Bandung Sambut Delegasi Bali Demokrasi Forum 2017 Dengan Kopi Terbaik Dunia

Bandung Sambut Delegasi Bali Demokrasi Forum 2017 Dengan Kopi Terbaik Dunia
info gambar utama

Perpindahan Bali Democracy Forum (BDF) 2017 7-8 Desember 2017 yang semula direncanakan di Pulau Bali namun akhirnya dipindahkan ke Serpong, Tangeran Selatan rupanya juga memberi kesempatan bagi daerah sekitarnya untuk tampil. Usai acara forum yang usai kemarin malam, para delegasi diundang untuk mengunjungi kota yang masuk dalam jaringan kota kreatif dunia, Bandung. Di ibu kota Jawa Barat itu para delegasi diperkenalkan dengan minuman andalan Indonesia, yakni kopi terbaik dunia.

Dalam sambutannya, Sekretaris Jendral Kementerian luar Negeri, Mayerfas, yang mewakili Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi menjelaskan bahwa pihaknya sangat berterima kasih pada pemerintah Provinsi Jawa Barat yang telah menyambut para delegasi Bali Democracy Forum 2017 dengan jamuan-jamuan dan dengan ramah. Ia pun menjelaskan bahwa BDF adalah sebuah forum yang berusaha mempromosikan demokrasi dan berbagi pengalaman dalam menjalankan demokrasi di negara-negara delegasi melalui forum dialog.

Dihadapan 59 delegasi yang hadir di Gedung Sate Kantor Gubernur Provinsi Jawa Barat siang tadi, Mayerfas mengungkapkan bahwa kunjungan ke Bandung adalah upaya untuk mengajak para delegasi melihat kemajuan-kemajuan daerah lain di Indonesia. "Kami berharap para delegasi akan mendapatkan pengalaman berharga dan akan memperluas agen-agen demokrasi yang sudah berkembang melalui BDF," jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan dalam sambutannya mengungkapkan bahwa para delegasi dijamu dengan kopi-kopi terbaik milik Jawa Barat. "Di tahun 2016, di Atlanta Coffee Festival terdapat 20 kopi specialty terbaik di dunia dan enam darinya adalah dari Indonesia dan seluruhnya dari Jawa Barat. Bersamaan dengan acara festival kopi tahunan kami, kami dengan senang hati akan memberikan para delegasi produk-produk kopi kami," ujar Gubernur yang akrab dipanggil Aher itu.

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan saat memamerkan kopi andalan Jawa Barat saat menjamu delegasi BDF 2017 (Foto: Bagus DR/GNFI)
info gambar


Berdasarkan data yang dihimpun GNFI, beberapa kopi terbaik yang dimaksud adalah Kopi Gunung Puntang, Kopi Mekar Wangi, Kopi Malabar Honey, Kopi Java Cibeber West Java Pasundan Honey dan Kopi Andungsari. Selain itu saat penjamuan para delegasi juga diberi kesempatan untuk mencicipi kopi termahal di dunia yang diklaim memiliki harga 2 juta rupiah per kilogramnya. Kopi itu adalah Kopi Gunung Patuha Ciwidey dan kopi ini telah masuk Museum Rekor Indonesia (MURI).

Menariknya, para delegasi pun mengaku menyukai kopi-kopi arabica manual brew yang diberikan. Minister of Political and Parliament, Minister of State, Yordania, Musa Maaytah misalnya yang mengungkapkan bahwa ia menyukai kopinya. Ia pun berencana untuk membawa kopi yang disediakan ke Yordania. "Saya tidak akan bisa tidur malam nanti," gurau Menteri Musa.

Minister of Political and Parliament, Minister of State, Yordania, Musa Maaytah (Foto: Bagus DR/GNFI)
info gambar

Bali Democracy Forum sendiri merupakan sebuah forum internasional yang digagas sejak tahun 2008 di Bali. Pada masa itu tujuan diadakannya forum ini adalah untuk meningkatkan kualitas demokrasi di daerah Asia Pasifik. Namun seiring berjalannya waktu, negara-negara peminat untuk bergabung dalam BDF terus bertambah dan bahkan datang dari benua Afrika. Sehingga pada BDF ke-10 tahun 2017 untuk pertama kalinya BDF terdapat chapter Tunisia yang diperuntukkan bagi negara-negara di Afrika Utara dan Timur Tengah.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini