangsiapa yang berusaha merasa cukup, maka Allah mencukupinya. Barangsiapa yang berusaha bersabar, maka Allah akan menjadikannya bisa bersabar dan tidak ada seorang pun yang dianugerahi sesuatu yang melebihi kesabaran." (HR Bukhari No 1469).

5. Hadits Ganjaran Orang Sabar

Selain itu, Allah juga menjanjikan kepada orang yang bersabar sebuah ganjaran yang berlimpah. Bahkan dikatakan orang yang sabar dalam menghadapi musibah akan dinaikkan 300 derajat. Berikut ini hadits tentang ganjaran orang sabar:

"Sesungguhnya sabar terhadap musibah ditulis tiga ratus derajat bagi seorang hamba, sabar dalam ketaatan ditulis enam ratus derajat bagi seorang hamba, dan sabar dari maksiat-maksiat ditulis sembilan ratus derajat bagi seorang hamba." (Diriwayatkan Ibnu Abu Ad-Dunya dan Ibnu Jarir Ath-Thabari)

6. Hadits Ujian bagi Orang Sabar

Terakhir, Allah tidak akan membiarkan hamba yang dicintainya tanpa ujian. Maka dari itu, hamba yang bersabar ketika mendapatkan ujian adalah hamba yang dicintai oleh Allah. Berikut adalah haditsnya:

"Sesungguhnya besarnya pahala itu sesuai dengan besarnya ujian, dan bahwa Allah, apabila menyayangi atau mencintai suatu kaum, maka Allah akan mengujinya, dan bagi siapa saja rida, maka baginya keridaan dari Allah, dan barang siapa yang membenci maka baginya kebenciaan dari Allah Swt." (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Farih Fanani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Farih Fanani.

MF
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini