Wow, Puspa Langka Indonesia Mekar Di Bengkulu

Wow, Puspa Langka Indonesia Mekar Di Bengkulu
info gambar utama

Indonesia memiliki sebuah bunga yang dinobatkan sebagai Puspa Langka. Bunga tersebut adalah bunga Padma Raksasa atau dikenal juga sebagai Rafflesia Arnoldii yang merupakan jenis Rafflesia terbesar yang ada di Indonesia. Menariknya ternyata bunga tersebut dilaporkan sedang mekar di kawasan hutan lindung Bukit Daun, di Kabupaten Bengkulu Tengah, Bengkulu.

"Bunga mekar di habitat aslinya dalam hutan lindung," kata Ibnu, warga Desa Taba Teret, Kabupaten Bengkulu Tengah saat dihubungi dari Bengkulu, Selasa.

Bunga tersebut mekar sempurna pada Rabu (16/11) kemarin di lokasi yang dekat dengan jalan raya yang menghubungkan Kota Bengkulu dengan Kabupaten Kepahiang.

Peristiwa ini tentu menjadi kebanggan sebab Bengkulu memang dikenal sebagai provinsi dimana Rafflesia tumbuh.

Bunga Padma yang mekar di Bengkulu Senin (14/11) lalu Foto: A Suwanto / ANTARA News
info gambar

"Kami sudah membuat jalur setapak untuk memudahkan pengunjung melihat langsung keunikan bunga yang jadi lambang Provinsi Bengkulu ini," ujarnya.

Baca juga: Ternyata, Ada Begitu Banyak Jenis Bunga Rafflesia di Indonesia

Meski telah dibuatkan jalur setapak untuk pengunjung. Posko penjagaan juga dibangun untuk menjaga flora langka itu.

Kabar mekarnya Rafflesia rupanya juga terjadi sepekan sebelumnya, satu Rafflesia arnoldii dengan diameter mencapai lebih 80 centimeter juga mekar di lokasi tersebut.

Kawasan Hutan Lindung Bukit Daun dan Cagar Alam Taba Penanjung I dan II yang terdapat di Kabupaten Bengkulu Tengah termasuk habitat bunga Rafflesia arnoldii.

Bunga Rafflesia arnoldii merupakan spesies dari genus Rafflesia yang memiliki diameter terbesar dari tiga spesies lain Rafflesia yang teridentifikasi di hutan Bengkulu yakni Rafflesia gadutensis, Rafflesia bengkuluensis, dan Rafflesia hasselti.

Sumber : ANTARA

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini